Flyover Purwosari Dibangun, Ini Pengalihan Rute Bus dari Wonogiri-Sukoharjo
Pertigaan depan Stasiun Purwosari macet setelah adanya pengalihan arus lalu lintas dampak penutupan perlintasan sebidang Manahan untuk proyek flyover, Senin (12/3/2018). (Syifaul Arifin/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, SUKOHARJO – Kawasan rawan macet di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, sebagai imbas pengalihan arus lalu lintas proyek pembangunan Flyover Purwosari meluas. Wilayah Bundaran Dlopo-Langenharjo, Kadilangu, hingga Baki diprediksi ikut terdampak kemacetan.

Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo mengimbau pengguna kendaraan pribadi menghindari kawasan tersebut. Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Sukoharjo, Ahmad Saryono, mengatakan sesuai hasil koordinasi bersama Dishub Solo dan instansi terkait lainnya telah disepakati pengalihan arus lalu lintas selama proyek Flyover Purwosari berjalan.

Pengalihan arus lalu lintas disepakati kawasan Makamhaji atau sepanjang Jl. Slamet Riyadi, Kartasura, hanya dilalui kendaraan pribadi mobil dan roda dua. Baik dari wilayah Pajang, Laweyan menuju Jl. Slamet Riyadi, Kartasura.

Tetapi, kendaraan berat pabrik yang berada di kawasan Kartasura mendapat pengecualian, diperbolehkan melintas di Jl. Slamet Riyadi, Kartasura. Pengalihan arus ini guna memecah kepadatan lalu lintas di kawasan Tugu Lilin serta Underpass Makamhaji.

Sementara bus AKDP dari Wonogiri/Sukoharjo menuju Terminal Tirtonadi Solo akan dialihkan dari Jembatan Bacem ke Gemblegan, kemudian melintasi kawasan perkotaan Solo. Sedangkan kendaraan berat seperti truk akan dialihkan dari jembatan Bacem ke Langenharjo, Dlopo lalu Kadilangu hingga Baki dan Pakis, Klaten.

Flyover Purwosari Solo: Disepakati, Ini Jalur Pengalihan Truk dan Bus AKAP dari Wonogiri

"Pengalihan arus lalu lintas ini akan diberlakukan sekitar awal Februari nanti. Kepastiannya masih menunggu koordinasi lanjutan dengan Dishub Solo," kata dia saat dijumpai di ruang kerjanya, Jumat (10/1/2020).

Dia mengatakan, pengalihan arus lalu lintas yang ditetapkan berubah dari rencana sebelumnya melewati Makamhaji. Secara otomatis kawasan kerawanan kepadatan lalu lintas pun meluas tidak hanya di Tugu Lilin dan Underpass Makamhaji, melainkan ke wilayah lain. Seperti bundaran Dlopo-Langenharjo, Kadilangu dan Pasar Baki.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho