Gemas! Dalang Cilik Ini Ngamuk ke Ayahnya Karena Salah Nada
Tangkapan layar bocah cilik sedang bermain wayang (Istimewa/Twitter/Setya_budi13)

Solopos.com, SOLO — Sebuah video yang memperlihatkan seorang bocah cilik tengah bermain menjadi dalang viral di media sosial. Dalam video tersebut, anak kecil berusia sekitar 3-4 tahun ini juga beraksi seperti seorang dalang. Namun yang mencuri perhatian netizen ialah tingkah laku yang menggemaskan dari bocah tersebut. Bahkan video ini juga di retweet oleh budayawan terkenal Sujiwo Tejo di akun Twitter pribadinya.

Viral Video Kepala Desa Gantar Kesurupan Setelah Lihat Tari Jaipong

Video ini awalnya diunggah oleh akun Twitter @Setya_budi13 pada Rabu (23/9/2020), dalam rekaman video itu, bocah kecil ini mengenakan kaos pendek warna putih, dan celana pendek warna abu-abu.

Ia duduk di sebuah kursi merah dan di depannya terdapat sebuah debog atau batang pisang yang digunakan untuk menancapkan wayang-wayang tersebut. Bocah ini nampak menancapkan beberapa karakter wayang pada debog yang ada di depannya. Terlihat pula ada setumpuk wayang yang diletakkan di dalam kardus.

Mboten Kados Niku

Ia juga bermain wayang dengan iringan replika musik gamelan, yang dimainkan oleh sang ayah. Namun ketika sang ayah salah memainkan nada gamelan tersebut, bocah laki-laki itu nampak kesal, karena nada gamelan tidak sesuai dengan yang ia harapkan.

Ia langsung berteriak dan menegur sang ayah dengan menggunakan bahasa Jawa krama alus, “Mboten kados niku [Tidak seperti itu],” teriak bocah tersebut.

Kados pundi, kados pundi [Seperti apa seperti apa]?” tanya sang ayah. Bocah itu pun menghampiri ayahnya dan mempraktekkan nada yang benar agar serirama dengan jalan cerita, yang ia harapkan.

Viral Penjual Bubur Kacang Hijau Fasih Bahasa Jepang, Ternyata Belajar dari Sini

Sang ayah kemudian kembali memainkan gamelan sesuai yang diajarkan sang anak. Saat bocah itu kembali ke tempat duduknya dan akan melakukan aksi dalangnya, sang ayah pun kembali mengoda anaknya dengan nada yang salah lagi, dan membuat bocah itu berteriak lagi.

Setelah sang ayah kembali mengiringi dengan nada yang benar, bocah laki-laki itu mulai memainkan beberapa tokoh wayang dengan narasi bahasa Jawa. Bocah ini nampak memainkan karakter wayang punakawan. Tak hanya itu saja, sang ayah juga mengiringi aksi anaknya itu dengan menabuh keprak sebagai pelengkap.

Dalang Cilik Dipuji Netizen

Rangkaian twit video yang memperlihatkan bocah kecil bermain wayang bak dalang cilik ini mencuri perhatian netizen. Banyak netizen yang memuji kepiawaian bocah cilik ini dalam bermain wayang, pasalnya sudah jarang sekali anak-anak kecil yang ingin bermain wayang, saat semua serba digital seperti sekarang.

ih lucu bgt sihh cinta sama budaya sendirii sejak dini. si ayahnya nya baik lagi mo mengiringi padahal dah dimarahi wkwk,” kata akun Twitter @_yudityaari.

Hebat dan Sangat Berbakat, Apresiasinya terhadap Seni Wayang Kulitnya Patut Diacungi Jempol... IkuT Melestarikan Culture Negri Kita INDONESIA", tulis akun Twitter @edwardRizz.

Btw dia pinter bgt sampai tau bapak nya klo salah nada. Mainin wayang nya jg pinter. Aku pikir ini bakalan ngelawak videonya ternyata bagus bgt,” ujar akun Twitter @annabukanana.

Tuding Najwa Shihab Memprovokasi, Luhut Pandjaitan Viral

Tidak cukup itu saja, banyak juga netizen yang kagum dengan tata krama bocah kecil tersebut. Meskipun kesal, bocah ini tetap menggunakan bahasa yang sopan terhadap sang ayah. Hingga berita ini disusun, rangkaian twit tersebut sudah mendapatkan lebih dari 445.600 views, dan disukai lebih dari 21.700 pengguna Twitter.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom