SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pantai Parangtritis, Bantul, DIY. (Harianjogja.com)

Solopos.com, BANTUL -- Libur cuti bersama membawa pundi-pundi uang bagi Pemkab Bantul, DIY. Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul mencatatkan pendapatan Rp515,1 juta sepanjang cuti bersama yang kurang dari sepekan.

Dari jumlah tersebut, Pantai Parangtritis menyumbang pendapatan Rp453,27 juta dari 46.000 wisatawan yang datang.

Promosi BRI Siapkan Uang Tunai Rp34 Triliun pada Periode Libur Lebaran 2024

Sekretaris Dispar Bantul, Anihayah, mengatakan kunjungan wisatawan tertinggi di Pantai Parangtritis terjadi pada hari Kamis (29/10/2020). Pada hari itu ada 14.900 wisatawan yang berkunjung. Selain Pantai Parangtritis, ada Pantai Samas yang memberi kontribusi tertinggi kedua dengan Rp28,27 juta, disusul Pantai Pandansimo dengan Rp20,96 juta.

Gibran Geregetan Branding Pariwisata Solo Masih Kalah dari Jogja

“Untuk Gua Selarong, sumbangan pendapatan mencapai Rp5 juta. Sama seperti Pantai Parangtritis, tingkat kunjungan wisatawan di objek lainnya terjadi pada Kamis,” katanya, Senin (2/11/2020).

Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Annihayah, mengungkapkan pihaknya bersama tim gabungan terus memantau langsung terhadap pelaksanaan protokol kesehatan terutama penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hasilnya, Annihayah menilai ada peningkatan kesadaran wisatawan untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Meski demikian, kami terus mengingatkan wisatawan untuk menerapkan protokol kesehatan,"katanya.

Waduh, Layangan Nyangkut di Roda Pesawat yang Hendak Mendarat di Jogja

Sementara itu, Koordinator SAR Satlinmas Wilayah IV, Dwi Rias Pamudji, menyatakan operasi penerapan protokol kesehatan terus dilakukan pihaknya selama libur cuti bersama. Dari hasil evaluasi, banyak wisatawan yang enggan menggunakan masker. Padahal, mereka membawa masker namun disimpan di saku atau tas.

“Ada juga yang menggunakannya asal-asalan. Ini kami tegur dan peringatkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya