Ganjar Pranowo Ikuti Blusukan Jokowi di Solo, Terpisah Dari Rombongan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut blusukan Presiden Jokowi ke sejumlah lokasi di Solo namun memisahkan diri dari rombongan.

 Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyapa pedagang dan warga Mojosongo, Solo, di sela kegiatan blusukan Presiden Jokowi, Kamis (26/5/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyapa pedagang dan warga Mojosongo, Solo, di sela kegiatan blusukan Presiden Jokowi, Kamis (26/5/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, terpantau mengikuti kegiatan blusukan Presiden Jokowi (Joko Widodo) di sejumlah lokasi Kota Solo, Kamis (26/5/2022) siang. Blusukan dilakukan Jokowi seusai menjadi wali nikah adiknya, Idayati, dengan Ketua MK Anwar Usman.

Pantauan Solopos.com, Jokowi mengawali serangkaian kegiatan blusukannya di Taman Balekambang. Di ruang publik yang akan dibangun sebagai pusat kebudayaan Jawa itu, Jokowi menemui para seniman dan ribuan pengunjung.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Ia juga sempat membagikan ratusan kaus warna hitam bertuliskan nama dan sketsa wajahnya. Kedatangan Jokowi membuat heboh para pengunjung. Mereka berdesak-desakan ingin menyapa dan mendapatkan hadiah kaus dari sang Presiden.

Kondisi itu membuat petugas keamanan harus bekerja ekstra keras untuk menjaga para pengunjung tidak terlalu dekat dengan Jokowi. Yang menarik, di akhir blusukan Jokowi di Taman Balekambang, Solo, terlihat sosok Ganjar Pranowo di jalur keluar taman.

Ganjar mengenakan kemeja batik lengan panjang berjalan menuju tempat parkir kendaraan. Keberadaan Ganjar disadari sejumlah pengunjung yang kemudian menyapa dan mendokumentasikannya menggunakan kamera ponsel.

Baca Juga: Ini Rencana Kunjungan Presiden Jokowi di Solo Setelah Jadi Wali Nikah 

Tak lama kemudian Ganjar dihampiri mobil putih yang kemudian dinaikinya. Setelah blusukan di Taman Balekambang, Jokowi melanjutkan kegiatannya di Pasar Mojosongo Jebres. Di lokasi ini Jokowi menyerahkan bantuan langsung tunai minyak goreng.

Ada juga bantuan modal usaha untuk pelaku usaha di Mojosongo. Jokowi sempat meninjau langsung kondisi bagian dalam Pasar Mojosongo dan berbincang dengan sejumlah warga. Tidak lupa paket bantuan sembako dia berikan kepada warga yang berkumpul.

Di lokasi blusukan Jokowi di Solo ini, Ganjar Pranowo lagi-lagi terlihat menyapa masyarakat. Namun ia bergerak sendirian, terpisah dari rombongan Jokowi maupun Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Jokowi Temui Seniman di Taman Balekambang Solo, Ini yang Disampaikan

Komentar Pengamat

Hal itu terlihat ketika Jokowi menyapa para penerima bantuan dan masyarakat di Pasar Mojosongo, Ganjar tidak terlihat. Namun ketika Jokowi dan rombongan mengecek bagian dalam bangunan Pasar Mojosongo, Ganjar muncul dan menyapa warga.

Terpisah, pengamat politik Solo, Agus Riewanto, menilai ada sejumlah kemungkinan terkait keberadaan sosok Ganjar dalam blusukan Jokowi. Salah satunya keinginan Ganjar untuk mendapatkan momentum dari kunjungan Jokowi.

“Ya kalau dilihat dari momentumnya, kan besar kemungkinan Pak Ganjar itu salah satu undangan yang menghadiri perkawinan itu. Mungkin juga acara Pak Jokowi sudah direncanakan lama, bagian dari rangkaian kegiatan di perkawinan itu,” ujarnya.

Baca Juga: Jelang Pernikahan Adik Jokowi di Solo, Begini Kesibukan Dekorasi Gedung

Agus melanjutkan bisa saja Ganjar sengaja mengikuti kegiatan blusukan Jokowi. Ihwal cara Ganjar menyapa warga di momen yang tidak bersamaan dengan Jokowi bisa disengaja agar dirinya tidak kalah panggung dan masyarakat fokus kepadanya.

“Karena pasti dia kalah panggung. Makanya dia mengambil momentum setelah Pak Jokowi bergeser untuk menyapa warga. Tentu supaya dia mendapatkan momentum yang sama dan mungkin perhatian publik bisa fokus kepada dia,” terang Agus.

