SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan di Kota Solo. (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO — Salah satu kawasan yang mesti diwaspadai masyarakat karena rawan kemacetan saat Lebaran di Kota Solo adalah kawasan sekitar mal atau pusat perbelanjaan. Lalu lintas kendaraan di mal maupun pusat perbelanjaan menjelang Lebaran biasanya padat.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Ari Wibowo, mengatakan mal memang menjadi area rawan kemacetan. Salah satunya pintu masuk dan keluar Solo Square Mal di Jl Slamet Riyadi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Iya. Betul. Seperti di depan in-out Solo Square salah satunya,” jelas Ari saat dihubungi Solopos.com, Minggu (24/4/2022). Dishub mengimbau pengunjung yang keluar dari Solo Square agar tidak menyeberang atau mengarah ke kanan di depan Solo Square.

Baca Juga: Jadi Jujugan Oleh-Oleh, Intip Persiapan Pasar Gede Solo Sambut Lebaran

Hal itu agar tidak terjadi crossing dengan kendaraan dari arah timur yang berpotensi memicu kemacetan di depan mal Kota Solo Square. Pengunjung Solo Square yang akan menuju arah timur diwajibkan melewati simpang Faroka lebih dulu.

“Jadi kalau keluar dari Mal Solo Square wajib belok kiri [barat]. Kalau berbelok kanan [memutar] di traffic light Faroka. Jadi jangan ada crossing saat keluar dari Mal Solo Square,” jelasnya.

Dishub sudah memberikan arahan kepada manajemen mal untuk mengatur lalu lintas di kawasan pintu keluar masuk mal. Manajemen Solo Square telah menugaskan satpam secara aktif di pintu keluar mal.

Baca Juga: Mulai Dibangun, Rest Area Jurug Solo Dilengkapi Toilet Hingga Internet

Akses Utama Mudik Lebaran

Mal Solo Square berlokasi di Jl Slamet Riyadi yang ramai dan dekat flyover Purwosari yang menjadi salah satu akses utama untuk arus lalu lintas mudik maupun arus balik Lebaran. Hal ini membuat kawasan mal di Kota Solo itu rawan kemacetan.

“Kami sudah memberikan arahan kepada manajemen mall untuk aktif memberikan pengaturan lalu lintas di pintu keluar masuk mal. Alhamdulillah manajemen Solo Square sudah menempatkan satpam secara aktif di exit mal yang berbatasan dengan Jl Slamet Riyadi,” imbuhnya.

Dishub mengimbau masyarakat yang hendak berkepentingan di mal bisa memilih waktu yang tepat. Misalnya menghindari jam sibuk pulang kerja.

Baca Juga: Flyover Purwosari Solo Padat Merayap, Pemudik Lebaran Berdatangan?

Selain itu kontrol diri bilamana area parkir mal sudah penuh juga perlu diterapkan. Hal itu mengingat kebanyakan mal berada di kawasan jalan raya.

“Ya harapannya, para pembeli bisa memilih waktu menghindari jam sibuk pulang kerja, dan tidak memaksakan diri bila pun penuh parkiran nya juga,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya