Kategori: Jateng

Habiskan Rp100 M, Taman Wisesa di Salatiga Siap Diresmikan


Solopos.com/Imam Yuda Saputra

Solopos.com, SALATIGA — Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga akan menggelar acara prelaunching Taman Wisata Sejarah Salatiga (Wisesa) pada akhir pekan ini, Sabtu (11/1/2020).

Acara prelaunching taman yang pembangunannya menghabiskan dana mencapai Rp100 miliar itu akan dimeriahkan dengan pawai motor besar dan sepeda santai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga, Fakruroji, mengatakan taman seluas empat hektare yang berada di wilayah Desa Bugel, Kecamatan Sidorejo, itu nantinya akan berisi barang-barang peninggalan para pahlawan asal Kota Salatiga.

“Saat ini, replica alat-alat tempur yang digunakan pahlawan asal Salatiga sudah sampai di lokasi,” ujar Fakruroji, Kamis (9/1/2020).

Fakruroji menambahkan anggaran pembangunan Taman Wisesa tak hanya berasal dari APBD Kota Salatiga. Anggaran juga berasal dari bantuan Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pariwisata, termasuk juga dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng).

“Ada juga CSR dari perusahaan yang kerja sama dengan kementerian,” tuturnya.

Fakruroji mengungkapkan, selain museum, Taman Wisesa juga dilengkapi insfrastruktur pendukung. Di antaranya lahan untuk kuliner dan taman bermain, termasuk lapangan yang bisa digunakan untuk kegiatan masyarakat, seperti upacara.

"Untuk pengelolaan, nanti ada beberapa spot yang gratis dan ada juga yang dikerjasamakan, ini lebih untuk biaya perawatan wahana yang ada," jelasnya.

Menurutnya, keunggulan Taman Wisesa adalah mengangkat potensi wisata sekaligus mengajarkan nilai patriotisme atau kepahlawanan. "Ikon dari Taman Wisesa adalah tiga pahlawan nasional dari Salatiga,” terang Fakruroji.

Ketiga pahlawan itu yakni Marsekal Muda Adisoetjipto, Laksamana Yosaphat Soedarso, dan Brigadir Jenderal Sudiarto.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono