Ilustrasi PNS menerima Gaji ke-13 (JIBI/Solopos/dok

Solopos.com, SUKOHARJO--Gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil (PNS) di Sukoharjo rencananya sudah bisa dicairkan Jumat (17/7/2014). Karena mekanisme pembayaran yang ditetapkan dari pemerintah pusat telah jelas.

“Mulai besok [hari ini] PNS sudah bisa mencairkan gaji ke-13, karena mekanismenya sudah jelas. Total gaji yang akan diberikan sekitar Rp40 juta untuk 10.000 PNS. Kami juga sudah memanggil bendara-bendara di SKPD sehingga telah diberitahukan ke ,” ujar Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Widodo ketika ditemui wartawan seusai mengikuti rapat Paripurna di Gedung DPRD Sukoharjo, Kamis (17/7/2014).

Menurut dia nominal gaji ke-13 yang rencananya diberikan ke para PNS senilai satu kali gaji bulan Juni. Karena itu besar gaji ke-13 yang akan diterima masing-masing PNS berbeda tergantung golongan atau besar gaji bulanan yang mereka terima.

Namun dibanding besar gaji ke-13 yang diterima PNS tahun lalu, mominal yang mereka terima tahun dinilai lebih besar. Karena tahun ini PNS ada rapelan kenarikan gaji.

Dia menjelaskan pemberian gaji ke-13 telah direncanakan dalam Undang-Undang nomor 23 tahun 2013 tentang APBN 2014. Sebagai pelaksanaannya pemerintah pusat telah menetapkan Peraturan Pemerintah (PP) No 53 tahun 2014.

Sementara itu Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya mengaku ikut bergembira. Karena dengan telah jelasnya ketentuan dari pemerintah pusat pihaknya bisa membagikan gaji ke-13 dengan tenang.

“Sebenarnya pemerintah daerah itu asal aturan jelas dan ada dasarnya pasti pemberian gaji ke-13 seperti ini segera dikeluarkan. Kami juga tidak mau menunda-nunda, jika aturan telah jelas. Tetapi kalau dasar aturan belum jelas ya kami tidak berani. Alhamdulillah informasi dari DPPKAD, mereka [PNS] besok [hari ini] dapat gaji ke-13,” ujar dia.

Secara terpisah salah seorang PNS di Sukoharjo, Suratno B mengaku senang dapat gaji ke-13. Karena dengan demikian gaji tersebut akan bisa digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga.

“Apalagi sekarang ini kan mendekati Lebaran, sehingga kebutuhan rumah tangga kami juga meningkat. Karena itu saya sebagai PNS golongan II tentu senang sekali menerima gaji ke-13 ini,” papar dia.

Dia menjelaskan sebelunya tak mengira gaji ke-13 yang ditunggu-tunggu bisa cair. Sebab sebelumnya kabar tersebut dinilai tidak jelas.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten