Anak Muda Soloraya Harus Percaya Diri, Begini Kiat YRP Solo...
Ilustrasi kepribadian seseorang (www.languageties.com)

Solopos.com, SOLO — Anak muda Soloraya perlu lebih percaya diri! Demi tujuan tujuan mengembangkan anak muda dengan fokus pengenalan diri dan menggali potensi diri melalui itu, Youth Reinforcement Program atau YRP Solo kembali menggelar webinar bertema “How to Get to Yourself Better”, Sabtu (27/2/2021).

YRP Goes to School pada edisi kali ini menghadirkan dua pembicara keren, yakni Elizabeth Sudira (Putri Solo 2010, Duta Bahasa Nasional 2011, Maskot SIPA 2019, dan Kartini Award 2020) dan Astrid Widayani (Inisiator YRP dan Ketua Yayasan UNSA dan Akparta). Tujuan dari program tersebut adalah pengembangan anak muda dengan fokus pengenalan diri dan menggali potensi diri melalui tema How to Get to Yourself Better.

Salah satu narasumber, Elizabeth Sudira, mengatakan pada webinar yang diikuti sebanyak 595 peserta ini, ia menyampaikan terkait rasa percaya diri. Artinya percaya diri sendiri dapat diandalkan, dapat melakukan sesuatu, dan yang bisa memompa kepercayaan diri adalah diri sendiri.

Baca Juga: Bertahan di Peluang Bisnis Nasi Biryani

“Caranya dengan memberi afirmasi positif pada diri. Saya membagikan magic words yang bisa dipakai untuk mengatasi rasa tidak percaya diri. Misalnya, ketika takut mencoba hal baru. Magic words-nya adalah tidak ada salahnya mencoba, siapa tahu ini membuka jalan yang lebih besar, dan lain-lain,” ujar dia, kepada Solopos.com, Senin (1/3/2021).

Peraih Kartini Award 2020 yang juga master of ceremony (MC) ini menambahkan para peserta yang notabene anak-anak SMA ini sedang bersiap untuk masuk dunia perkuliahan atau kerja yang sangat membutuhkan rasa percaya diri. Maka, ia pun  membekali mereka dengan hal-hal praktis yang bisa diterapkan dan dilatihkan setiap hari. Dengan contoh-contoh kasus yang relevan dengan kehidupan mereka, proses belajar online di masa pandemi ini, mereka sangat antusias menyimak sampai akhir.

Penyanyi profesional ini juga mengajak para peserta berinteraksi selama kelas karena salah satu tantangan mengajar virtual adalah fokus peserta yang sulit dikendalikan.

Baca Juga: 7 Tanaman Ini Kata Fengsui Datangkan Hoki ke Rumah

Tapi mereka semua antusias. Bahkan, ketika durasi paparannya selama 30 menit habis, banyak peserta yang memberondong komen di kolom chat agar waktunya diperpanjang.

Sementara itu, Inisiator YRP Solo, Astrid Widayani, mengatakan YRP Solo sudah secara rutin menggelar program webinar setiap bulan sejak November 2020. Tujuan dari program tersebut adalah pengembangan anak muda dengan fokus pengenalan diri dan menggali potensi diri melalui tema How to Get to Yourself Better.

“Seperti diawal program ini muncul karena kebutuhan anak muda yang harus di-push soft skill dan pengembangan dirinya. Kalau pengetahuan dan potensi sudah oke, tapi untuk menampilkan diri lebih percaya diri, positif, dan sesuai kebutuhan industri dirasa masih kurang. Maka dari itu, YRP Solo menggelar webinar ini agar anak muda Solo lebih berani menampilkan diri,” kata dia.

Baca Juga: Pabrik Mobil Listrik Tesla di India, Indonesia Kebagian Apa?

Astrid menambahkan anak muda di Solo dan sekitarnya memang sudah memiliki  pengetahuan, namun di masa kini mereka dituntut harus praktik lewat kemampuan softskill serta membawa diri dengan baik. Rasa percaya diri pun menjadi catatan.

Ia menggarisbawahi yang bisa memunculkan percaya diri adalah diri sendiri. Dalam hal ini bagaimana self esteem, mulai dari apa yang dimiliki diri sendiri, lalu apa yang perlu dikembangkan. Selain itu, Pede juga fokus pada diri sendiri bukan penilaian orang. Sekarang ini anak muda banyak dipusingkan dengan penilaian orang.

“Lingkungan paling memengaruhi. Ya bagaimana pun faktor pendukung ada yang positif ada juga yang hanya menilai buruk,” jelas dia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Berita Terkini Lainnya








Kolom