Galaksi Mirip Tie Fighter dalam Star Wars Ditemukan

National Aeronautics and Space Administration atau NASA alias Badan Antariksa Amerika Serikat menemukan galaksi aktif yang terlihat mirip Tie Fighter.

 Gambar Galaksi TXS 0128 + 554 yang mirip pesawat milik Darth Vader dalam film Star Wars diambil dari laman Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Selasa (1/9/2020). (Nasa.gov)

SOLOPOS.COM - Gambar Galaksi TXS 0128 + 554 yang mirip pesawat milik Darth Vader dalam film Star Wars diambil dari laman Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Selasa (1/9/2020). (Nasa.gov)

Solopos.com, WASHINGTON D.C. — National Aeronautics and Space Administration atau NASA alias Badan Antariksa Amerika Serikat menemukan galaksi aktif yang jika dilihat dari kejauhan terlihat mirip dengan Tie Fighter. Itu adalah pesawat milik Darth Vader dalam film Star Wars.

Tie Fighter adalah pesawat luar angkasa Star Wars yang ikonik. Bentuknya yang unik adalah hasil dari dua pancaran partikel berenergi tinggi. Partikel-partikel ini bergerak hampir dengan kecepatan cahaya ke arah yang berlawanan, menciptakan penampilan seperti dua mesin jet pada pesawat tempur Tie.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Namun sebagaimana dilansir Nasa.gov, jarak galaksi yang dikenal dengan Galaksi TXS 0128+554 ternyata sangat jauh dari jangkauan manusia, mencapai 500 juta tahun cahaya.

Syarat Roro Jonggrang Awal Mula Candi Sewu di Dekat Jogja

Sebagaimana dilansir laman Dailymail, Galaksi TXS 0128+554 yang ditemukan di konstelasi Cassiopeia ini dianggap sebagai galaksi aktif. Galaksi ini memancarkan lebih banyak cahaya daripada bintang lainnya. Pancaran cahaya itu adalah energi ekstra yang dilepaskan dalam bentuk sinar Gamma, gelombang radio, dan sinar-X.

Para peneliti sebenarnya telah memperhatikan galaksi tersebut sejak tahun 2015. Tetapi, baru-baru ini, objrk itu bisa terlihat sangat dekat.

Lima tahun lalu, para peneliti telah mengidentifikasi Galaksi TXS 0128+554 menggunakan Teleskop Luar Angkasa Sinar Gamma Fermi NASA dan Observatorium Sinar-X Chandra untuk melihat lebih dekat galaksi tersebut.

Dua Serangan

Analisis emisi gelombang radio galaksi yang dilakukan para peneliti mengungkapkan bahwa Galaksi TXS 0128+554 telah mengalami dua serangan aktivitas dalam satu abad terakhir. Kedua serangan itu berjeda 40 tahun.

Para peneliti mengatakan bahwa galaksi TXS 0128+554 adalah sumber sinar Gamma yang redup. Meski demikian, belakangan hari ini, mereka bisa melihat dengan jelas keberadaan galaksi tersebut.

“Setelah pengumuman dari Observatorium Fermi, kami memperbesar satu juta kali lebih dekat di galaksi menggunakan antena radio Very Long Baseline Array’s dan memetakan bentuknya dari waktu ke waktu,” ungkap guru besar Universitas Purdue dan penulis utama studi Matthew Lister sebagaimana dikutip dari New York Post, Selasa (1/9/2020).

Gadis Indigo Ungkap Hantu Penghuni Pabrik Cerutu Jogja

“kali pertama saya melihat hasilnya, saya langsung mengira itu tampak seperti pesawat ruang angkasa tempur Tie Darth Vader dari Star Wars: Episode IV - A New Hope. Itu adalah kejutan yang menyenangkan. Tetapi kemunculannya di frekuensi radio yang berbeda juga membantu kami belajar tentang bagaimana galaksi aktif dapat berubah secara dramatis dalam waktu beberapa dekade," imbuhnya

Sebenarnya, Galaksi TXS 0128+554 bukan satu-satunya penemuan yang terkait dengan Star Wars. Pada Juni 2016 lalu, exoplanet [planet di luar tata surya] Kepler-1647b ditemukan 3.700 tahun cahaya dari Bumi.  Exoplanet Kepler-1647b adalah bagian dari sistem bintang ganda, mirip dengan planet Luke Skywalker, Tatooine. Tiga tahun kemudian, exoplanet LTT 1445Ab dan tiga bintangnya ditemukan.

Selain penemuan itu, pada tahun 2019 lalu, para peneliti juga menemukan exomoon [bulan di luar tata surya] vulkanik aktif pertama, sebuah benda angkasa menakutkan yang mengingatkan pada planet kecil Star Wars yang berapi-api. Mirip dengan planet Mustafar, planet fiksi dalam kisah Star Wars, di mana Anakin Skywalker [tokoh di film Star Wars] berubah menjadi Darth Vader.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kartu SIM Hilang Apakah Bisa Diganti, Yuk Cek Penjelasannya

      Karena kelalaian bisa saja kartu SIM milik Anda hilang, lantas apakah bisa diganti jika hilang?

      Link Download Carx Street Game Balapan Seru Banget

      Penggemar game bertemakan balapan mobil Carx Street, jika ingin memainkannya berikut link download Carx Street.

      Kembali ke Pasar Indonesia, ZTE Langsung Rilis 3 Smartphone Baru

      ZTE kembali ke pasar smartphone Indonesia dan langsung meluncurkan tiga smartphone baru Blade series yang masuk di kategori ponsel murah.

      Ingin Instal iOS 16 di iPhone Anda, Ini Caranya

      Apple resmi meluncurkan sistem operasi teranyarnya yakni iOS 16 untuk iPhone mulai seri 8 hingga iPhone 14. Ini caranya instal iOS 16 untuk iPhone Anda.

      Cari Mesin ATM Terdekat saat Butuh Uang Tunai, Bisa Kok dengan Google Maps

      Ketika bepergian ke luar kota butuh uang dan cari ATM terdekat, Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk menemukannya.

      Cara Download Video YouTube dan MP3 Soundcloud Melalui Tubidy

      Berikut ini terdapat cara mudah download video Youtube dan MP3 Soundcloud dengan mudah lewat Tubidy.

      GMEDIA Luncurkan DimensiCloud.id, Gagasan Baru Manage Service Cloud Provider

      GMEDIA meluncurkan bisnis terbaru layanan komputasi awan (cloud computing) bernama DimensiCloud.id.

      Daftar Kecanggihan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Dinamai Komodo Merah

      Perangkat bernama Disaster Monitoring Center (DMC) dan Disaster Montoring Terminal (DMT) telah disiapkan agar kereta cepat Jakarta-Bandung ini punya kemampuan keamanan sangat tinggi.

      Samsung Galaxy S25 Disebut Tanpa Tombol Fisik dan Port

      Samsung mungkin menghilangkan semua tombol fisik yang mencakup tombol daya dan volume rocker pada produk terbatas Calaxy S25

      Daftar HP Xiaomi Harga Rp1 jutaan yang Bisa Kamu Miliki

      Berikut adalah rekomendasi sejumlah HP Xiaomi harga Rp1 jutaan yang pas untuk mendukung kegiatan harian Anda.

      Harga Terjangkau, Smartwatch Olike Horizon W12 Tawarkan Beragam Fitur

      Anda lagi butuh smartwatch dengan harga terjangkau, tenang. Karena saat ini ada Smartwatch Olike Horizon W12 dengan beragam fitur canggih

      Harga dan Spesifikasi Ponsel Lipat Xiaomi Mi Mix Fold 2 Berkamera Leica

      Pasar ponsel lipat cukup menjanjikan sehingga banyak produk baru dirilis, salah satunya Xiaomi Mi Mix Fold 2, berikut harga dan spesifikasinya.

      25 Tahun Perjalanan Laptop ASUS ke Luar Angkasa

      Zenbook 14X OLED Space Edition tidak hanya sekadar tampil istimewa dari tampilannya, tetapi juga sangat powerful.

      Ciri Ciri Data Pribadi Bocor, Apa yang Harus Dilakukan

      Kabar kebocorn data dari registrasi SIM Card membuat masyarakat resah. Lantas apa ciri ciri data pribadi bocor.

      Kamera GoPro Hero 11 dan Hero 11 Mini Dilengkapi Fitur AutoBoost

      Kamera GoPro terbaru yaitu Hero 11 dan Hero 11 mini hadir dengan kemampuan merekam video yang mumpuni dan didukung fitur andalan.

      ROG Phone 6 Series dari Asus Meluncur di Indonesia 21 September 2022

      Asus segera meluncurkan smartphone barunya ROG (Republic of Gamers) Phone 6 series di Indonesia, setelah pada Juli 2022 ponsel tersebut dirilis Asus secara global.