Kategori: Bisnis

Disney+ Hotstar Bisa Dinikmati Mulai Hari Ini, Catet Kelebihan & Kekurangannya


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, JAKARTA -- Persaingan platform video sesuai permintaan atau video on-demand (VOD) di Indonesia makin panas dengan hadirnya layanan Disney+ Hotstar mulai hari ini Sabtu (5/9/2020).

Layanan ini digadang-gadang bakal menjadi saingan terberat Netflix yang sudah lebih dulu eksis. Dikutip dari Bisnis.com, Layanan ini menghadirkan lebih dari 7.000 konten video, baik film, animasi, serial televisi, hingga dokumenter.

Aneka tontonan itu adalah karya Disney, Pixar, Marvel Studios, Lucasfilm, National Geographic, 20th Century (d/h 20th Century Fox), dan perusahaan produksi lainnya di bawah naungan The Walt Disney Studios.

Tak Selalu Menyakitkan, Jika Disikapi dengan Benar Ini Manfaat Putus Cinta

Selain itu, yang tak kalah menarik platform tersebut juga menghadirkan lebih dari 300 film Indonesia. Termasuk film-film populer seperti Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss, Part 1, Ayat-Ayat Cinta, Habibie dan Ainun, Laskar Pelangi, dan masih banyak lagi.

Sama seperti Netflix, Disney+ Hotstar juga menyiapkan konten ekslusif yang dikhususkan untuk pelanggan Indonesia.

Konten ekslusif yang dimaksud untuk saat ini adalah tujuh film Indonesia terbaru. Antara lain, Sabar Ini Ujian, Pelukis Hantu, Bidadari Mencari Sayap, Rentang Kisah, Malik & Elsa, Warkop DKI Reborn 4, dan Benyamin Biang Kerok 2.

Plesiran Lur ke Telaga Claket Wonogiri, Kerap Dibilang Miniaturnya Ranu Kumbolo

Biaya Berlangganan

Tak dapat dimungkiri biaya berlangganan yang ditawarkan membuat Disney+ Hotstar menjadi sorotan. Dibandingkan dengan Netflix, platform tersebut menawarkan biaya berlangganan yang jauh lebih terjangkau.

Untuk menjadi pelanggan, Anda cukup merogoh kocek Rp39.000/bulan atau Rp199.000 untuk paket berlangganan selama 12 bulan.

Tidak ada perbedaan biaya berlangganan berdasarkan resolusi dan perangkat yang digunakan untuk mengakses konten seperti Netflix. Konten-konten yang tersedia bisa diakses oleh pelanggan menggunakan perangkat berbeda.

Misterius, Tukang Becak di Sragen Dapat Bantuan Rp2,4 Juta, Padahal Tidak Mengajukan

Layanan Disney+ Hotstar di Indonesia bisa diakses melalui situs www.hotstar.id atau aplikasi untuk perangkat berbasis Android dan iOS. Anda cukup menyiapkan nomor ponsel tanpa perlu email untuk menjadi pelanggan layanan tersebut.

Untuk urusan resolusi konten, layanan terbaru ini jauh tertinggal dibandingkan dengan Netflix. Resolusi maksimal konten-konten yang tersedia di layanan tersebut adalah HD 720p, tentunya jauh dari kata memuaskan untuk ukuran saat ini.

Bahkan untuk beberapa konten, salah satunya adalah serial televisi The Simpsons rasio bidang layarnya masih menggunakan rasio 4:3 dengan resolusi SD 640x480. Alhasil, bagian samping layar ponsel atau televisi pintar masih menyisakan bagian kosong berwarna hitam.

Tips Menyulap Teras Rumah menjadi Spot Foto Ala Kafe

Fitur yang dihadirkan oleh Disney+ Hotstar juga tak bisa dibilang istimewa. Teks bantu (subtitle) yang tersedia ukuran dan warnanya tak bisa diatur ulang. Teks bantu tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Menurut Presiden Walt Disney Company Asia Pasifik, Uday Shankar, Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang disambangi layanan ini.

Optimistis! Aktivitas Bisnis di Soloraya Meningkat pada Juli-September

“Populasi Indonesia yang dinamis dan paham teknologi sangat menyukai konten hiburan lokal yang berkualitas, dan [negara] juga merupakan rumah bagi beberapa penggemar Disney terbesar di kawasan ini,” katanya dalam sebuah pernyataan resmi yang dikutip Sabtu.

Asal tahu saja, Disney+ Hotstar lahir setelah Disney+ memutuskan untuk mengakuisisi Hotstar layanan VOD yang dimiliki oleh Star India. Perusahaan ini berbasis di India dan menginduk pada Disney+ di Amerika Serikat (AS).

Share
Dipublikasikan oleh
Tika Sekar Arum