SOLOPOS.COM - Peserta sesi ke-2 mengerjakan soal skolastik dalam UTBK SNBT di UPT TIK Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Senin (8/5/2023). (Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO — Sebelum mengerjakan soal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023, umat Islam bisa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan sehingga bisa lulus dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sesuai pilihan masing-masing.

UTBK merupakan ujian yang menjadi syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 pada PTN akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Pada 2023, tes untk masuk PTN ini digelar dalam dua gelombang, yakni gelombang I pada 8-14 Mei 2023 dan gelombang II pada 22-28 Mei 2023.

Nah, agar diberikan kelancaran dalam mengerjakan soal ujian dan lulus UTBK 2023, umat muslim bisa membaca doa yang ada di bawah ini, sebagaimana pernah diulas Solopos.com dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Rabbi yassir wa a’in wa laa tu ‘assir

Artinya: Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit. (Lihat Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr).

Selain itu, umat muslim juga bisa membaca doa ini agar lancar dan lulus ketika mengerjakan UTBK 2023.

Rabbis rahlii sadrii wayasirlii amri wahlul ‘uqdatam millisaanii yafqahuu qaulii

Artinya: Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusannku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

Selain itu, umat muslim juga bisa melakukan salat sunah dua rakaat dengan niat salat hajat, salat dua rakaat tahyatul masjid, atau salat sunah dua rakaat apa pun itu sebelum membaca doa agar diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal dan lulus UTBK 2023 berikut ini.

Laa ilaaha illallaahul haliimul kariimu, ‘azhiimul haliimu, laa ilaaha illallaahul ‘aliyyul ‘azhiimu. subhaana rabbil ‘arsyil ‘azhiimii, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah yang santun dan pemurah. Tiada Tuhan selain Allah yang maha tinggi dan agung. Mahasuci Allah, Tuhan Arasy yang megah. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (Syekh M Nawawi Banten dalam Nihayatuz Zain).

Lalu, bagi umat muslim yang memiliki hajat tertentu, termasuk ingin lulus UTBK 2023, bisa melanjutkan dengan membaca doa Rasulullah SAW berikut ini.

Laa ilaaha illallaahul haliimul kariim. Subhaanallaahi rabbil ‘arsyil kariimil ‘azhiim. Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin. As’aluka muujibaati rahmatik, wa ‘azaa’ima maghfiratik, wal ghaniimata min kulli birrin, was salaamata min kulli itsmin. La tada‘ lî dzanban illaa ghafartah, wa laa hamman illaa farrajtah, wa laa haajatan hiya laka ridhan illaa qadhaitahaa ya arhamar raahimiin.

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya