SOLOPOS.COM - Tembok dua ruangan di SDN 1 Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, jebol diterjang longsor. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Gedung SDN 1 Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, kembali terkena longsor, Selasa (19/4/2022). Longsor berasal dari bangunan talut lapangan yang berada di samping sekolah tersebut.

Sebelumnya, sekolah ini juga terkena bencana yang sama pada Senin 14 Februari 2022 lalu. Kali ini longsor menjebol tembok dua ruang sekolah, yakni ruang kelas dan ruang perpustakaan. Selain itu, material longsor dan air juga masuk ke ruangan-ruangan tersebut. Beruntung peristiwa ini terjadi sore hari di saat siswa dan guru sudah pulang sekolah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Camat Ngargoyoso, Wahyu Agus Pramono, mengatakan sebelum longsor terjadi, hujan mengguyur kecamatannya dengan intensitas tinggi. Luapan air hujan membuat tanah di lapangan samping sekolah itu longsor. “Sebelumnya memang hujan deras sehingga menyebabkan talut longsor dan mengenai bangunan SD. Dua ruangan yang jebol,” ujarnya.

Baca Juga: Talut Lapangan Desa di Karanganyar Longsor Lagi, SDN 01 Berjo Terdampak

Wahyu mengatakan dampak longsor kali ini lebih berat dibandingkan sebelumnya. “Kalau yang sekarang sampai ada ruangan yang jebol, sedangkan sebelumnya longsor dari talut lapangan hanya menimpa area parkir,” imbuhnya.

Warga bersama sukarelawan bergotong royong membersihan lokasi longsor menggunakan alat berat. “Sampai saat ini [menjelang waktu salat Magrib] pembersihan masih berlangsung,” imbuhnya.

Jika pembersihan hari ini belum selesai, dimungkinkan siswa yang ruangannya terimbas akan diliburkan dulu sekolahnya pada Rabu (20/4/2022).

Baca Juga: Diterjang Longsor, Ruang Guru SD Negeri di Ngargoyoso Karanganyar Roboh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya