Tutup Iklan

Genjot Capaian, Sragen Dekatkan Sentra Vaksinasi Covid-19 hingga RT

Pemkab Sragen menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 dengan mendekatkan pos atau setra vaksinasi Covid-19 hingga lingkungan RT dan pusat kerumunan masyarakat.

 Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pengunjung saat membuka sentra vaksinasi Covid-19 di Taman Kartini, Kota Sragen, Sabtu (20/11/2021) malam. (Istimewa/Dokumentasi Pemkab Sragen)

SOLOPOS.COM - Petugas menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pengunjung saat membuka sentra vaksinasi Covid-19 di Taman Kartini, Kota Sragen, Sabtu (20/11/2021) malam. (Istimewa/Dokumentasi Pemkab Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 dengan mendekatkan pos atau setra vaksinasi Covid-19 hingga lingkungan rukun tetangga (RT).

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menyampaikan komitmen mengejar capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua. ”Untuk cakupan vaksinasi dosis pertama telah menjangkau sekitar 77,24 persen atau 599.214 orang tervaksin. Dosis kedua 69,52 persen atau 539.302 orang,” papar Bupati seperti dilansir website Pemerintah Kabupaten Sragen, Kamis (25/11/2021).

Rata-rata capaian Kabupaten Sragen 73,70 persen atau 1.143.557 masyarakat Sragen sudah tervaksin Covid-19. Bupati berharap Sragen segera tuntas atau 100 persen warga mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca Juga : Niat Cari Sayur, Warga Lemahireng Boyolali Malah Temukan Mortir

Salah satu terobosan yang dilakukan Pemkab Sragen untuk mengejar target adalah mendekatkan pos atau sentra vaksinasi Covid-19 hingga tengah lingkungan warga, yakni tingkat rukun warga (RW) dan RT.

Selain itu, Pemkab Sragen juga melakukan strategi door to door dari rumah warga hingga pusat keramaian. ”Alhamdulillah ada peningkatan dosis pertama, terutama lansia. Kalau capaian vaksinasi [Covid-19] berdasarkan kartu tanda penduduk [KTP] sudah di atas 87 persen. Ya, kami tetap berusaha terus. Sekarang fokus pada dosis kedua supaya selisihnya tidak banyak antara dosis pertama dan dosis kedua,” ungkap Bupati.

Contoh upaya percepatan vaksinasi Covid-19 secara door to door atau jemput bola dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM). Dinkes dan Dinkop UKM menggelar vaksinasi Covid-19 di sentra kuliner Taman Kartini, Kota Sragen, Sabtu (20/11/2021) malam.

Baca Juga : 4 Manfaat Mandi di Malam Hari

Kegiatan di Taman Kartini Sragen itu kali ketiga dilakukan. Anemo masyarakat meningkat. Pada kali pertama hanya mendapatkan 6 orang, kali kedua 63 orang, dan kali ketiga 98 orang. Rencana, vaksinasi Covid-19 di Taman Kartini akan terus dilakukan setiap Sabtu malam hingga tuntas.

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Sragen, Sri Subekti, menjelaskan sudah menyosialisasikan vaksinasi gratis Covid-19 di Taman Kartini lewat media sosial. Pihaknya sengaja menjaring calon peserta di pusat kerumunan karena warga belum tentu mau datang ke sentra vaksinasi Covid-19.

“Sasaran kami masyarakat umum dan nakes. Untuk Sabtu kedua ini, vaksin yang disuntikan jenis Pfizer, Sinovac, dan Moderna. Itu untuk dosis pertama dan kedua,” tutur dia.

Baca Juga : Miris, Tokoh Agama di Padang Dilaporkan Sodomi 5 Bocah

Dinkes Sragen menyiapkan 100 dosis vaksin Covid-19 untuk Sinovac, Pfizer, maupun Moderna. “Kami santai. Seadanya warga yang ingin vaksin [Covid-19] dilayani. Kami memang sudah tiga kali di Taman Kartini. Publikasi lewat media sosial itu penting. Sementara ini kami menghabiskan Pfizer karena jangka waktu Pfizer hanya 31 hari.”


Berita Terkait

Berita Terkini

Round Up: Misteri Lorong Rahasia Bawah Tanah di Laweyan Solo

Pada masa Kerajaan Pajang, lorong bawah tanah di Laweyan, Solo, itu diperkirakan menjadi jalur distribusi candu.

Unik, Buah Belimbing Milik Warga Wonogiri Ini Berwarna Merah

Buah belimbing berwarna merah itu dibagikan oleh akun Instagram @tani_ndezo pada Sabtu (27/11/2021).

Penting Banget, Percepatan Layanan Deteksi HIV pada Ibu Hamil

Penularan HIV bisa terjadi dari ibu ke anak selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

Pasien TB-HIV bisa ditangani di Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) melalui 13 puskesmas dan empat rumah sakit di Wonogiri.

UMK Naik Tipis, Ibu Buruh Pabrik di Solo Rela Nyambi Bersihkan Makam

Seorang ibu yang juga buruh pabrik di Solo harus memutar otak supaya penghasilan selama sebulan cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari, salah satunya rela membersihkan makan demi dapat penghasilan tambahan.

Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

Sejumlah ODHA yang belum divaksinasi disebabkan belum siap menyampaikan riwayat penyakitnya kepada petugas.

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.

Kreatif! PKK Klaten Bikin Video untuk Kampanyekan Vaksin

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten membuat video kreatif untuk mengedukasi warga terkait pentingnya vaksin.

Seruduk Truk Tronton Parkir di Jalan Solo-Sragen, Bodi Truk Ini Ringsek

Sebuah truk ringsek setelah menyeruduk truk tronton boks yang parkir di jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan Warung You Sri, Dukuh Nguwer RT 017, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Sragen Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Aplikasi SIRUP Dongkrak Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Sukoharjo

Sebanyak 93 persen paket pengadaan barang dan jasa Pemkab Sukoharjo sudah terlelang berkat aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan atau SIRUP.

Asyik! Ikut Tes Acak Covid-19, Siswa di Klaten Dapat Doorprize

Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Wedi menggelar uji petik tes antigen kepada siswa dan guru secara acak.

Reuni 212 bakal Digelar di Plaza Manahan, Kapolresta Solo: Tidak Boleh!

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menegaskan akan membubarkan massa yang nekat menggelar Reuni 212 Soloraya di Plaza Manahan maupun tempat terbuka lainnya.

Pembuang Bayi dalam Kardus Di Nguter Sukoharjo Diduga Warga Sekitar

Polisi menduga pelaku pembuang bayi yang ditemukan meninggal dalam kardus di Desa Pondok, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, adalah warga sekitar.