SOLOPOS.COM - Kondisi ruang sekolah SDN 1 Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar yang hancur akibat talud yang longsor Sabtu (9/5/2020). (Istimewa/Sukarelawan Bencana Ngargoyoso)

Solopos.com, KARANGANYAR — SDN 1 Berjo di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, seolah jadi langganan korban longsor. Lokasinya yang berada di samping talut lapangan  yang posisinya lebih tinggi menjadi penyebab.

Pada Selasa (19/4/2022), tembok ruangan kelas dan ruangan perpustakaan SD negeri itu berlubang besar karena Jebol diterjang material longsor. Bencana ini terjadi setelah hujan deras menggguyur Ngargoyoso.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Untungnya, saat itu kondisi sekolah sudah kosong karena sudah sore. Siswa dan guru sudah pulang. Jebolnya tembok kelas dan perpustakaan, membuat kedua ruangan itu untuk sementara tak bisa digunakan.

“Kalau yang sekarang sampai ada ruangan yang jebol, sedangkan sebelumnya longsor dari talut lapangan hanya menimpa area parkir,” kata Camat Ngargoyoso, Wahyu Agus Pramono, Selasa.

Baca Juga: Talut Lapangan Longsor Lagi, Kini Jebol Tembok SDN 1 Berjo Ngargoyoso

Sebelum ini, SDN 1 Berjo juga terkena longsor talut lapangan. Kejadiannya pada 14 Februari 2022 lalu. Juga disebabkan hujan deras. Material longsor sempat masuk ke lingkungan sekolah namun tidak sampai menjebol tembok.

Dua tahun sebelumnya, tepatnya pada 9 Mei 2020, longsor lumayan parah menerjang SDN 1 Berjo. Data yang dihimpun Solopos.com. talut Lapangan Tagung, Desa Berjo, sepanjang 13 meter dan tinggi 3 meter pernah longsor. Dampaknya, ruang guru roboh.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Tetapi, SDN 01 Berjo mengalami kerugian, yakni dua ruang guru roboh. Ruang pertama dan kedua berukuran panjang 8 meter, lebar 7 meter, dan tinggi 3,5 meter. Talut lapangan Desa Berjo roboh dan menimpa tembok bagian belakang sekolah.

Baca Juga: Talut Lapangan Desa di Karanganyar Longsor Lagi, SDN 01 Berjo Terdampak

Bila tidak ada upaya penanganan lebih lanjut dari instansi terkait, tampaknya bencana longsor akan terus terjadi saat musim hujan berlangsung dengan intensitas tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya