Tutup Iklan

Galaksi Mirip Tie Fighter dalam Star Wars Ditemukan

National Aeronautics and Space Administration atau NASA alias Badan Antariksa Amerika Serikat menemukan galaksi aktif yang terlihat mirip Tie Fighter.

 Gambar Galaksi TXS 0128 + 554 yang mirip pesawat milik Darth Vader dalam film Star Wars diambil dari laman Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Selasa (1/9/2020). (Nasa.gov)

SOLOPOS.COM - Gambar Galaksi TXS 0128 + 554 yang mirip pesawat milik Darth Vader dalam film Star Wars diambil dari laman Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Selasa (1/9/2020). (Nasa.gov)

Solopos.com, WASHINGTON D.C. — National Aeronautics and Space Administration atau NASA alias Badan Antariksa Amerika Serikat menemukan galaksi aktif yang jika dilihat dari kejauhan terlihat mirip dengan Tie Fighter. Itu adalah pesawat milik Darth Vader dalam film Star Wars.

Tie Fighter adalah pesawat luar angkasa Star Wars yang ikonik. Bentuknya yang unik adalah hasil dari dua pancaran partikel berenergi tinggi. Partikel-partikel ini bergerak hampir dengan kecepatan cahaya ke arah yang berlawanan, menciptakan penampilan seperti dua mesin jet pada pesawat tempur Tie.

Namun sebagaimana dilansir Nasa.gov, jarak galaksi yang dikenal dengan Galaksi TXS 0128+554 ternyata sangat jauh dari jangkauan manusia, mencapai 500 juta tahun cahaya.

Syarat Roro Jonggrang Awal Mula Candi Sewu di Dekat Jogja

Sebagaimana dilansir laman Dailymail, Galaksi TXS 0128+554 yang ditemukan di konstelasi Cassiopeia ini dianggap sebagai galaksi aktif. Galaksi ini memancarkan lebih banyak cahaya daripada bintang lainnya. Pancaran cahaya itu adalah energi ekstra yang dilepaskan dalam bentuk sinar Gamma, gelombang radio, dan sinar-X.

Para peneliti sebenarnya telah memperhatikan galaksi tersebut sejak tahun 2015. Tetapi, baru-baru ini, objrk itu bisa terlihat sangat dekat.

Lima tahun lalu, para peneliti telah mengidentifikasi Galaksi TXS 0128+554 menggunakan Teleskop Luar Angkasa Sinar Gamma Fermi NASA dan Observatorium Sinar-X Chandra untuk melihat lebih dekat galaksi tersebut.

Dua Serangan

Analisis emisi gelombang radio galaksi yang dilakukan para peneliti mengungkapkan bahwa Galaksi TXS 0128+554 telah mengalami dua serangan aktivitas dalam satu abad terakhir. Kedua serangan itu berjeda 40 tahun.

Para peneliti mengatakan bahwa galaksi TXS 0128+554 adalah sumber sinar Gamma yang redup. Meski demikian, belakangan hari ini, mereka bisa melihat dengan jelas keberadaan galaksi tersebut.

“Setelah pengumuman dari Observatorium Fermi, kami memperbesar satu juta kali lebih dekat di galaksi menggunakan antena radio Very Long Baseline Array’s dan memetakan bentuknya dari waktu ke waktu,” ungkap guru besar Universitas Purdue dan penulis utama studi Matthew Lister sebagaimana dikutip dari New York Post, Selasa (1/9/2020).

Gadis Indigo Ungkap Hantu Penghuni Pabrik Cerutu Jogja

“kali pertama saya melihat hasilnya, saya langsung mengira itu tampak seperti pesawat ruang angkasa tempur Tie Darth Vader dari Star Wars: Episode IV - A New Hope. Itu adalah kejutan yang menyenangkan. Tetapi kemunculannya di frekuensi radio yang berbeda juga membantu kami belajar tentang bagaimana galaksi aktif dapat berubah secara dramatis dalam waktu beberapa dekade," imbuhnya

Sebenarnya, Galaksi TXS 0128+554 bukan satu-satunya penemuan yang terkait dengan Star Wars. Pada Juni 2016 lalu, exoplanet [planet di luar tata surya] Kepler-1647b ditemukan 3.700 tahun cahaya dari Bumi.  Exoplanet Kepler-1647b adalah bagian dari sistem bintang ganda, mirip dengan planet Luke Skywalker, Tatooine. Tiga tahun kemudian, exoplanet LTT 1445Ab dan tiga bintangnya ditemukan.

Selain penemuan itu, pada tahun 2019 lalu, para peneliti juga menemukan exomoon [bulan di luar tata surya] vulkanik aktif pertama, sebuah benda angkasa menakutkan yang mengingatkan pada planet kecil Star Wars yang berapi-api. Mirip dengan planet Mustafar, planet fiksi dalam kisah Star Wars, di mana Anakin Skywalker [tokoh di film Star Wars] berubah menjadi Darth Vader.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Serem, Warga China Rela Uyel-uyelan untuk Beli iPhone 13

Warga China rela uyel-uyelan hingga kerumunan berebut antrean pembelian iPhone 13.

Surat Merger Indosat-Tri Sampai di Menkominfo, Sedang Dievaluasi

Surat permohonan merger Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia atau Tri sudah sampai di tangan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G Plate dan sedang dievaluasi oleh tim.

View Once, Fitur Baru WhatsApp Foto-Video Nongol Sekali Langsung Hilang

Foto dan video kiriman dengan fitur baru WhatsApp, View Once hanya bisa tampil sekali lalu menghilang.

Tokocrypto Gandeng BeKind Kembangkan Program TokoCare

Tokocrypto selaku pedagang aset kripto di Indonesia melebarkan fokusnya pada pengembangan ekosistem blockchain di Indonesia.

Akun Facebook Presiden Afghanistan Ashraf Ghani Diretas

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyatakan akun Facebook-nya di-hack atau diretas

Facebook Menunda Sementara Rencana Pengembangan Instagram Anak

Facebook menghentikan sementara rencana pengembangan Instagram untuk anak.

Besok Siang, Xiaomi Pad 5 Resmi Dijual

Xiaomi Pad 5 mulai dijual besok siang dengan harga nyaris Rp5 juta.

Waspada! Akun Bodong Mengatasnamakan IndiHome Gentayangan

IndiHome memberi peringatan akan potensi penipuan yang dilakukan oleh oknum dengan akun palsu di twitter.

WhatsApp Kembangkan Penggunaan Satu Akun Dioperasikan 2 HP

WhatsApp dikabarkan tengah mengembangkan pembaruan yang menjadikan satu akun bisa dioperasikan dengan dua HP.

Tampilan dan Fungsi Voice Note WhatsApp Bakal Berubah

Tampilan dan fungsi voice note WhatsApp bakal berubah, membuat pengguna bisa putar dulu baru kirim dan hindari salah kirim.

Cara Mudah Hindari Merasa Dimata-matai Google

Cara mudah mengubah setelan ponsel untuk menghindari merasa dimata-matai Google.

Resmi Dijual, iPhone Tuai Kritik pada Bagian Ini

iPhone 13 dan iPhone 13 Pro Max mendapat kritik pada kemampuan refresh rate aplikasi pihak ke tiga.

Huawei Luncurkan Tablet Edisi Anak Harga Rp2 Jutaan

Tablet khusus anak harga Rp2 jutaan diluncurkan oleh Huawei.

Terdampak Gangguan, Pelanggan IndiHome Dapat 2 Kompensasi

Telkom beri dua kompensasi untuk pelanggan IndiHome yang terdampak gangguan.

Perhatian: November, WhatsApp Blokir 53 Tipe HP

Daftar HP yang bakal diblokir awal bulan nanti.