Gibran Pengin Final Piala Menpora di Solo, Begini Respons PT LIB...
Pintu masuk Stadion Manahan dijaga petugas kemanan (Solopos.com/YoyokSunaryo).

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ingin agar final Piala Menpora 2021 digelar di Kota Solo, Jawa Tengah. PT Liga Indonesia Baru (LIB) pun merespons keinginan putra Presiden Joko Widodo tersebut.

Operator liga sepak bola di Indonesia berjanji mendalami usulan Wali Gibran dengan melakukan inspeksi ulang menjelang partai pamungkas. Solo sendiri sudah resmi sebagai tuan rumah pembukaan Piala Menpora pada 21 Maret 2021.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengaku tengah mempertimbangkan permintaan Gibran agar Stadion Manahan menjadi lokasi final laga pramusim Piala Menpora itu. Selain Solo, Piala Menpora digelar di empat daerah lain, yakni Sleman, Bandung, dan Malang.

Baca Juga: Anak Muda Soloraya Harus Percaya Diri, Begini Kiat YRP Solo...

“Usulan final di Solo akan kami pertimbangkan. Pasti kami inspeksi ulang,” ujar Akhmad dilansir Detik.com, Minggu (7/3/2021).

PT LIB mengisyaratkan stadion yang tidak dipakai di fase delapan besar berpeluang menjadi venue final. Hal ini berkaitan dengan jeda pemeliharaan rumput agar venue maksimal di laga pamungkas.

Bergantung Drawing

Disinggung dua tim yang akan tampil di partai pembuka, Akhmad mengklaim belum ada keputusan. Dia menyebut hal itu baru diputuskan setelah undian pembagian grup hari Senin (8/3/2021). “Semua tergantung drawing,” katanya.

Operator memastikan bakal menempatkan Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya, dan Arema FC dalam grup yang berbeda. Hal ini untuk mengantisipasi potensi rivalitas dan kehadiran suporter di stadion.

Baca Juga: Ramalan Bintang Maret 2021: Ini Karier dan Cinta Zodiak Anda!

Diketahui fans Persija kurang akur dengan Persib dan Persebaya, sedangkan Arema punya rivalitas dengan Persebaya. “Empat klub ini akan kami pisahkan di empat kota berbeda. Mereka mendapatkan pengecualian secara keamanan dan ketertiban masyarakat,” imbuh Akhmad.

Selain itu PT LIB memastikan klub asal lokasi venue akan ditempatkan di kota lain. Ini artinya Bhayangkara Solo Football Club tak akan main di Solo, Persib tak main di Bandung, PSS Sleman tak main di Sleman, dan Arema tak tampil di Malang.

Piala Menpora 2021 akan menawarkan hadiah total Rp4,65 miliar. Tim juara akan meraih Rp2 miliar dan runner up akan mendapat Rp1 miliar. Sementara itu, peringkat ketiga dan keempat masing-masing mendapat Rp750 juta dan Rp500 juta.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Berita Terkini Lainnya








Kolom