SOLOPOS.COM - Es teh plastikan. (Twitter)

Solopos.com, SOLO – Warung sederhana yang menjual es teh di dekat Puskesmas Purwodiningratan, Jebres, Solo, viral di media sosial. Menurut sejumlah netizen, rasa es teh yang dijual di warung sederhana itu sangat menyegarkan.

Tak ayal, pembeli pun rela antre demi menikmati kesegaran es teh seharga Rp2.500 tersebut. Dalam foto viral yang dibagikan admin akun Instagram @agendasolo, Senin (18/11/2019), es teh yang dijual di warung tersebut jika dibungkus volumenya sangat banyak.

Promosi Layanan Keuangan Terbaik, BRI Raih 3 Penghargaan Pertamina Appreciation Night

Sama seperti warung lainnya, es teh tersebut dikemas dalam plastik sekilogram gula. Tinggi volumenya nyaris tiga perempat plastik. Selain volume yang banyak, es teh itu digemari karena rasanya yang berbeda dan diklaim sangat lezat.

Meski demikian, menurut netizen setiap daerah tentu punya warung es teh andalan masing-masing. Seperti pemilik akun @lindapuspitasari22 yang menyebut es teh di warung dekat RSUD Ngipang, Solo, juga terkenal lezat. Bahkan harganya jauh lebih murah dari yang dijual di kawasan Purwodiningratan.

“Kayaknya setiap area punya andalan es teh min. Di daerahku arah RSUD Ngipang itu ada perempatan jamu (sate Mbak Erna) itu juga jualan es teh sampai antrenya bikin malas. Tapi aku juga tetap antre. Mantap Rp2.000. Lumanyan buat referensi kalau pas main ke daerah sini,” komentar @lindapuspitasari22.

“Di belakang UNS juga ada min. Di belakang gang Kabut pas. Sebelah toko roti hayati, Rp2.500 tapi banyak banget,” imbuh @_dirasalma.

Sejumlah netizen punya selera berbeda soal es teh. Mereka pun menceritakan rasa es teh yang disukai lewat kolom komentar. “Manis, kental, banyak hampir tumpah-tumpah, langgananku,” komentar @putriivinda.

“Teh di Solo itu aku percaya wasgitel (wangi, sepat, manis, kental),” imbuh @winname_09.

“Aku paling suka es teh yang enggak terlalu manis dan kental, dan wangi, pokonya enak banget kalau yang kayak gini,” sambung @emha.gazali.

Seperti diketahui, segelas es teh berisi air seduhan teh yang diberi gula dan es batu. Takaran teh yang diseduh, jenis teh, dan temperatur air menjadi penentu kelezatan teh. Bagi yang suka teh manis, takaran gula juga sangat penting.

Jika es teh terlalu manis biasanya akan terasa tidak nyaman di tenggorokan. Sementara jika gulanya sedikit atau bahkan tak dibubuhi gula akan terasa pahit. Dan kurang disukai sebagian pencinta es teh manis.

Selanjutnya, porsi es batu yang dimasukkan ke dalam air seduhan teh juga sangat penting diperhatikan. Air seduhan teh semestinya kental dan punya rasa manis yang pas. Sebab, penambahan es batu ke dalamnya akan menambah volume air teh. Sebab, es batu bakal mencair dan memengaruhi rasa teh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya