SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) kembali menuntaskan akuisisi kepemilikan blok minyak dan gas bumi di luar negeri. Kali ini, Pertamina melalui anak usahanya, Pertamina Irak Eksplorasi dan Produksi, menyelesaikan akuisisi 10% hak partisipasi (participating interest) Blok West Qurna 1 di Irak milik Exxon Mobil Iraq Limited.

Karen Agustiawan, Direktur Utama (Dirut) Pertamina, mengatakan akuisisi itu merupakan upaya perusahaan dalam mewujudkan visinya yang ingin menjadikan Pertamina sebagai perusahaan energi kelas dunia. Ekspansi itu juga dilakukan untuk memperkuat ketahanan energi yang berkelanjutan di dalam negeri.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Aksi korporasi ini adalah langkah strategis untuk memperluas bisnis di luar negeri, khususnya di negara yang memiliki sumber migas yang melimpah seperti Irak,” katanya melalui siaran pers di Jakarta, Sabtu (30/11/2013).

Selain menjual kepemilikan Blok West Qurna 1 ke Pertamina, Exxon Mobil juga menjual 25% participating interest blok itu ke Petro China Co. Dengan begitu, saat ini Exxon Mobil yang tetap menjadi operator hanya memiliki 25% kepemilikan dari yang sebelumnya 60%. Sedangkan 25% kepemilikan lainnya dimiliki South Oil Company, dan 15% sisanya dimiliki Shell West Qurna BV.

Blok West Qurna I yang berlokasi di dekat Basra, Irak bagian selatan diketahui memiliki produksi sekitar 500.000 barel per hari. Dengan akuisisi 10% kepemilikannya, maka Pertamina akan memperoleh bagian 50.000 barel per hari.

Akan tetapi, dalam beberapa waktu ke depan produksi West Qurna 1 diperkirakan bisa mencapai lebih dari 1 juta barel per hari. Apalagi, cadangan minyak West Qurna diketahui sekitar 9 miliar barel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya