SOLOPOS.COM - Hadi Tjahjanto, Mantan Panglima TNI yang disebut akan jadi menteri. (Solopos Dok)

Solopos.com, SOLO – Profil dan kekayaan Hadi Tjahjanto jadi perbincangan publik seiring santernya isu reshuffle kabinet.

Mantan Panglima TNI ini diprediksi akan menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) selanjutnya seiring rencana reshuffle kabinet yang akan diumumkan Presiden Jokowi Rabu (15/6/2022) ini.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Sebelumnya, Hadi Tjahjanto datang ke Istana Negara pada Selasa (14/6/2022) sore. Meski maksud kedatangan tersebut tak disebutkan secara jelas, namun publik memprediksi bahwa hal ini ada kaitannya dengan rencana reshuffle kabinet Indonesia Maju.

Lantas, seperti apa profil dan kekayaan Hadi Tjahjanto? Berikut uraiannya seperti dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber:

Profil Hadi Tjahjanto

Hadi Tjahjanto merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (1986) dan Sekolah Penerbangan TNI AU (1987). Dia sempat menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara.

Hadi kemudian diangkat menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo pada 8 Desember 2017. Ia memasuki masa pensiun pada 17 November 2021 dan digantikan oleh Jenderal Andika Perkasa.

Baca Juga:  Reshuffle Kabinet Siang Ini, Presiden akan Lantik 3 Wakil Menteri

Sebelum menjadi seorang Panglima TNI, Hadi mengawali karier di Skadron Udara 4 yang bermarkas di Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur. Di Skadron 4, Hadi Tjahjanto bertugas sebagai pilot pesawat angkut Cassa.

Kariernya terus meningkat. ia pun diangkat menjadi Kepala Seksi Latihan di Skadron Udara 4 Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh.

Ia beralih untuk memimpin pesawat angkut berat dengan diangkatnya sebagai Komandan Flight Ops “A” Flightlat Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh. Pada 1998, ia pun ditunjuk sebagai Kepala Seksi Bingadiksis Dispers Lanud Adi Soemarmo. Pada tahun yang sama, Hadi Tjahjanto pun dipercaya menjadi Komandan Batalyon III Menchandra Akademi TNI.

Satu tahun berikutnya, pada 1999, ia pun menjadi Instruktur Penerbangan Lanud Adi Sucipto. Tak butuh waktu lama, Hadi diangkat sebagai Kepala Seksi Keamanan dan Pertahanan Pangkalan Dinas Operasi Lanud Adi Sucipto pada 2000.

Karier Hadi kian menanjak hingga pada 2010 ia pun menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara Adi Sumarmo. Setelah beberapa posisi dijabat Hadi Tjahjanto, ia pun masuk dalam Kementerian Pertahanan pada November 2016 sebagai Inspektur Jenderal. Ia pun diangkat menjadi Panglima TNI dari Desember 2017 hingga November 2021.

Baca Juga: Isu Reshuffle Kabinet Membuat IHSG Melemah

Harta Kekayaan Hadi Tjahjanto

Tentang harta kekayaan Hadi Tjahjanto, menurut data dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi pada 7 Juni 2021, harta kekayaan Hadi Tjahjanto per 31 Desember 2020 mencapai Rp20.565.908.278 (Rp20,56 miliar).

Total kekayaan tersebut meliputi kepemilikan aset properti, kas setara kas, kepemilikan kendaraan, dan harta bergerak lainnya.

Aset properti miliknya ditaksir memiliki nilai hingga Rp6,97 miliar. Aset properti ini mencakup 2 tanah warisan dan sebidang tanah hasil sendiri di Malang. Sisanya Hadi memiliki 2 properti di daerah Jakarta Selatan.

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Diumumkan Siang Ini, Siapa yang Terdepak?

Selain itu, Hadi Tjahjanto juga tercatat memiliki kas setara kas dengan nilai mencapai Rp8,2 miliar. Ia juga memiliki aset berupa surat berharga senilai Rp3 miliar.

Total kekayaannya juga meliputi kepemilikan aset alat trasportasi dan mesin senilai Rp486.450.000. Aset tersebut terdiri dari Honda CRV Jeep tahun 2019 senilai Rp154 juta, Mobil Toyota Kijang Mibnibus tahun 2004 senilai Rp85.000.000, Toyota Kijang Innova Tahun 2015 senilai Rp245.000.000, dan sepeda motor tahun 2002 senilai Rp2,45 juta. Harta bergerak lain milik Hadi yang tercatat sebesar Rp1,905 miliar. Dalam LHKPN ini, Hadi tercatat tidak memiliki utang.

Itulah ulasan tentang profil dan kekayaan Hadi Tjahjanto yang berhasil dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya