SOLOPOS.COM - Habib Hasan Mulachela menyerahkan bantuan beras lima kilogram kepada warga Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (31/12/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Tokoh masyarakat yang juga eks politikus Kota Solo, Habib Hasan Mulachela, mengawali 2021 dengan aksi sosial bagi-bagi beras kepada warga wilayah RT 004 dan RT 005, RW 002, Kampung Baru, Kecamatan Pasar Kliwon, Jumat (1/1/2021) siang.

Eks anggota DPRD Solo dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga mengingatkan warga yang ia temui agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan memakai sabun.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dengan seruan terus menerus, Hasan berharap masyarakat selalu ingat untuk menjalankan protokol kesehatan. “Diberi tahu terus menerus agar nempel di otak. Pada tahun baru ini mudah-mudahan penuh semangat baru,” ujarnya.

2 Kelompok Warga Kecamatan Sukoharjo Bentrok, 3 Bulan Baru Berdamai

Lokasi pembagian beras eks politikus itu hanya berjarak sekitar 100 meter dari Jl Slamet Riyadi dan 300 meter dari Kompleks Balai Kota Solo. Di wilayah itu dia mendapati masih ada sejumlah warga tidak mampu yang membutuhkan uluran tangan.

“Kehidupan mereka perlu bantuan, perlu pemikiran dari Wali Kota yang baru. Saya jalan ke beberapa kampung, Wali Kota baru harus memberi perhatian kepada mereka. Kasihan mereka miskin, susah, harus dibantu,” sambung Hasan.

Bantuan yang ia maksud tidak semata sembako, tapi bisa juga berupa permodalan untuk mengembangkan usaha. Sebab di antara warga tidak mampu itu ada yang sudah mempunyai usaha kecil-kecilan untuk keluarga.

Total Kasus Covid-19 Boyolali Capai 3.214 Orang, Masuk Zona Oranye

Bantuan Modal

“Bisa dibantu modal agar bisa jualan, juga dibantu bagaimana bisa mengakses pasar. Kita lihat tadi ada yang jual bandeng. Itu kan sesuai kemampuan Wali Kota baru. Perlu ketekunan Mas Gibran. Menjadi tantangan dia,” urainya.

Sehari sebelumnya, Kamis (31/12/2020), eks politikus Solo itu juga membagikan beras di Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon. Di wilayah itu dia dibuat menangis batin lantaran menemukan warga yang masih mengonsumsi nasi aking atau nasi sisa.

Warga itu bernama Rakinem, warga RT 002/RW 001 Sangkrah. Perempuan itu ditemui Hasan ketika menjemur nasi. Nasi aking itu akan dikonsumsi dia Kamis malam.

Rugikan Negara Rp150 Juta, 4 Pelaku Illegal Logging di Wonogiri Diringkus

Tapi berhubung mendapat beras rakinem urung mengonsumsi nasi aking. “Terima kasih sekali untuk Habib Hasan telah memberi bantuan beras,” katanya.

Siang itu Hasan membagikan ratusan kemasan beras ukuran lima kilogram. Kegiatan itu sudah sering ia lakukan sepanjang 2020 dan berlanjut tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya