Tutup Iklan

Greysia/Apriyani Diberitakan Terima Bonus Rp5 Miliar, Menpora: Masih Dihitung

Menpora mengatakan besaran bonus untuk peraih medali di Olimpiade belum ditentukan.

 Menpora Zainudin Amali. (Kemenpora)

SOLOPOS.COM - Menpora Zainudin Amali. (Kemenpora)

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) selama ini dikabarkan akan memberikan bonus Rp5 miliar kepada atlet peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Namun kabar itu dibantah Menpora Zainudin Amali.

Menurut Menpora, besaran bonus untuk peraih medali di Olimpiade belum ditentukan, termasuk bagi Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang meraih emas bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020.

“Kami sedang menghitung besarannya ya. Soal timing-nya juga sedang dilihat yang pas,” kata Menpora Zainudin Amali kepada detikSport, Rabu (4/8/2021).

Baca Juga: Update Klasemen Medali Olimpiade Tokyo 2020: China Tak Terbendung, Indonesia Posisi 39

Besaran Rp5 miliar, kata dia, muncul karena peraih medali emas sebelumnya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, masing-masing mendapatkan jumlah yang sama seusai menjuarai ganda campuran Olimpiade Rio 2016.

Sedangkan, untuk peraih medali perak mendapat Rp2 miliar dan peraih medali perunggu mendapatkan Rp1 miliar. Angka itu meningkat karena di Olimpiade sebelumnya hadiahnya “hanya” senilai Rp400 juta dan Rp200 juta.

Politikus Partai Golkar itu enggan berspekulasi soal angka. Dia juga menekankan penetapan besaran penghargaan akan diumumkan jika sudah ada SK (surat keputusan).

Baca Juga: Ganti Raket Saat Tanding, Greysia Polii Jadi Magnet Pemberitaan Media Asing

 

Diperhitungkan

“Kan saya belum menyampaikan apa-apa tentang besaran bonusnya. Saya juga heran kok sudah ada angka yang beredar di media padahal saya belum menyampaikan,” ujarnya.

“Saya belum menetapkan. Nanti yang resmi itu kalau sudah diumumkan resmi oleh Menpora melalui SK [surat keputusan]. Saya tidak tahu yang beredar dari mana sumbernya,” Amali menegaskan.

Terlepas dari itu, Menpora asal Gorontalo itu menjelaskan alasan di balik belum ditetapkan bonus lantaran banyak hal yang harus diperhitungkan. Termasuk kemampuan keuangan negara dan situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Sedikitnya 17 Macam Bonus bakal Diterima Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Ini Perinciannya

“Kami juga baru terkena refokusing yang ke-4 lagi [pemotongan anggaran] sama dengan kementerian/lembaga lainnya,” Amali mengungkapkan.

Indonesia merebut medali emas melalui Greysia/Apriyani dan perak dari lifter Eko Yuli Irawan pada angkat besi kelas 61 kg di Olimpiade Tokyo 2020.

Selain itu, tiga medali perunggu direbut atlet angkat besi putri Windy Cantika Aisah kelas 49 kg dan lifter putra Rahmat Erwin Abdullah di kelas 73 kg, serta pebulu tangkis Anthony Sinisuka Ginting di sektor tunggal putra.

Baca Juga: Kalahkan Jepang, Spanyol Jumpa Brasil di Final Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020

Perolehan jumlah medali ini meningkat dari Olimpiade empat tahun sebelumnya. Kala itu, Indonesia membawa satu keping emas melalui Tontowi/Liliyana dan dua perak dari Eko Yuli dan Sri Wahyuni.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tak Cuma Moto GP, Sirkuit Mandalika Juga Bisa Bawa F1 ke Indonesia

Sirkuit Mandalika sedang menjadi topik hangat menyusul sirkuit tersebut yang akan menjadi venue balap motor internasional.

Preview PSG vs Manchester City: Langkah Terjal Les Parisiens

Paris Saint Germain (PSG) bakal menghadapi Manchester City dalam laga kedua Grup A Liga Champions Stadion Parc des Princes pada Rabu (29/9/2021) dini hari WIB.

Suporter Persis Solo Luncurkan Match Progamme, Apa Itu?

Match progamme itu hasil kolaborasi seluruh suporter pendukung Persis Solo yakni Surakartans dan Pasoepati.

Jadwal Pertandingan Liga Champions, PSG vs Man City Disiarkan SCTV

Matchday kedua Liga Champions musim ini akan dimulai pada Selasa (28/9/2021) malam WIB. Sejumlah pertandingan menarik bakal tersaji.

Prokes Ketat Liga 2, Bola Disemprot Disinfektan Saat Laga Berlangsung

Pembukaan Liga 2 antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati yang dimenangkan Persis Solo dengan dua skor tanpa balas menggunakan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Piala Sudirman 2021: Indonesia Bekuk Kanada 3-2

Indonesia memetik kemenangan atas Kanada pada laga kedua Grup C Piala Sudirman 2021. Tim Merah Putih menang tipis 3-2.

Saat Erick Thohir Ditanya Bonus Persis Solo: Saya Hadir Sebagai Menteri

Menteri BUMN, Erick Thohir, menyaksikan jalannya pembukaan Liga 2 antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati di Stadion Manahan pada Minggu (26/9/2021).

Profil Mick Doohan, Legenda Moto GP yang Kagum dengan Sirkuit Mandalika

Inilah profil Mick Doohan, legenda Moto GP yang komentari Sirkuit Mandalika bisa membuat pembalap sulit membedakan antara balapan atau liburan.

Pensiun, Adakah Kesempatan Valentino Rossi Tampil di Sirkuit Mandalika?

Valentino Rossi memutuskan pensiun dari Moto GP pada akhir musim ini. Itu artinya, Rossi akan melewatkan Moto GP di Indonesia yang akan digelar pada musim depan di Sirkuit Mandalika.

Tak Cuma Rossi, Marc Marquez Juga Komentar Soal Balapan di Mandalika

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi salah satu tuan rumah Moto GP musim 2022. Sejumlah pembalap top Moto GP turut berkomentar.

Eky Taufik Dedikasikan Gol untuk Suporter Persis Solo

Persis Solo berhasil mengalahkan AHHA PS Pati dua gol tanpa balas dalam laga pembuka Liga 2 di Stadion Manahan pada Minggu (29/9/2021) malam.

Fix! Stadion Manahan Solo Bakal Jadi Venue Liga 1

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan Stadion Manahan bakal digunakan sebagai lokasi pertandingan Liga 1.

Sindir Atta Halilintar, Gibran: Tetap Putus Asa, Jangan Semangat!

Putra sulung Presiden Jokowi tersebut juga mengajak pengusaha lain untuk ikut andil mengembangkan olah raga nasional. Secara khusus Gibran memberikan pesan kepada Atta sebagai bos AHHA PS Pati.

Mulai Sore Ini, Berikut Jadwal Pertandingan Pekan ke-5 Liga 1

Pekan kelima Liga 1 musim ini akan dimulai. Sejumlah laga menarik bakal tersaji.

Momen Kaesang dan Atta Selfie Usai Persis Solo Vs AHHA PS Pati

Persis Solo berhasil mengalahkan AHHA PS Pati dengan dua gol tanpa balas dalam laga pembuka Liga 2 di Stadion Manahan, Minggu (26/9/2021).

Spesifikasi Sirkuit Mandalika yang Curi Perhatian Rossi

Ini dia spesifikasi lengkap Sirkuit Mandalika yang curi perhatian Valentino Rossi, dari mulai jumlah tikungan hingga lokasinya.