Disnakkan Sragen Ragukan Data Kasus PMK, Ternyata Ini Penyebabnya

Disnakkan Sragen meragukan data soal jumlah kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK yang mereka terima. Mereka meyakini kasus PMK yang ada di lapangan lebih tinggi daripada yang dilaporkan.

 Para personel TNI dan Polri perwakilan kecamatan ikut serta dalam sosialisasi penanganan PMK menjelang Iduladha di Aula Opsroom Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Kamis (30/6/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Para personel TNI dan Polri perwakilan kecamatan ikut serta dalam sosialisasi penanganan PMK menjelang Iduladha di Aula Opsroom Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Kamis (30/6/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Perkembangan kasus penyakit mulut dan kaki (PMK) di Sragen tercatat sebanyak 975 ekor per Rabu (29/6/2022) malam. Hanya dua kecamatan, yakni  Tangen dan Sragen Kota, yang  masuk zona hijau PMK.

Data tersebut dikeluarkan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Sragen berdasarkan laporan di lapangan. Di saat yang sama, Disnakkan sendiri meragukan data itu karena meyakini jumlah kasus PMK aktualnya lebih banyak dari yang dilaporkan.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Keraguan terungkap saat digelar sosialisasi penanganan hewan kurban menjelang pelaksanaan Iduladha di Aula Opsroom Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Kamis (30/6/2022). Aara itu dihadiri Bupati, Kapolres, Dandim, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag), dan para persinel TNI, Polri, dan kantor urusan agama (KUA) dari wilayah eks Kawedanan Tangen.

Kepala Disnakkan Sragen, Rina Wijaya, menerangkan sebenarnya di luar sana masih banyak ternak yang terpapar PMK. Tetapi tidak dilaporkan ke Disnakan dengan alasan bermacam-macam.

Baca Juga: Kendalikan Penyebaran PMK, Pemerintah Percepat Vaksinasi Hewan Ternak

“Ada semacam intervensi dari pedagang ternak yang khawatir bila dikaporkan maka ternaknya tidak laku. Ada yang malu bila harus didatangi petugas. Jadi data perkembangan kasus PMK di Sragen sebanyak 975 ekor itu itu diragukan. Saya yakin di luar sana seperti bola salju,” ujar Rina.

Kecamatan Tangen dan Sragen Kota, menurutnya kini masuk zona hijau semburat merah. Data zona hijau PMK itu pun diragukan karena diyakini ada kasus PMK yang tidak dilaporkan.

Rina menjelaskan pihaknya mendapatkan jatah vaksin untuk dosis pertama sebanyak 3.800 dosis. Vaksinasi ini difokuskan untuk ternak di wilayah eks Kawedanan Gemolong. Rencananya vaksinasi digelar Sabtu-Minggu (2-3/7/2022).

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menyebut perkembangan kasus PMK terakhir per Kamis pagi mencapai 975 ekor. Dari jumlah tersebut ada 459 kasus aktif, 467 ekor sapi sembuh, dan 49 ekor yang mati. Berdasarkan data tersebut, Sragen masuk zona merah PMK.

Baca Juga: Kasus PMK di Sragen Hampir 1.000 Ekor, Pasar Hewan Tetap Dibuka 5 Juli?

Menjelang Iduladha, Bupati berkoordinasi dengan Kapolres dan Dandim untuk melibatkan TNI dan Polri dalam penanganan PMK, terutama vaksinasi dan pengawasan saat Iduladha.

“Hari ini kita kumpul untuk membentuk tim di setiap kecamatan dan desa dalam persiapan menghadapi Iduladha. Tugas tim itu memastikan hewan sehat dengan melihat kondisi ternak,’ ujarnya.

Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama, mengatakan kasus PMK di Sragen masih cukup rendah dibandingkan kabupaten tetangga. “Mari rapatkan barisan. Kami turun bersama-sama untuk menekan angka PMK,” ujarnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Saldo Rp33,65 Juta Milik Nasabah BRI Wonogiri Raib, Ini Kronologinya 

      Seusai mendaftarkan diri di BRI Mo, saldo nasabah BRI di Wonogiri tiba-tiba hilang tanpa ada transaksi yang dilakukan nasabah.

      Jalan Giriwoyo-Giritontro Minim PJU, Dishub Wonogiri: Kewenangan Pusat

      Dishub Wonogiri tak memiliki kewenangan dalam menangani penerangan jalan umum di ruas jalan Giriwoyo-Giritontro.

      Bundaran Gladag-Tugu Jam Pasar Gede Solo Dihias Lampu Wuku, Ada Apa Ya?

      Sepanjang Jl Jenderal Sudirman dari Bundaran Gladag hingga Tugu Jam Pasar Gede Solo hingga sebulan ke depan akan dihiasi dengan lampu Wuku.

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

      Sejumlah bangunan dan aset milik Pemkot Solo bakal ikut terkena pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari.

      MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

      Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.