Di sisi lain kehadiran Ganjar dalam kegiatan blusukan Jokowi di Solo memunculkan spekulasi sebagai kode dukungan orang nomor satu di negeri ini kepada Ganjar. Spekulasi publik menguat gegara Ganjar mendampingi Jokowi saat Rakernas V Projo di Magelang. Terlebih beredar potongan video pidato Jokowi dalam acara itu yang meminta anggota Projo tidak terburu-buru dalam menentukan capres 2022.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

+ PLUS Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

Upaya perlindungan mangrove sebagai ekosistem blue carbon tidak hanya mampu mengurangi emisi dan peningkatan simpanan carbon benefit tetapi juga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Berita Terkini

Ganjar Disomasi Terkait PPDB, Rudy: Malah Terkenal

Rudy, panggilan akrabnya justru menilai somasi terhadap Ganjar sebagai sesuatu yang bagus karena akan membuat Ganjar kian terkenal. 

Megawati Pusing Capres PDIP? Ini Kata Pengamat

Megawati Soekarnoputri diprediksi pusing memilih antara mementingkan internal partai atau mengikuti keinginan publik dengan mencapreskan Ganjar Pranowo. 

Prabowo, Anies dan Ganjar Maju Capres, Wapres dari Kelompok Islam

Ketiga capres yang diprediksi bakal bertarung adalah Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Pengunjung Grojogan Sewu Tawangmangu Naik 2 Kali Lipat

Saat ini jumlah pengunjung Grojogan Sewu naik dua kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Penerbangan Langsung dari Luar Negeri ke Solo Dikebut

Kemenparekraf bakal mempercepat layanan penerbangan langsung luar negeri ke Kota Solo.

Diminta Gibran, Sandiaga Siapkan Direct Flight dari Luar Negeri ke Solo

Menparekraf, Sandiaga Uno, menjanjikan akan mempercepat layanan penerbangan langsung dari luar negeri ke Kota Solo atas permintaan Gibran

Gibran: Percuma Promosi Pariwisata Tak Ada Direct Flight Luar Negeri

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, ingin ada penerbangan langsung atau direct flight dari luar negeri ke Solo seperti dulu.

Di Depan Rudy, KIB Solo Dukung Ganjar Pranowo sebagai Capres

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Kota Solo siap mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024.

Ruwatan di Gunung Lawu, Pusat Pemujaan Suci Masyarakat Jawa Kuno

Gunung Lawu, sama seperti gunung lainnya di Pulau Jawa dipercaya sebagai pusat kekuatan sakral dan pemujaan yang menghubungkan masyarakat Jawa kuno dengan dewa atau leluhur yang dianggap memiliki kekuatan gaib, sehingga kerap digunakan sebagai lokasi ruwatan.

Kota Solo 2 Kali Gagal Dapat Pengakuan UNESCO, Gibran: Proposale Elek

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, buka-bukaan kenapa kotanya dua kali gagal dapat pengakuan UNESCO sebagai Kota Kreatif.

Solo Gagal Masuk Jaringan Kota Kreatif UNESCO, Sandiaga Turun Tangan

Menparekraf Sandiaga Uno akan membantu Solo mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai kota kreatif.

Anak Tak Lolos PPDB, Ortu Minta Kelas Virtual Pasar Kliwon Ditambah

Warga Pasar Kliwon, Kota Solo, meminta kuota rombongan belajar (rombel) kelas virtual ditambah agar bisa menampung lebih banyak siswa asal kecamatan itu yang tak lolos PPDB SMAN 2022.

Calhaj Asal Solo Mulai Diberangkatkan ke Jeddah

Jemaah calon haji (calhaj) asal Kota Solo sudah mulai diberangkatkan ke Tanah Suci. Calhaj asal Kota Solo dibagi menjadi dua kelompok terbang atau kloter, yaitu 41 dan 42.

Penjualan Meningkat, Peternak Sukoharjo Malah Curhat Kurang Modal

Di tengah meningkatnya penjualan ternak untuk kurban di Kabupaten Sukoharjo, peternak justru curhat butuh modal.

Jejak Garam Rumahan Paranggupito Wonogiri dan Keunikan Pantainya

Kecamatan Paranggupito menjadi satu-satunya wilayah di Wonogiri, Soloraya, dan Jawa Tengah yang memiliki keunikan pesisir Pantai Selatan Pulau Jawa, dimana pernah ditemukan jejak pembuatan garam rumahan.