Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 Solopos Dimulai, Tim Dilepas Sekda Solo

Perjalanan Tim Ekspedisi Ekonomi Digitla 2021 Solopos dimulai hari ini dari Balai Kota Solo menuju Kabupaten Semarang, Salatiga, hingga Jakarta. Tim akan memotret perembangan ekonomi digital di daerah yang disinggahi.

 Seremoni pelepasan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pagi. Di kesempatan tersebut, tim ekspedisi dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani. (Solopos.com/Ponco Suseno)

SOLOPOS.COM - Seremoni pelepasan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pagi. Di kesempatan tersebut, tim ekspedisi dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani. (Solopos.com/Ponco Suseno)

Banner Ekspedisi Ekonomi Digital 2021

PromosiHippermoralitas di Balik Penganiaya Lansia Hingga Meninggal di Jakarta

Solopos.com, SOLO — Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Ahyani, melepas Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 di Balai Kota Solo, Sabtu (4/12/2021) pagi. Nantinya, Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 bakal menjelajahi sejumlah kota untuk memotret transformasi digital yang terjadi di wilayah tersebut.

Seremoni pelepasan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 dihadiri sejumlah undangan. Selain Sekda Kota Solo, hadir pula Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo dan sejumlah perwakilan sponsor.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 yang diselenggarakan Solopos Media Group ini didukung beberapa sponsor. Yakni BNI, Mitsubishi Motors, Universitas Terbuka Surakarta, Candi Elektronik, Artugo, Galeri 24, Prodia, XL Axiata, dan Gojek.

Baca Juga: Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, 6 Hari Tim Solopos Jejalahi 5 Kota

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021 berlangsung selama enam hari, Sabtu-Kamis (4-9/12/2021). Tim ini akan berkeliling ke sejumlah daerah dari Solo hingga Jakarta. Tim mengawali perjalanan dengan rute Balai Kota Solo-Kabupaten Semarang-Salatiga-Kota Semarang-Jakarta. Tim ekpedisi akan menjelajahi daerah-daerah tersebut menggunakan mobil Mitsubishi Xpander.

“Kota Solo menjadi titik awal [ekspedisi]. Semoga menjadi berkah. Semoga dalam perjalanan banyak input atau masukan untuk pengembangan ekonomi digital ke depan,” kata Ahyani mewakili Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di sela-sela seremoni pemberangkatan Tim Ekspedisi Ekonomi Digital 2021.

Presiden Direktur Solopos Media Group, Arief Budisusilo, mengatakan keberadaan ekonomi digital telah membuat perekonomian di Indonesia tetap survive di tengah pandemi Covid-19. Solopos Media Group menggagas ekspedisi kali ini guna melihat langsung kondisi riil transformasi digital di tengah masyarakat. Ekonomi digital sudah menjadi keharusan.

Baca Juga: Berhadiah Motor Sport, Ini Syarat Daftar Lomba Foto Astra 2021

“Dalam beberapa kesempatan, Pak Wali, Mas Gibran [wali kota Solo], mengatakan ekonomi digital ini bukan pilihan. Tapi keharusan. Saya bukan 100 persen setuju, 1.000 persen sangat setuju. Saya percaya, Solo bukan hanya barometer politik, pendidikan. Tapi juga menjadi barometer perkembangan ekonomi digital ke depan,” katanya.

KPw BI Solo, Nugroho Joko Prastowo, mengatakan ekonomi digital memiliki potensi luar biasa. Hal itu diakselerasi dengan kondisi di tengah pandemi Covid-19. Pola berjualan di era sekarang perlu dilengkapi ekonomi digital.

“Digitalisasi tak akan mundur. Tapi menjadi kebutuhan dan gaya hidup,” katanya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

+ PLUS Pemerintah Yakin Nasib Restrukturisasi Garuda akan Berakhir Baik

Pemerintah yakin proses restrukturisasi PT Garuda Indonesia Tbk. lewat payung hukum perpanjangan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) akan berakhir baik seperti Philippine Airlines.

Kasus Meningkat, Varian Omicron akan Pengaruhi Ekonomi Indonesia?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mewaspadai peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron yang berpotensi memengaruhi kinerja ekonomi kuartal I-2022.

Embrio, Strategi BRI Ciptakan Talenta Digital Inovatif dan Tangguh

Melalui program Embrio ini, diharapkan muncul ide-ide ‘radikal’ dari Insan BRIlian yang dapat menjadi solusi untuk pertumbuhan bisnis BRI. 

Utang RI Paling Terkendali, Ini Perbandingannya dengan Negara Lain

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan defisit fiskal dan utang Indonesia selama pandemi termasuk yang paling terkendali dan produktif.

Demi Fokus ke Lima Unit Bisnis, Unilever akan PHK 1.500 Karyawan

Unilever akan merampingkan model usahanya menjadi 5 unit bisnis. Hal ini berimbas pada pengurangan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.500 karyawan secara global.

Naik Lagi Nih! Cek Harga Emas di Pegadaian 27 Januari 2022

Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (27/1/2022) ini terpantau naik untuk emas Antam dan UBS ukuran tertentu.

Tren WFH Meningkat, Omzet Perusahaan Parkir Anjok

Terdapat kendala pemulihan omzet dan volume parkir lantaran perilaku masyarakat yang sudah terbiasa bekerja dari rumah selama pandemi ini.

Indonesia Punya Potensi Logam Paling Langka di Dunia!

Potensi logam tanah jarang di Indonesia terbilang menjanjikan jika melihat potensi yang masih tersimpan dan belum tereksplorasi.

Dikukut Polisi, Ruko di Jakut Jalankan 14 Aplikasi Pinjol Ilegal

Zulpan juga mengungkapkan perusahaan operator pinjol ilegal tersebut juga melakukan penagihan kepada nasabahnya dengan cara-cara yang melanggar hukum.

Persaingan Live Shopping Kian Sengit, E-Commerce Mana Paling Diminati?

Pendekatan live shopping menggunakan paltform media sosial diprediksi mengalami peningkatan ke depan dan akan makin banyak diadopsi oleh penyedia platform media sosial.

Buka 6 Cabang, Burjo Ambucuy Raih Omzet Puluhan Juta Rupiah Per Bulan

Warung makan yang buka 24 jam ini juga sering menjadi tempat mahasiswa atau pelajar untuk mengerjakan tugas. Oleh karena itu, burjo sering ditemui di kawasan sekitar sekolah dan kampus.

Live Shopping Tingkatkan Kunjungan Toko Online 200 Kali Lipat Lebih

Strategi live shopping yang diadopsi oleh para e-commerce, diklaim mampu tingkatkan kunjungan toko para mitra.

Tanoto Foundation Kukuhkan 172 Mahasiswa Penerima Beasiswa TELADAN

Tanoto Foundation sangat peduli dengan upaya peningkatan kapasitas kepemimpinan di kalangan generasi muda melalui program Beasiswa TELADAN.

Mantap! BRI Berikan Beasiswa Kuliah S2 untuk 36 Wartawan

Sebanyak 972 wartawan dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri dalam ajang BRI Fellowship Journalism yaitu beasiswa kuliah S2 di PTN.

Jalan Putus Seusai Longsor, PLN Cepat Pulihkan Listrik di Pekalongan

Pascabencana longsor di Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, PLN segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan BPBD untuk mempercepat pemulihan aliran listrik.