Dirawat Sepekan, 1 Warga Kartasura Sukoharjo Meninggal Karena Covid-19
Ilustrasi meninggal dunia karena Covid-19. (Reuters/Juan Medina)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Kasus pasien positif Covid-19 meninggal dunia di Kabupaten Sukoharjo terus bertambah. Kali ini, seorang warga di wilayah Kecamatan Kartasura meninggal dunia setelah dirawat sepekan di rumah sakit rujukan Covid-19 di Sukoharjo.

Tambahan kasus Covid-19 yang berujung pasien meninggal dunia menambah panjang daftar kasus positif hingga meninggal menjadi 17 kasus.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Kabupaten Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan kasus kematian karena corona bertambah satu atau total menjadi 17 kasus. Satu kasus kematian ini berasal dari wilayah Kecamatan Kartasura.

Buntut Pj. Sekda Sukoharjo Positif Covid-19, 25 Pejabat Karantina Mandiri

Warga Kartasura tersebut, lanjut Yunia, berjenis kelamin perempuan berusia 50 tahunan. Warga yang meninggal dunia tersebut merupakan pasien suspect yang naik tingkat menjadi positif Covid-19. Awalnya, pesien tersebut mengalami gejala batuk dan demam.

"Pasien kasus ke-17 meninggal karena corona ini awalnya sakit dengan gejala batuk, demam, dan sesak napas. Kemudian dirawat di rumah sakit saat itu statusnya suspect. Kemudian hasil swab terkonfirmasi positif corona keluar setelah beliau meninggal dunia," kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com, Selasa (8/9/2020).

Jumlah OTG Covid-19 di Sragen Membeludak, 90 Orang Kini Huni Technopark

Ada Penyakit Penyerta

Yunia mengatakan kasus ke-17 meninggal karena positif Covid-19 di Sukoharjo ini juga karena memiliki penyakit penyerta. Menurut dia, sebagian besar kasus meninggal karena positif Covid-19 di Sukoharjo memiliki penyakit penyerta.

Penyakit tersebut memperparah kondisi pasien. Yunia pun mengingatkan kepada warga Sukoharjo untuk meningkatkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan. Selain itu yang terpenting menjaga imunitas tubuh dengan berolahraga.

Bakal Terdampak Tol Solo-Jogja, Warga Boyolali Diminta Lakukan Hal Ini

Saat ini kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo terus meningkat dan belum menunjukkan tren penurunan kasus. Merujuk data per 7 September, ada kenaikan 14 kasus positif corona di Sukoharjo.

Dengan tambahan 14 kasus tersebut, akumulasi kasus positif corona di Sukoharjo menjadi 483 kasus. Disisi lain, kasus kasus positif sembuh naik satu sehingga totalnya menjadi 372 kasus. Begitu juga kasus positif yang meninggal dunia, naik satu dari Kartasura sehingga menjadi 17 orang.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom