Ditopang E-Commerce, Total Belanja Iklan Capai Rp259 Triliun pada 2021

Apindo mengatakan belanja iklan atau advertising expenditure (Adex) yang mencapai Rp259 triliun pada 2021.

 Ilustrasi E Commerce

SOLOPOS.COM - Ilustrasi E Commerce

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B.Sukamdani mengatakan geliat belanja iklan atau advertising expenditure (Adex) yang mencapai Rp259 triliun pada tahun 2021 ditopang oleh kinerja e-commerce.

Konsekuensinya, pemulihan ekonomi hanya bersifat sektoral yang berada di sekitar ekosistem lokapasar daring tersebut.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

“Kalau dilihat dari riil impactnya kepada sektor itu memang naik, tetapi itu tidak mencerminkan untuk sektor lain yang tidak terkait dengan pola belanja yang sudah berubah,” kata Hariyadi melalui sambungan telepon, Rabu (19/1/2022).

Hariyadi mengatakan sektor yang tidak terkait dengan e-commerce relatif menunjukkan pemulihan yang stagnan sepanjang tahun 2021. Misalkan, dia mencontohkan, sektor ritel yang belum terhubung dengan sistem daring itu mengalami kinerja pemulihan yang relatif rendah.

Baca Juga: Jurus Jitu Xiaomi Bikin Kolaborasi Interface, Iklan dan Game

“Tidak serta merta dia mengalami kenaikan karena tadi terjadi perubahan pola belanja, yang tadinya offline sekarang online. Agregatnya sama saja sebenarnya,” kata dia.

Kendati demikian, dia mengatakan, peningkatan nilai belanja iklan itu menjadi sinyal pemulihan ekonomi yang masih berlanjut di tengah pandemi Covid-19. Sekalipun, angka itu tidak mencerminkan situasi keseluruhan sektor bisnis dalam negeri. “Memang sudah menunjukkan geliat pemulihan, trennya untuk 2022 itu pasti bagus,” tuturnya.

Sebelumnya, perusahaan riset data dan analitik Nielsen melaporkan total belanja iklan pada tahun 2021 mencapai Rp259 triliun atau naik sebesar 13 persen jika dibandingkan dengan tahun 2020. Torehan belanja iklan itu dihitung berdasarkan angka gross rate card di sejumlah media seperti TV, cetak, radio dan digital.

Baca Juga: Temukan 509 Iklan Rokok, Forum Anak Sukowati Mengadu ke Bupati Sragen

Product Lead Ad Intel & Outdoor Nielsen Tri Susanti Simangunsong mengatakan jasa daring seperti e-commerce, transportasi daring, pembayaran hingga travel agent daring mencatatkan belanja iklan lebih dari Rp42 triliun atau mengalami peningkatan mencapai 60 persen dibandingkan tahun 2020.

“Melihat terakselerasinya media digital selama masa pandemi dan ada kemungkinan besar kebiasaan ini, menggunakan jaringan Internet dalam banyak aspek kehidupan, terus diadopsi oleh masyarakat, kategori online service ini akan tetap menjadi salah satu iklan terbesar,” kata Tri melalui surat elektronik (Surel), Rabu (19/1/2022).

Berdasarkan data yang diolah Nielsen hingga akhir 2021, belanja iklan pada sektor jasa daring mencapai Rp42,8 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 67 persen dari tahun 2020 di posisi Rp25,6 triliun. Pencatatan lain yang naik signifikan disusul produk kopi dan teh sebesar Rp9,4 triliun atau naik 15 persen dari tahun 2020 sebesar Rp8,2 triliun.

Baca Juga: Iklan Pakai Masker Radio Buana Asri Sragen Dapat Penghargaan Nasional

Selain itu, Nielsen mencatat, produk perawatan rambut dan wajah mengalami kenaikan masing-masing sebesar 6 persen dan 5 persen pada tahun 2021. Nilai belanja iklan produk perawatan rambut mencapai Rp12 triliun pada tahun 2021 naik tipis dari tahun 2020 sebesar Rp11,3 triliun. Sementara itu, nilai belanja produk perawatan wajah sebesar Rp13,3 triliun naik dari posisi Rp12,6 triliun pada tahun 2020.

Namun, nilai belanja iklan untuk partai politik dan sektor pemerintah terkoreksi mencapai 4 persen pada tahun 2021. Adapun, nilai belanja pada sektor itu tercatat sebesar Rp9,8 triliun turun dari posisi Rp10,2 triliun pada tahun 2020.

Tri memproyeksikan belanja iklan pada tahun 2022 bakal bergerak positif seiring dengan meningkatnya cakupan vaksinasi di tengah masyarakat. Dia berharap torehan vaksinasi itu dapat meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat dan pelaku usaha untuk belanja iklan pada tahun ini.

“Jika kondisi positif ini terus dapat berjalan, kemungkinan besar iklan media juga dapat menunjukkan tren positif di tahun 2022 ini,” kata dia.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Faktor Penyebab Hubungan Inses dan Dampaknya Bagi Keturunan

+ PLUS Faktor Penyebab Hubungan Inses dan Dampaknya Bagi Keturunan

Kelainan genetik yang berujung meninggalnya bayi seusai dilahirkan merupakan salah satu dampak buruk dari hasil hubungan sedarah atau inses.

Berita Terkini

Solia Hotels Luncurkan Alamat Baru Website

Melalui alamat baru website Solia Hotels itu, pengunjung bisa melakukan reservasi lebih mudah dan mendapatkan harga lebih murah.

RI Naikkan Harga Rata-Rata Minyak Mentah Jadi US$117,62 Per Berel

Kenaikan harga ICP itu tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 75.K/MG.03/DJM/2022 tentang Harga Minyak mentah Indonesia Bulan Juni 2022 yang disahkan pada 1 Juli 2022 lalu.

Re.juve Luncurkan True Cold-Pressed Juice Kiwi Line, Ini Kelebihannya

Semakin melengkapi varian yang ada, Re.juve meluncurkan varian produk terbaru True Cold-Pressed Juice Kiwi Line yang mengandung vitamin dan antioksidan alami.

DPR Sepakati Tambah Kuota Pertalite dan Solar

Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto menuturkan kesepakatan itu juga dilatarbelakangi konsumsi BBM bersubsidi di tengah masyarakat yang telah melebihi kuota masing-masing 23% untuk Pertalite dan 11% untuk Solar hingga Mei 2022.

Alhamdulillah, Harga Cabai Berangsur Turun, Ini Pendorongnya

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional melaporkan per 4 Juli 2022 pukul 10.00 WIB, harga cabai merah besar turun 1,2% atau Rp850 menjadi Rp70.000/kg dan cabai merah keriting turun 6,53% atau Rp5.050 menjadi Rp72.250/kg.

Duh, Rupiah Dibuka Dekati Rp15.000 Per Dolar AS

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah terpantau dibuka menguat 7,00 poin atau 0,05% ke posisi Rp14.935,50 per dolar AS.

Kelas 1, 2, dan 3 akan Dihapus, Berapa Tarif BPJS Kesehatan Terbaru?

Pemerintah akan melakukan uji coba penghapusan kelas 1, 2,dan 3, lantas berapa tarif BPJS Kesehatan terbaru?

Awal Pekan Masih Stagnan, Cek Harga Emas Pegadaian, Senin 4 Juli 2022

Emas cetakan Antam dan UBS yang dijual Pegadaian pada hari ini, Senin (4/7/2022) terpantau masih stagnan.

Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi, Baru 8,81 % Pengecer Terdaftar

Tercatat baru ada 3.345 pengecer minyak goreng curah atau 8,81 persen dari total keseluruhan sudah mencetak QR Code PeduliLindungi.

Terus Meningkat, Segini Kontribusi Desa Wisata untuk Perekonomian Warga

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, menyebut dengan adanya desa wisata, perekonomian masyarakat bisa meningkat hingga 30%.

Terdongkrak Liburan Sekolah, Jumlah Pengguna KRL Jabodetabek Meningkat

Pada akhir pekan sepanjang Juni 2022 tren pengguna KRL Jabodetabek tercatat bertambah seiring dengan masa libur sekolah.

MyPertamina Error, DPR: Aplikasi Justru Persulit Konsumen

Politikus PKS Rofik Hananto menambahkan era teknologi sekarang ini harusnya membuat semua serba simpel, tapi ini malah dibuat ribet.

IHSG Masih Dipengaruhi Sentimen Negatif, Cermati Saham-Saham Ini

IHSG diperkirakan masih menghadapi sejumlah sentimen negatif pada perdagangan hari ini, Senin (4/7/2022) dengan level resistance 6.860.

Stok Masih 900.000 Unit! Ini Syarat dan Cara Dapatkan Set Top Gratis

Pemerintah menyediakan bantuan set top box gratis sebanyak 1 juta unit yang pembagiannya ditargetkan selesai pada Agustus 2022.

9 Pilihan Usaha yang Dibutuhkan Orang Setiap Hari

Berikut pilihan sembilan bisnis yang akan dicari orang setiap hari.