SOLOPOS.COM - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggelar Diseminasi Tugas Talenta Unggul (TTU) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB).(Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Sebuah gelombang energi intelektual kembali menghiasi kampus Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dengan digelarnya Diseminasi Tugas Talenta Unggul (TTU) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Jumat (26/4/2024).

Melibatkan 37 mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Manajemen, 2 mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi, dan 25 mahasiswa Prodi Akuntansi, acara ini menjadi panggung bagi mahasiswa untuk menampilkan hasil penelitian yang mereka bangun melalui skema tugas talenta unggul.

Dekan FEB, Dr. Yefta Andi Kus Noegroho, S.E., M.Si., Akt., menyampaikan bahwa salah satu tujuan utama dari Diseminasi Tugas Talenta Unggul adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka.

“Kami ingin memastikan bahwa calon lulusan telah mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh dalam tulisan dan proyek konkret,” ungkapnya dalam keterangan tertulis.

Selain sebagai wadah untuk mempresentasikan hasil karya, Diseminasi Tugas Talenta Unggul ini juga menjadi arena pembelajaran bagi mahasiswa dalam pengembangan soft skill.

“Mahasiswa diajak untuk berani menyampaikan ide, berdiskusi, dan berdebat secara terbuka. Ini tidak hanya memberikan manfaat bagi mereka sendiri, tetapi juga bagi mahasiswa lain yang dapat belajar dari pengalaman para mahasiswa yang lebih senior,” jelasnya.

Dr. Yefta Andi Kus Noegroho juga mengungkapkan terdapat ruang untuk peningkatan, khususnya dalam hal diversifikasi jenis karya yang dipresentasikan. “Saat ini, dominasi hasil penelitian masih cukup kuat. Kami berharap kedepannya, mahasiswa dapat memilih proyek-proyek praktis lainnya seperti desain startup, pengembangan bisnis, atau sistem entitas,” tambahnya.

Koordinator kegiatan, Virgiana Nugransih Siwi, S.E., M.Sc., menambahkan Diseminasi Tugas Talenta Unggul memungkinkan mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka tanpa terikat pada format formal seperti sidang.

Menurutnya, diseminasi ini adalah sebuah proses belajar yang asyik dan menyenangkan.

“Mahasiswa bisa menampilkan ide-ide mereka melalui poster dan berinteraksi dengan beragam pihak, termasuk mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum. Para pengunjung juga bisa mendapatkan referensi dari diseminasi dari UKSW yang mengembangkan misi entrepreneurship research university,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa Prodi Manajemen, Ika Dini Wijayanti, menyatakan kegembiraannya atas digelarnya diseminasi ini.

“Kegiatan ini tidak hanya menambah wawasan, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menyampaikan ide dengan lebih santai, bahkan berbagi inspirasi kepada sesama mahasiswa,” ucapnya.

Dengan demikian, Diseminasi Tugas Talenta Unggul tidak hanya menjadi ajang prestasi akademik, tetapi juga sebuah sarana pembelajaran yang berkesinambungan bagi mahasiswa FEB UKSW dalam mengembangkan diri dan mengekspresikan potensi kreatif mereka dalam dunia akademik dan praktik

Rekomendasi
Berita Lainnya