Gibran Dorong Anak Muda Solo Jadi Entrepreneur, Ini Tujuannya
Cawali Solo, Gibran Rakabuming Raka (kedua dari kanan) ketika menghadiri diskusi bertema Muda Pengusaha Naik Kelas yang digelar Relawan Solo Hebat di lantai II Pasar Gede, Sabtu (28/11/2020) malam. (Kurniawan/Solopos)

Solopos.com, SOLO-Calon Wali Kota Solo dari PDIP, Gibran Rakabuming Raka berbagi kiat sukses menjadi pengusaha sukses dengan anak-anak muda Solo, Sabtu (28/11/2020) malam di Wedangan Cendana Wangi Lantai II Pasar Gede.

Melalui forum diskusi bertema Muda Pengusaha Naik Kelas yang digelar Relawan Solo Hebat itu diharapkan dapat merangsang jiwa entrepreneurship anak-anak muda Kota Bengawan. Turut hadir sebagai pembicara anggota DPRD Solo, Ginda Ferachtriawan.

Update Covid-19 Solo: Sebulan Tambah 1.000-an Kasus, Total Meninggal 100 Orang

Seperti diketahui belum lama ini restoran Mangkok Ku milik Gibran mendapat kucuran dana segar sekitar Rp28,3 miliar dari Alpha JWC Ventures. Alpha JWC Ventures adalah perusahaan modal ventura yang fokus investasi pada perusahaan rintisan.

Dikutip dari katadata.co.id, Alpha JWC Ventures juga pernah menggelontorkan dana sebesar US$ 5 juta ke bisnis minuman tradisional milik Gibran, Goola, pada 2019. Alpha JWC Ventures didirikan Chandra Tjan, Jefrey Joe serta Will Ongkowidjaja tahun 2015.

"Malam ini membahas tentang UMKM biar bisa baik kelas, biar anak-anak muda Solo bisa punya jiwa kewirausahaan, biar ke depan bisa ikut menggerakkan roda ekonomi Solo. Seperti pernah saya bilang saat debat kami akan buat creatifhub," ujar Gibran saat diwawancara.

Penggerak Ekosistem

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut mengatakan yang terpenting bagaimana membangun ekosistem usaha yang ramah terhadap para UMKM. Secara khusus dia ingin anak-anak muda Solo menjadi penggerak ekosistem bisnis itu. Walau diakui anak-anak muda tersebut masih perlu didorong untuk berani terjun ke dunia bisnis sebagai wirausaha.

"Saya sampaikan mau bikin ekosistem bisnis yang dikomandoi anak-anak muda. Kalau Creatifhub ini bisa masuk program pemerintah nanti semua sosial media kita kerahkan. Sudah lama kami siapkan. Saya sudah koordinasi juga dengan Pak Ganjar yang sudah menyanggupi mau bikin co working space," kata dia.

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Akhir Tahun, Wali Kota Solo: Jangan Keluar Kota Atau Mudik!

Gibran menjelaskan Creatifhub tidak harus dengan membangun gedung baru. Sebab bisa memanfaatkan gedung atau bangunan yang sudah ada, seperti Solo Techno Park atau Gedung IKM di Semanggi, Pasar Kliwon. "Yang penting kontennya kita garap, anak-anak muda berminat, antusias, sehingga bisa mencetak pengusaha-pengusaha baru. [Antusiasme anak muda] Bukan sesuatu yang bisa dipaksakan. Tapi memang harus didorong, lebih baik. Untuk membuka lapangan kerja," urai dia.

Gibran mengakui Solo Techno Park dan Gedung IKM Semanggi belum dimanfaatkan secara optimal. Perlu pendekatan khusus dan berkelanjutan untuk menciptakan iklim dan habit wirausaha di Solo.

"Ya nanti kontennya kita perbarui. Anak-anak muda didorong untuk mengikuti. Bukan pelatihan sehari tok, tapi berkelanjutan. Mulai dari A sampai Z. Dari packaging, branding, perizinan usaha PIRT, BPOm, sertifikasi halal, hingga pitching ke investor. Semua nanti kita dampingi," terang Gibran.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom