Donasi Terkumpul Rp606 Juta, Alfian Siswa SMK Klaten Yang Tersetrum Listrik Saat PKL Bisa Beli Tangan Robotik?

Alfian, siswa SMK di Klaten yang tersetrum listrik hingga keduanya harus diamputasi saat PKL ingin membeli tangan robotik.

 Alfian Fahrul Nabila, 18, warga Dukuh Dalem, Desa Sawit, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, menerima hasil pengumpulan donasi dari para sukarelawan, Senin (12/4/2021). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Alfian Fahrul Nabila, 18, warga Dukuh Dalem, Desa Sawit, Kecamatan Gantiwarno, Klaten, menerima hasil pengumpulan donasi dari para sukarelawan, Senin (12/4/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN -- Penggalangan donasi untuk Alfian Fahrul Nabila, 18, siswa SMK di Klaten yang menjadi korban kecelakaan atau laka hingga kehilangan kedua tangannya saat praktik kerja lapangan atau PKL terkumpul Rp606.684.400.

Sesuai keinginannya sejak awal, Alfian akan memanfaatkan uang hasil donasi itu untuk membeli tangan robotik. Penggalangan donasi itu diinisasi oleh salah satu kerabat Alfian bersama teman-temannya.

Penggalangan bantuan untuk Alfian guna merealisasikan keinginan memiliki tangan robot itu bekerja sama dengan situs penggalangan donasi secara online. Uang hasil donasi diserahkan ke Alfian oleh sukarelawan disaksikan pemerintah desa di rumah Alfian, Dukuh Dalem, Desa Sawit, Gantiwarno, Klaten, Senin (12/4/2021).

Baca Juga: Kisah Pilu Alfian Pelajar SMK Klaten, 2 Tangannya Diamputasi Gara-Gara Kecelakaan Saat PKL

“Tidak menyangka bisa diperoleh donasi sebanyak itu. Kepada para donatur saya sangat berterima kasih serta semoga rezeki ditambah oleh Allah dan juga diberikan kesehatan serta kelancaran dalam bekerja,” kata Alfian, siswa SMK Klaten yang menjadi korban laka saat PKL di salah satu perusahaan itu.

Alfian mengatakan uang hasil donasi akan ia prioritaskan untuk membeli tangan robotik. Saat ini, pelajar kelas XII salah satu SMK di Klaten itu masih mencari informasi lokasi yang menjual serta harga tangan robotik.

Mencoba Contoh Tangan Palsu

“Untuk saat ini belum memesan [tangan robotik]. Kemarin pas terapi di Solo saya mencoba contoh tangan palsu di sana. Karena hanya contoh, jadi sensor agak kurang sensitif. Ini masih terus mencari informasi. Kemarin ada informasi ada di Jakarta, Tangerang, Undip, dan UGM,” jelas Alfian.

Baca Juga: Alhamdulillah! Donasi Untuk Alfian Pelajar Klaten yang 2 Tangannya Diamputasi Tembus Rp421 Juta

Alian mengatakan harga tangan robotik untuk sisi kanan paling murah Rp150 juta dan paling mahal sekitar Rp300 juta. Sementara harga tangan robotik sisi kiri jauh lebih mahal sekitar Rp1,9 miliar. “Saya prioritaskan untuk kanan dulu saja,” kata Alfian.

Mengenai sekolahnya, Alfian mengatakan sejak menjadi korban laka saat PKL beberapa waktu lalu, ia tetap melanjutkan pendidikan di salah satu SMK di Klaten. Pada Senin ia baru rampung mengikuti ujian sekolah.

Alfian tetap bertekad bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Belum lama ini ia mengikuti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNPMTN) di UNY dan Undip. Namun, Alfian tak lolos seleksi tersebut.

Baca Juga: Mudik Lebaran Dilarang, Polres Klaten Siapkan Langkah Ini Untuk Halau Pemudik

“Rencana tetap mendaftar ke UNY jurusan teknologi pendidikan. Kalau tidak [mendaftar] tahun ini ya tahun depan. Saya masih bingung mau kuliah dulu atau tangan robotik dulu,” ungkapnya.

Menjalani Terapi

Pelajar SMK di Klaten itu hingga kini terus menjalani terapi untuk memulihkan kondisinya setelah menjadi korban laka saat PKL beberapa waktu lalu. Sekali dalam sepekan Alfian mendatangi Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Prof Dr Soeharso Solo.

Sebagai informasi, Alfian merupakan pelajar jurusan teknik komputer jaringan salah satu SMK di Klaten. Alfian kehilangan kedua tangannya setelah mengalami kecelakaan saat PKL di salah satu perusahaan.

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Di Ponpes Ceper Klaten Tambah 20 Orang

Kecelakaan itu terjadi ketika Alfian memasang jaringan wifi. Saat memanjat genting, Alfian terjatuh dan pipa besi yang ia bawa menimpa kabel listrik hingga putra sulung pasangan Wagimin-Tri Ismani itu tersetrum.

Peristiwa itu membuat kedua tangan Alfian harus diamputasi. Peristiwa itu terjadi pada Maret 2020. Keluarga Alfian menegaskan sekolah dan perusahaan sudah bertanggung jawab atas kejadian itu.

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

Cuaca di Soloraya Panas Pol, Ini Sebabnya

Inilah penyebab cuaca di Soloraya terasa panas selama beberapa hari terakhir.

Tenggelamnya KRI Nanggala Diyakini Bukan Karena Human Error

KSAL Yudo Margono memupus spekulasi yang mengaitkan nahas kapal selam KRI Nanggala-402 dengan human error atau kesalahan manusia.

Modus Baru Terungkap di Solo, Narkoba Dibungkus Kemasan Permen untuk Kelabui Polisi

Satuan Reserse Narkotika Polresta Solo mengungkap 18 kasus perkara dengan 22 tersangka penyalahgunaan narkotika dalam satu bulan terakhir.

TNI Sebut KRI Nanggala-402 Sudah Tidak Bersuara, Apa Maksudnya?

KRI Nanggala-402 sudah tak lagi bersuara. Hanya sonar yang bisa mendeteksi keberadaan kapal selam tersebut.

Pengemis Muda Pura-pura Lumpuh Ditangkap di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Kantongi Uang Rp500.000

Seorang pengemis muda yang berpura-pura lumpuh dan ditangkap di Pasar Ir Soekarno mengantongi uang Rp500.000.

Menko Airlangga Sebut THR Perkuat Daya Beli Masyarakat, Ini Penjelasannya

Pemberian THR karyawan dan buruh pada Lebaran 2021 adalah upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi di Indonesia.

Jozeph Paul Zhang Pernah Jualan Komputer & Ber-KTP Salatiga

Polres Kota Salatiga turut melakukan penyelidikan terkait dugaan kasus penistaan agama Jozeph Paul Zang yang pernah tinggal di kota itu.

Warga Dengar Bunyi Klakson Panjang Saat 2 Truk Molen Tabrakan di Ngargoyoso

Warga di sekitar lokasi kejadian sempat meendengar bunyi klakson panjang sebelum dua truk molen kecelakaan di Ngargoyoso.

AJI Solo Gelar Webinar Soal Fakta & Mitos Vaksinasi Covid-19, Yuk Ikutan

AJI Kota Solo menggelar webinar yang mengulas seluk-beluk fakta dan mitos seputar vaksinasi.

Pemkot Jogja Akan Menerapkan Sistem Parkir Kompak, Apa Itu?

Pemkot jogja akan menata lahan parkir di tepi jalan umum. Ke depan, parkir akan dibuat dengan sistem kompak.

Bocah di Karangpandan Tenggelam Saat Mandi di Sungai

Bocah laki-laki warga Kampung Kidangan RT 002/ RW 006, Doplang, Karangpandan meninggal karena tenggelam saat mandi di sungai.

Agenda Bupati Karanganyar Selama Ramadan, Tausiah Pagi hingga Tarawih Keliling

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mempunyai sejumlah agenda khusus selama Ramadan. Agendanya sudah dimulai sejak hari pertama Ramadan, Selasa (13/4/2021).

MU Lolos ke Semifinal Liga Europa Seusai Berbesar Agregat atas Granada

Manchester United (MU) lolos ke semifinal Liga Europa seusai mempertegas agregat atas Granada lewat kemenangan 2-0

Tak Ada RT Zona Merah dan Oranye di Klaten, Kegiatan Ibadah Ramadan Bisa Digelar di Masjid

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri. Ibadah tak boleh di masjid jika di wilayah zona merah.

10 Tahun Terkatung-katung, Jagal Kartasura Segera Dieksekusi Hukuman Mati

Eksekusi hukuman mati terhadap jagal asal Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Yulianto bin Wiro Sentono tinggal didepan mata, setelah 10 tahun lamanya terkatung-katung.

Donasi Terkumpul Rp606 Juta, Alfian Siswa SMK Klaten Yang Tersetrum Listrik Saat PKL Bisa Beli Tangan Robotik?

Alfian, siswa SMK di Klaten yang tersetrum listrik hingga keduanya harus diamputasi saat PKL ingin membeli tangan robotik.