SOLOPOS.COM - Ilustrasi doa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Meski Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 masih satu tahun lagi, tidak ada salahnya umat muslim untuk berdoa meminta pemimpin yang adil dan baik dalam ajaran Islam.

Pemimpin merupakan sosok penting dalam kehidupan masyarakat. Maka dari itu, untuk menentukan sosok pemimpin yang baik perlu dilakukan dengan cermat dan mengetahui rekam jejak dan latar belakangnya.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Apalagi saat ini mendekati tahun-tahun politik. Berbagai pihak mulai mengampanyekan diri agar bisa terpilih di Pemilu 2024.

Selain berpikir dengan cermat, umat muslim juga dianjurkan membaca doa agar mendapatkan pemimpin yang baik dan adil. Terdapat beberapa doa yang bisa dibaca, yang dikutip Solopos.com dari situs resmi Nahdlatul Ulama (NU online) dan Muslimafiyah.com.

Doa Memohon Pemimpin yang Baik dan Adil Pertama

Allahumma inni a’udzubika min imratisshibyan was sufaha.

Artinya: Yaa Allah, sungguh kami berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan dari pemimpin yang bodoh.

Doa Memohon Pemimpin yang Baik dan Adil Kedua

Allahumma laa tusallith ‘alainaa bidzunubinaa man laa yakhafuka fiinaa wa laa yarhamunaa.

Artinya: Yaa Allah dikarenakan dosa-dosa kami, janganlah Engkau kuasakan (beri pemimpin) orang-orang yang tidak takut kepada-Mu atas kami dan tidak pula bersikap rahmah kepada kami.

Doa Memohon Pemimpin yang Baik dan Adil Ketiga

“Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.”

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya