SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pertandingan Basket (Solopos)

Solopos.com, BANDUNG — Manajemen Indonesian Basket League (IBL) resmi menghentikan sementara laga IBL dalam satu pekan ini. Hal itu setelah beberapa pemain dan wasit terpapar Covid-19.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, dalam keterangan resminya, Kamis (3/2/2022) mengatakan penghentian itu merupakan langkah preventif untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Opsi mitigasi yang diambil oleh managemen dengan mengistirahatkan pertandingan pada seri kedua IBL Tokopedia 2022 sesuai dengan prosedur yang telah disusun sebelumnya.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

“Laga pekan ini, Kamis hingga Sabtu 5 Februari 2022 kami putuskan untuk tidak mempertandingkan game sebagai upaya menghentikan penyebaran virus Covid-19,” kata dia.

Baca Juga: Duh! Seluruh Laga IBL Hari Ini Ditunda, Ini Gara-Garanya

Beberapa pemain mendapatkan hasil positif saat dilakukan PCR berkala. Bahkan hasil serupa juga diterima oleh enam orang wasit yang bertugas pada seri kedua IBL Tokopedia 2022 di C’Tra Arena Bandung Sabtu yang semula dijadwalkan 29 Januari-5 Februari 2022. Tes berkala ini dilakukan ditengah periode sebagaimana juga prosedur yang dilakukan terhadap seri sebelumnya

“Meskipun terdapat kasus positif, personel yang sehat sejauh ini lebih banyak dan terdapat juga personil yang awalnya positif telah sembuh dengan hasil negatif. Mengingat musim kompetisi masih panjang, sementara ini demi mencegah dan menghentikan penyebaran, sisa pertandingan seri kedua kami istirahatkan,” tegas Junas.

Mitigasi

Menurutnya langkah mitigasi seperti itu memang harus dilakukan. Manajemen telah melakukan karantina, isolasi, dan pengawasan kepada mereka yang memperoleh hasil positif.

Panudju sebagai tim dokter pendamping penyelenggara, mengatakan selain mitigasi itu, IBL juga membuat rencana untuk memperpanjang seri Bandung sebagai upaya melanjutkan sisa pertandingan.

Sebelumnya, hasil positif lewat tes PCR Covid-19 pada beberapa pemain dari klub Dewa United Surabaya, Bumi Borneo Basketball Pontianak , dan Satria Muda Pertamina, membuat ketiga tim tersebut harus memasuki fase tes ulang PCR.

Baca Juga: Menanti Duel Tim Raffi Ahmad vs Tim Gading Marten di IBL 2022

Mereka yang terpapar Civid-19 berdasarkan hasil tes PCR pada 1 Februari 2022 yakni Dio Tirta dan Kaleb Ramot Gemilang asal Dewa United, Arion Thio dan Raymond Shariputra dari Bumi Borneo, serta Antoni Erga, Avan Seputra, dan Laurentius Steven Oei dari Satria Muda.

“Semua ini harus kami lakukan sesuai dengan pedoman protokol kesehatan dan prosedur mitigasi yang telah IBL tetapkan,” kata Dr. Panudju.

IBL telah menetapkan protokol kesehatan dan standar operasional prosedur yang sangat ketat untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya