Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memberikan penghargaan kepada pendonor darah di Balai Diponegoro, Makodam IV Diponegoro, Semarang, Senin (21/10/2019). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyerahkan penghargaan bagi 1.136 donor darah yang telah menyumbangkan darah mereka melalui Palang Merah Indonesia (PMI). Penyumbang darah sukarela yang menerima penghargaan PMI itu berasal dari 35 kabupaten/kota di Jateng.

Penghargaan diserahkan Gubernur Ganjar Pranowo di Balai Diponegoro, kompleks Makodam IV Diponegoro, Kota Semarang, Senin (21/10/2019).

Mereka yang menerima penghargaan PMI itu terdiri atas 861 orang yang telah menyumbangkan darah 50 kali, 275 orang yang telah menyumbangkan darah 75 kali selama 2019, dan 75 orang yang telah menyumbangkan darah sebanyak 122 kali. Ke-75 orang donor yang telah menyumbangkan darah 122 kali itu juga akan menerima penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden Joko Widodo, Desember nanti.

"Semangat masyarakat Jateng dalam membantu masalah kemanusiaan sangat besar. Dan ini seharusnya diviralkan, padahal donor itu upaya kemanusiaan. [Menjadi] Donor [darah] itu menyehatkan tubuh dan membuat bahagia," kata Ganjar.

Dalam kesempatan itu Ganjar juga memberikan mobil operasional Toyota Innova Venturer kepada PMI Jateng. Mobil itu diharapkan mampu menunjang upaya kemanusiaan yang telah dilakukan PMI Jateng maupun kabupaten dan kota selama ini.

Ganjar pun berharap kesadaran masyarakat Jateng untuk menyumbang darahnya semakin besar ke depannya. Meskipun kebutuhan darah di Jateng saat ini mampu dipenuhi PMI hingga 99,9%. "Penyumbang darah ini tidak meminta bayaran, dan inilah filosofi sekaligus inspirasi PMI dalam menjalankan misi kemanusiaan," tandasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten