SOLOPOS.COM - Menpora Zainudin Amali (kiri) bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kanan), Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan Dirut PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo (kedua kiri) memegang bola resmi Piala Dunia U20 2023 Indonesia saat meninjau kesiapan Stadion Manahan Solo di Jawa Tengah, Minggu (12/3/2023). Stadion Manahan dipersiapkan menjadi salah satu venue gelaran akbar Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. (Antara/Maulana Surya)

Solopos.com, SOLO – Tim inspeksi FIFA telah meninjau Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya dan Stadion Manahan Solo sebagai calon veneu Piala Dunia U20. Surabaya dan Solo menegaskan kesiapan mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

FIFA baru saja membatalkan drawing Piala Dunia U20 yang awalnya akan digelar di Bali pada 31 Maret 2023. Keputusan FIFA tersebut langsung memicu berbagai spekulasi terhadap kelangsungan Piala Dunia U20 di Indonesia.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, menyebut FIFA melakukan pengecekan beberapa fasilitas stadion.

“Pengecekan dilakukan berdasarkan hasil rekomendasi FIFA sebelumnya,” kata Wiwiek kepada wartawan.

Selain Stadion Gelora Bung Tomo, FIFA juga melakukan peninjauan lapangan A dan C yang akan dijadilan tempat latihan pada Piala Dunia U-20 2023. Fasilitas lain seperti ruang ganti pemain hingga ruang media turut diperiksa oleh FIFA.

Wiwiek  juga mengaskan Stadion Gelora Bung Tomo secara keseluruhan sudah siap menggelar Piala Dunia U-20 2023. Sejumlah fasilitas pendukung juga dipastikan berfungsi dengan baik.

“Kami juga memastikan kembali pintu masuk untuk suporter. Jadi, seperti itu tadi yang kami diskusikan,” ucap Wiwiek dalam keterangan resmi LOC

Di sisi lain FIFA juga telah melakukan pengecekan Stadion Manahan, Solo. Inspeksi terhadap venue pertandingan yang berada di Jawa Tengah itu dilakukan, Sabtu (25/3/2023).

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta, Rini Kusumandari mengatakan lima tim FIFA melakukan pengecekan terakhir dengan didampingi sejumlah pihak terkait. Sama seperti Surabaya, Stadion Manahan Solo juga siap menjadi tempat pertandingan Piala Dunia U20.

“Soal rumput stadion untuk lapangan pertandingan sudah aman dan tribune media sudah selesai juga. FIFA menyebut tak ada masalah. Tetapi rekomendasinya secara resmi belum disampaikan dari FIFA,” ujar Rini Kusumandari.

Delegasi FIFA yang terdiri 30 orang tiba di Stadion Manahan Solo sekitar pukul 11.00 WIB dan melakukan pemeriksaan kawasan stadion secara tertutup.

Dalam kunjungannya, FIFA memastikan kesiapan alur parkir di Stadion Manahan, serta proses penyampaian informasi yang dipastikan dalam kondisi aman dan siap.

Satu hal yang menjadi sorotan yaitu masalah pengamanan. Sehingga hal tersebut akan dirembug bersama antara FIFA, LOC, dan Inafoc yang nantinya akan dikeluarkan rekomendasi secara resmi sepekan ke depan.

Rombongan yang berjumlah total 50 orang itu kemudian meninjau empat lapangan pendukung, antara lain Banyuanyar, Kota. arat, Sriwedari, dan Sriwaru.

Keempat lapangan ini nantinya akan digunakan sebagai latihan tim peserta Piala Dunia U-20 2023.

Soal lampu di sekitar stadion yang sebelumnya dinyatakan kurang terang, kini panitia sudah menambah sejumlah titik penerangan. Satu di antaranya di area parkir.

Verifikasi tahap akhir dilakukan FIFA terhadap enam stadion penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 pada 21-27 Maret. Selain Bali, Surabaya, dan Solo, perwakilan otoritas sepak bola dunia tersebut juga melakukan penilaian ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang).

Karena sifatnya penilaian, FIFA melakukan verifikasi secara tertutup. Mereka tidak mengizinkan pihak-pihak di luar berkepentingan ikut dalam sesi kunjungan stadion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya