SOLOPOS.COM - Emmeril Khan Mumtadz alias Eril, anak sulung Ridwan Kamil. (Instagram/@emmerilkahn)

Solopos.com, SOLOEmmeril Khan Mumtadz alias Eril, anak Ridwan Kamil, sempat berteriak meminta tolong ketika terbawa arus di Sungai Aare di Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022.

Hal tersebut diungkap oleh juru bicara (jubir) keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman. Dia mengatakan Eril berada di posisi paling belakang setelah sang adik dan temannya naik ke daratan.

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

Setelah dua orang lainnya naik, Eril terbawa arus Sungai Aare dan berteriak help atau meminta tolong. Mendengar hal tersebut, keluarga Eril langsung mendekat ke arah sungai. Ternyata suara teriakan Eril juga terdengar oleh warga sekitar.

Baca Juga: Segini Kedalaman Sungai Aare, Lokasi Hilangnya Eril Anak Ridwan Kamil

“Eril memastikan yang lain sampai daratan terlebih dahulu. Setelah itu, ada situasi arus yang tak bisa dikendalikan. Mental, fisik siap, tapi ada sesuatu hal yang di luar pikiran manusia. Kebetulan di hari itu debit air lebih tinggi dibanding hari-hari biasanya. Eril berteriak help dan keluarga berlari mencari. Ternyata teriakan help juga terdengar warga,” kata dia saat jumpa pers di hadapan awak media yang disiarkan langsung Kompas TV, Sabtu (28/5/2022).

Elpi mengatakan Eril, anak Ridwan Kamil diketahui melakukan beragam persiapan sebelum berenang di Sungai Aare di Swiss itu. Bahkan, dia juga memutuskan siapa saja yang boleh turun dan berenang ke sungai.

Baca Juga:  Banyak yang Mengundurkan Diri, Memang Berapa Gaji CPNS 2022?

“Dia mencari titik mana yang paling aman. Beberapa titik diperhatikan bahkan titik di jembatan langsung dicoret. [Eril] juga memastikan titik turunnya ada tangganya. Selanjutnya dia memastikan tidak loncat ke sungai, turunnya perlahan,” tambah dia.

Dia juga mengklaim keponakannya tersebut memiliki rasa tanggung jawab besar karena mengambil posisi paling belakang dan memastikan yang lain berada di posisi aman.

Baca Juga:  Kahiyang Ayu Hamil Anak Ketiga, Jokowi Bakal Nambah Cucu Lagi Nih

“Eril memastikan siapa yang layak turun dan tidak turun. Eril mengatur yang boleh turun tiga orang. Kami yakin rasa tanggung jawab beliau kelihatan mengambil posisi paling belakang karena memastikan semua dalam kondisi safety,” ujar dia.

Hingga sekarang, pihak otoritas di Swiss masih melakukan pencarian kepada Eril, anak Ridwan Kamil yang terbawa arus Sungai Aare pada Kamis lalu.

Baca Juga:  Ini Momen Gibran Dampingi Jokowi Kunjungan ke Solo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya