SOLOPOS.COM - Perpustakaan Daerah Klaten. (Klatenkab.go.id)

Solopos.com, KLATEN – Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Jawa Tengah atau KIPP Jateng 2020 yang diikuti 35 kabupaten/kota di Jateng, meloloskan 20 inovasi terbaik dalam “Top 20 inovasi”. Selanjutnya inovasi ini akan diuji menjadi inovasi terbaik untuk mewakili Jateng ke Tingkat Nasional.

Kabupaten Klaten berhasil meloloskan dua inovasi. Yakni Program Titip Bandaku alias Titip Berkas Arsip Digitalku persembahan Dinas Arsip dan Perpustakaan. Serta satu lagi Si Pakde Difa alias Sistim Pembelajaran Kebencanaan E-learning Bagi Difabel karya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten.

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

Inovasi Titip Bandaku dan Si Pakde Difa telah berhasil menyingkirkan 188 proposal inovasi melalui proses seleksi administrasi. Kebetulan kedua inovasi ini mengambil tema mitigasi kebencanaan. Kalau Titip Bandaku menekankan mitigasi arsip vital warga di daerah rawan bencana, sedang Si Pakde Difa mengutamakan akses keselamatan bagi kaum difabel.

Panen Padi Berlimpah, Warga Sidowayah Klaten Uri-Uri Tradisi Wiwitan

Kepala Arsip Dan Perpustakaan Kabupaten Klaten Syahruna, SH. (Humas Setda Klaten)

Kepala Sub Bagian Tata Laksana dan pelayanan Publik Bagian Organisasi Setda Klaten, Rahayu Purwanti menjelaskan bagi tim perancang inovasi untuk mempersiapkan uji presentasi dan wawancara .

Tim perancang inovasi bersiap untuk uji pendalaman KIPP Jateng 2020 di Semarang pada 3 Desember 2020 di Gedung B Lantai 5 Setda Provinsi Jawa Tengah.

Tingkatkan Nilai Produk Petani, LPPM UNS Bikin Janggelan Instan Wonogiri

Presentasi KIPP Jateng

“Presentasi dalam kompetisi ini durasinya 15 menit. Yakni 10 menit untuk presentasi mengenai invoasi tersebut dan 5 menit untuk pemutaran video kegiatan. Sedangkan wawancara selama 75 menit,” kata Rahayu Purwanti, Senin (30/11/2020).

Rahayu menambahkan bahwa pendampingan telah dilakukan Bagian Organisasi Setda Klaten, saat pendaftaran dan pengisian proposal. Inovator diberikan user untuk pengisian melalui aplikasi. Dalam aplikasi itu sudah ada petunjuk pengisiannya.

BPPTKG Prediksi Erupsi Merapi Bersifat Efusif Mirip 2006

“Kompetisi inovasi ini mensyaratkan minimal sudah berjalan selama satu tahun. Selanjutnya dari Top 20 inovasi KIPP Jateng ini akan diambil 10 besar. Kemudian akan menjadi milik provinsi Jawa Tengah. Disiapkan penghargaan dan hadiah pembinaan untuk pemenang,” imbuhnya.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya