SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja menyelesaian pembuatan saluran drainase di Jl. Bakti, Kudus, Jawa Tengah, Senin (4/11/2019). (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, KUDUS — Pembangunan gorong-gorong atau saluran drainase secara serempak di 61 titik di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah diklaim mampu mereduksi potensi genangan banjir di daerah setempat hingga 60%. Sebagian wilayah Kudus langganan banjir setiap memasuki musim penghujan.

"Dengan adanya pembangunan saluran drainase hingga 61 paket kegiatan, tentunya semakin mengurangi jalan yang belum dilengkapi saluran drainase," kata Kepala Bidang Tata Bangunan dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kudus Harry Wibowo di Kudus, Jawa Tengah, Senin (4/11/2019).

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Ia mencatat hampir semua jalan kabupaten sudah dilengkapi dengan saluran drainase. Kalaupun masih ada jalan kabupaten yang belum ada saluran drainasenya, dia memperkirakan hanya tersisa 25%.

Sementara total panjang jalan kabupaten di Kudus mencapai 600-an km.  Untuk proyek pembangunan saluran drainase tahun ini jumlahnya mencapai 61 titik yang tersebar di sejumlah daerah di Kudus.

"Kami optimistis, dengan adanya saluran drainase yang baru maupun perbaikan saluran drainase yang lama bisa optimal dalam mengalirkan air hujan ke hilir," ujarnya.

Ia mencontohkan pembangunan saluran drainase di Jl. Gondangmanis dirancang untuk mereduksi potensi genangan yang selama ini sering terjadi dan mengakibatkan jalan cepat rusak karena air bisa langsung mengalir melalui saluran drainase.

Hal terpenting agar saluran drainase tersebut tetap berfungsi optimal, kata dia, masyarakat juga turut menjaga agar tidak sembarangan membuang sampah maupun limbah rumah tangga. "Saluran drainase hanya untuk menampung air hujan dan tidak boleh untuk tempat membuang sampah maupun limbah rumah tangga," ujarnya.

Untuk jalan kabupaten yang belum dilengkapi saluran drainase, katanya, sedang diupayakan melalui anggaran kabupaten maupun usulan melalui provinsi. Tahun 2019, kata dia, ada beberapa ruas jalan yang diusulkan untuk dilengkapi saluran drainase, seperti di Jl. Pramuka karena saluran drainasenya belum lengkap karena baru dibangun sebagian.

Ia berharap tahun mendatang akan didukung anggaran sehingga persentase jalan yang dilengkapi saluran drainase bisa semakin besar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya