SOLOPOS.COM - Narasumber memberikan keterangan terkait pertunjukan Rhapsody Nusantara saat jumpa wartawan di Diamond Convention Hall, Solo, Rabu (26/10/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLOAgenda Kota Solo hari ini, Jumat (28/10/2022), yang juga merupakan Hari Sumpah Pemuda cukup padat. Mulai dari Rhapsody Nusantara di Diamond Solo Convention Hall, Jl Slamet Riyadi hingga Forum Youth 20 atau Y20.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Rhapsody Nusantara yang berlangsung malam nanti akan diramaikan 100-an pegiat seni dan budaya. Mereka akan menyanyikan lagu-lagu perjuangan untuk menebarkan virus semangat kebangsaan dan persatuan kepada generasi muda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara yang juga menghadirkan musisi seperti Dira Sugandi, David Bayu, Daniel Kristianto, hingga Sruti Respati ini bisa ditonton gratis namun terbatas dan penonton harus memesan tiket secara online yang sudah sold out sejak beberapa hari lalu.

Agenda lain berikutnya yang akan berlangsung di Kota Solo hari ini adalah Gaung Muda Youth 20 atau Y20 Indonesia yang akan mendatangkan 10.000 pemuda ke Stadion Manahan. Dalam acara ini 40 pemuda terpilih akan memaparkan ide dan gagasan mengenai implementasi kebijakan KTT Y20 Indonesia.

Sejumlah tokoh penting akan hadir sebagai panelis di antaranya Menparekraf Sandiaga Uno dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiyarto. Selanjutnya seremonial makan malam di Pura Mangkunegaran rencananya dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Bazar Pangan Murah Joglo hingga Gebyar Budaya Pucangsawit

HUT Museum Radya Pustaka

Sementara itu, Museum Radya Pustaka juga akan menggelar acara peringatan HUT ke-132 pada Jumat malam ini. Acara dimeriahkan dengan tabuhan gending-gending  Kepatihan dan Wayang Gedhog dalam konser Jayengsari Ngrenaswara.

Pergelaran wayang gedhog pada agenda di Museum Radya Pustaka Solo hari ini dipentaskan oleh dalang Ki Rudy Wiratama. Wayang ini berkisah mengenai Panji yang sebenarnya merupakan cerita asli Jawa.

Sementara itu di Pucangsawit, Jebres, masih ada Gebyar Budaya Pucangsawit 2022 Tebar Mina. Acara ini sudah dimulai sejak Minggu (23/10/2022) dengan bazaar dan pentas seni di SDN Wonosaren, Pucangsawit.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Pameran Arsip Perfilman Indonesia hingga Panggung Wayang

Bazaar akan berlangsung hingga Sabtu (29/10/2022) sedangkan pentas seni sampai Jumat (28/10/2022). Selain itu ada sarasehan budaya dan pergelaran wayang kulit di Taman Sunan Jogo Kali, Jumat (28/10/2022) pukul 19.00 WIB.

Dilanjut dengan kirab budaya dan tari kolosal pada Sabtu (29/10/2022) yang juga digelar di Taman Sunan Jogo Kali mulai pukul 18.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya