SOLOPOS.COM - Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, memasuki tahap finishing, Rabu (19/10/2022). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO — Persiapan jelang peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari, Solo, terus dibahas oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo. Beberapa langkah mulai disiapkan mulai dari penyiapan kantong-kantong parkir hingga mobilisasi pengunjung acara peresmian.

Dishub Solo saat ini sedang membahas mengenai lokasi parkir saat tanggal peresmian, yakni 17 November 2022. Nantinya ada tiga lokasi parkir kendaraan yang disiapkan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala Dishub Kota Solo, Taufiq Muhammad, menjelaskan tiga lokasi itu yakni di Manahan, Denbekang Gilingan, dan Terminal Tirtonadi. Sedangkan yang parkir di sekitar Masjid Sheikh Zayed Solo hanya khusus untuk para tamu VVIP peresmian.

“Sejauh ini sudah kami bahas bersama terkait lokasi parkir, yaitu di Manahan, Denbekang Gilingan, dan  Terminal Tirtonadi. Nanti juga akan kami sediakan shuttle bus untuk mengangkut pengunjung yang ingin datang saat peresmian. Sedangkan di sekitar Masjid Zayed itu nanti khusus untuk parkir tamu VVIP,” ujarnya pada Kamis (20/10/2022).

Terkait manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) saat peresmian masjid, Taufiq menyebut saat ini masih menunggu protokoler dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Baca Juga: Belum Diresmikan, Masjid Sheikh Zayed Gilingan Solo Sudah Dilirik Banyak Ormas

“MRLL kami masih menunggu arahan dari Paspampres seperti apa, karena nanti juga ada Presiden Joko Widodo dan juga Presiden UEA, Mohammed bin Zayed Al Nahyan, yang memberikan hibah [pembangunan masjid],” lanjutnya.

Masjid Zayed merupakan replika masjid dengan nama sama di Uni Emirat Arab (UEA) dan merupakan hadiah dari Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau yang lebih dikenal dengan singkatan MBZ saat masih menjadi putra mahkota. Biaya pembangunan masjid seluruhnya ditanggung Presiden UAE tersebut.

Selain masjid, nantinya juga akan dibangun Gedung Islamic Center tak jauh dari lokasi masjid. Peletakan batu pertama pembangunan Islamic Center itu bersamaan dengan peresmian Masjid Sheikh Zayed Solo.

Baca Juga: Masjid Sheikh Zayed-Islamic Center Solo Dihubungkan Terowongan dengan Eskalator

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya