SOLOPOS.COM - Stasiun Pasar Senen Jakarta dipadati oleh para pemudik yang hendak ke kampung halaman menggunakan kereta api, Minggu (7/4/2024).(Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, JAKARTA — Stasiun Pasar Senen Jakarta dipadati oleh para pemudik yang hendak ke kampung halaman menggunakan kereta api, Minggu (7/4/2024).

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Pantauan Tim Mudik Lebaran 2024, terjadi penumpukan mobil di pintu masuk Stasiun Pasar Senen Jakarta. Beberapa mobil hanya bisa masuk untuk menurunkan penumpang. Sedangkan tempat parkir penuh.

Sementara itu para pemudik dari Jakarta ke daerah terpantau sedang menunggu keberangkatan. Sejak pukul 08.30 WIB para pemudik sudah datang. Mayoritas lebih memilih datang lebih awal agar tidak ketinggalan kereta.

Salah satunya adalah pemudik dari Jakarta yang akan berangkat ke Kendal, Ipto, 50. Ketika berbincang dengan Tim Ekspedisi Mudik, Sabtu, mengatakan datang ke stasiun 08.00 WIB. Padahal dirinya baru berangkat pukul 11.20 WIB.

“Memilih datang lebih pagi karena menghindari telat aja. Lebih awal lebih bagus. Dan juga naik kereta kan pasti on time,” kata dia.

Dia mengatakan lebih memilih menggunakan transportasi kereta api lantaran efisien dan tepat waktu. Dia sudah memesan tiket kereta sejak tiga bulan lalu.

Dia sudah melakukan perjalanan mudik sejak 30 tahun lalu. Ipto mengaku hampir setiap tahun mengusahakan untuk menemui keluarga di Kendal.

Pemudik lain, Putri Dwi Sapitri, 22, mengatakan akan mudik dari Jakarta Barat menuju Cilacap. Dia sudah tiga tahun merantau ke Jakarta. Dia mengaku datang lebih pagi lantaran belum mendapatkan tiket.

“Berangkat tadi jam 07.00 WIB cuma sedikit macet. Tadi mau berangkat cuma tiketnya salah, ini lagi beli tiket lagi. Inginnya besok bisa sampai di Cilacap,” kata dia.

Tim Ekspedisi Solopos menetap dua hari di Jakarta dari Sabtu (6/4/2024) hingga Minggu (7/4/2024) untuk memantau perkembangan arus mudik. Sebelum nantinya tim akan bertolak ke Yogyakarta.

Ekspedisi Mudik 2024 merupakan program yang diselenggarakan oleh Solopos Media Group. Program ini juga didukung oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Pertamina, Garuda Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) UID Jateng&DIY, Eiger Adventure, dan Astra Daihatsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya