SOLOPOS.COM - Co-chair Y20 Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menyampaikan statement pada pembukaan Gaung Muda Indonesia sebagai upaya mendiseminasikan  kebijakan atau hasil KTT Y20 Presidensi G20 Indonesia di Kota Solo, Jumat (28/10/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah pemimpin muda mulai dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hingga Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak berkumpul di Kota Solo pada Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2022).

Mereka hadir sebagai panelis pada pemaparan ide dan gagasan pemuda mendiseminasikan hasil KTT Youth 20 atau Y20 Presidensi G20 Indonesia dalam dalam Gaung Muda Indonesia. Ada 40 pemuda terpilih yang menyampaikan ide dan gagasan mereka dalam acara tersebut.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Berdasarkan pantauan Solopos.com, selain Gibran dan Emil Dardak, ada pula Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiyarto. Selanjutnya ada Staf Khusus Kementerian Komunikasi dan Informasi Dedy Permadi, Chair of B20 Shinta Kamdani, CEO Indozone Riel Tasmaya.

Tak ketinggalan Co-founder of Generation Girl Tania Soerianto dan CEO Wanga Jelita Nadya Saib. Kegiatan yang menghadirkan para pemimpin muda di Indonesia ini berlangsung selama pukul 13.00 WIB sampai 16.30 WIB di Alila Hotel Solo.

Ide dan gagasan 40 pemuda itu dalam mengimplementasikan hasil dari KTT Y20 Presidensi Indonesia itu berfokus pada empat isu. Keempatnya yakni planet yang berkelanjutan dan layak huni; ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital; dan keberagaman dan inklusi.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Rhapsody Nusantara, HUT Radya Pustaka, hingga Forum Y20

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan materi mengenai Meningkatkan Peran Pemimpin Muda di Indonesia kepada para anak muda peserta Gaung Muda Indonesia.

Gaung Muda Indonesia selanjutnya Welcome Dinner dan Leadership Talk Show di Pura Mangkunegaran pukul 19.00 WIB sampai 20.30 WIB. Pada acara tersebut giliran Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan Wali Kota Solo menyampaikan materi kepada para pemuda.

Pesta Rakyat di Balai Kota Solo

Acara terakhir merupakan pesta rakyat yang berlangsung di Balai Kota Solo, Sabtu (29/10/2022) pukul 13.00  WIB sampai 14.00 WIB. Hadir sebagai narasumber Head of CSR and Corporate Communication Paragon Corp Suci Hendrina dan Executive Director Indorelawan Marsya Nurmaranti.

Baca Juga: Gibran akan Bicara Peran Pemimpin Muda dan Ketenagakerjaan di Youth 20 Solo

Gibran menjelaskan Gaung Muda Indonesia bisa menjadi momen bersejarah bagi pemuda Indonesia. Kehadiran Y20 di Solo akan memberikan para pemuda Indonesia kesempatan mengembangkan gagasan yang relevan di forum global dan dalam konteks lokal kedaerahan.

“Kami senang bisa menjadi tuan rumah kegiatan pertemuan pemuda nasional. Solo siap menyambut hangat kehadiran para pemuda Indonesia yang akan berkontribusi dalam pembangunan Indonesia di Solo melalui ide dan gagasan baru yang perlu didengarkan oleh para pemimpin negeri,” ujar Gibran saat konferensi pers Y20 Indonesia di Balai Kota Solo.

Gibran berharap agar pemuda Indonesia berlaku proaktif dan mengambil peran lebih untuk memanfaatkan momentum kepemimpinan Indonesia di forum besar dunia G20 ini. “Kepemimpinan Indonesia di G20 adalah momen bersejarah di mana mata dunia tertuju pada Indonesia. Dalam momen sejarah ini, pemuda Indonesia harus menjadi penggerak utama sejarah bangsa,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya