SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (ketiga dari kanan) menyerahkan “uang fitrah” kepada anak yang mengikuti Salat Idul Fitri di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Kamis (13/5/2021). (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memberikan “fitrah” atau uang kepada anak-anak yang mengikuti Salat Idul Fitri 2021 di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Kamis (13/5/2021).

Uang itu diserahkan Gibran saat berkeliling mengucapkan selamat Idul Fitri dan memohon maaf atas segala kesalahan, seusai salat. Pantauan Solopos.com, setiap mendapati ada anak kecil yang melintas, Gibran langsung memberikan fitrah yang sudah disiapkannya di dalam amplop putih.

Promosi Gelar Festival Ramadan, PT Pegadaian Kanwil Jawa Barat Siapkan Panggung Emas

Seusai menunaikan Salat Idulfitri, Gibran didampingi Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, berkeliling menemui setiap jemaah. Momentum itu dia gunakan untuk menyampaikan selamat Lebaran dan meminta maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan selama ini.

Baca juga: Manisnya Selvi Ananda Berkerudung Biru Saat Salat Id di Balai Kota Solo

Beberapa anak yang mendapat fitrah dari Gibran yaitu putra dari Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Solo, Herwin Nugroho. Pagi itu Herwin mengajak tiga anaknya mengikuti Salat Idul Fitri di Pendapi Gede.

“Anak saya tiga, semuanya dapat [uang fitrah] tadi,” terang dia.

Namun Herwin mengaku tidak tahu berapa isi uang fitrah yang diberikan Gibran kepada setiap anaknya. Dia beralasan anaknya tidak membuka amplop fitrah di depannya.

“Ha ha, anak-anak tidak laporan saya. Enggak ngomong,” kata dia ketika ditanya berapa isi amplop itu.

Baca juga: Lebaran Tiba, Sudah Nemu Kaleng Roti Isi Rengginang Belum?

Selain tiga anak Herwin, Gibran juga memberikan uang fitrah kepada dua putra Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, yang sudah menginjak remaja. Ketika mendapati ada anak-anak, Gibran langsung memberikan kode kepada ajudannya untuk menyiapkan fitrah.

Selanjutnya Gibran sendiri yang memberikan fitrah itu kepada anak-anak. Solopos.com sempat mendengar Gibran mengatakan uang fitrah tersebut untuk membeli permen.

“Ini untuk beli permen,” tutur dia sembari tersenyum dijawab ucapan terima kasih penerima.

Baca juga: Gibran Wali Kota Solo Salat Id di Balai Kota, Lanjut Lebaran di Rumah Saja

Pada kesempatan pertama merasakan momentum Idul Fitri sebagai Wali Kota Solo, Gibran menunaikan Salat Idul Fitri bersama pejabat Forkompinda dan pejabat Pemkot Solo di Balai Kota Solo. Pelaksanaan salat tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Gibran datang hanya bersama istrinya, Selvi Ananda. Sedangkan dua anaknya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah, tidak ikut. Ketika ditanya kenapa dua anaknya tidak diajak serta Salat Idul Fitri di Balai Kota, Gibran menyatakan belum boleh karena pandemi Covid-19.(Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya