SOLOPOS.COM - Bakal Cawali Solo 2020 Gibran Rakabuming Raka membagikan buku tulis kepada anak-anak saat blusukan di Kelurahan Karangasem, Laweyan, Solo, Kamis (26/12/2019) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo Antonius Yogo Prabowo menilai banyaknya tokoh nasional yang mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota (cawali) di Pilkada Solo 2020 merupakan tekanan bagi DPP PDIP untuk menjatuhkan rekomendasi kepada putra sulung Presiden Jokowi tersebut.

Antonius mengatakan dukungan dari tokoh seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maupun Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) semakin membuktikan Gibran merupakan magnet yang mempunyai daya tarik luar biasa.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Lampaui Syarat, Bajo Jadi Calon Independen Pertama di Pilkada Solo?

"Ini juga jadi pressure bagi DPP PDIP, menjatuhkan rekomendasi kepada Gibran. Jangan lupa partai-partai nonparlemen [di Solo] juga menjatuhkan dukungan ke Gibran. Ada Nasdem, PPP, PKB," jelas Antonius kepada Solopos.com, akhir pekan lalu.

Sebagaimana diinformasikan, dua partai politik yakni Gerindra dan Demokrat mengklaim pucuk pimpinan mereka, yakni Prabowo dan SBY, memberikan dukungan kepada Gibran. Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Solo F.X. Hadi Rudyatmo juga sudah menyampaikan tanggapannya mengenai hal tersebut.

Praja Sragen Perjuangkan Hak 200-an Perdes Bertugas hingga Usia 65 Tahun

Rudy, sapaan akrabnya, menanggapi hal itu sebagai sesuatu yang positif. Hal itu merupakan hak partai tersebut.

“Gerindra mau deklarasi dukung Gibran atau Pak Pur, ya boleh. Keduanya dari PDIP. Menurut DPP itu sah. Positif saja kalau mendukung. Gerindra kan tidak bisa mencalonkan sendiri. Beda itu mendukung dan mencalonkan. Kalau PDIP kan mengusung,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya