SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan lalu lintas. (manchestereveningnews.co.uk

Solopos.com, SOLO — Volume kendaraan pemudik yang melintasi Kota Solo mulai menunjukkan penurunan pada Jumat (29/4/2022) atau H-3 Lebaran. Menurut data Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, volume kendaraan pada Jumat sebanyak 535.719 unit atau turun dari sehari sebelumnya yang mencapai 577,908 unit.

Dari 535,719 kendaraan yang melintas itu, kendaraan masuk ada 272,426 unit dan keluar 263,293 unit. Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, mengatakan penurunan volume kendaraan itu karena pelaku perjalanan sudah sampai tujuan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Sudah mulai menurun, sepertinya pemudik sudah banyak yang sampai rumah,” paparnya kepada Solopos.com melalui pesan Whatsapp, Sabtu (30/4/2022). Lalu lintas kendaraan paling banyak terlihat di Jurug dengan 73.570 unit untuk kendaraan masuk dan 83.235 unit untuk kendaraan keluar.

Ari Wibowo mengimbau kepada pemudik yang melintasi Kota Solo untuk selalu memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan. Jika lelah, pemudik dianjurkan beristirahat di rest area terdekat.

“Kami imbau juga untuk selalu memperhatikan kendaraan selalu dalam kondisi laik, mematuhi rambu lalu lintas seperti RPPJ, VMS, Marka jalan, traffic light, serta hindari menggunakan ponsel saat berkendara,” ujarnya.

Baca Juga: Libur Lebaran, Waspadai Kemacetan Lalu Lintas di Kawasan Mal Kota Solo

Berdasarkan data Dishub Solo, volume kendaraan melintasi Solo semasa libur Lebaran 2022 merupakan yang terbanyak dalam empat tahun terakhir. Jumlahnya mencapai lebih dari 550,000 unit kendaraan yang melintas.

Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishub Solo, Mudo Prayitno, juga memberikan informasi kondisi terkini lokasi rawan macet di melalui CC Room.

“Lokasi masih lancar di Klodran dan Tugu Makutha, sedangkan Pajang dari arah barat masih terpantau padat hingga sekarang. Begitu juga dengan Kleco yang juga masih padat dari barat,” terangnya.

Baca Juga: Tambah Ramai Jelang Lebaran, 278.290 Kendaraan Masuk Solo Pada H-6

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya