Dinkes Jateng: Vaksin Untuk Pelaku Ekonomi Ditarget April
Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Prabowo, (berbaju batik cokelat) mengecek proses vaksinasi Covid-19 untuk petugas pelayanan publik di RSUD Karanganyar Rabu (24/2/2021).(Solopos.com/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mulai melaksanakan penyuntikan vaksin Covid-19 bagi petugas pelayanan publik mulai Rabu (24/2/2021). Sementara untuk pemberian vaksin tahap III bagi pelaku ekonomi yang berisiko tinggi, targetnya akan dilaksanakan pada April 2021.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, ketika ditemui Solopos.com, di sela-sela kunjungannya di RSUD Karanganyar Rabu.

Dia mengatakan pemberian vaksin Covid-19 untuk tenaga medis di Jawa Tengah sudah mencapai 99 persen dari target yang ditentukan. Saat ini, prioritas pemberian vaksin ditujukan kepada petugas pelayanan publik.

Baca juga11 Anggota DPRD Karanganyar Tak Ikut Vaksinasi Hari Ini, Ini Alasannya

“Untuk proses pemberian vaksin memang sudah sesuai jadwal. Untuk tenaga medis tinggal beberapa orang saja. Mulai Februari 2021 hingga Maret 2021 ini targetnya merampungkan pemberian vaksin Covid-19 bagi petugas pelayanan publik dan lansia. Tapi untuk lansia memang kami prioritaskan di ibu kota provinsi yaitu di Semarang,” terang dia.

Yulianto juga mengatakan setelah pemberian vaksin Covid-19 untuk tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik selesai, pihaknya akan melanjutkan pemberian vaksin untuk golongan berisiko selanjutnya. Kategori yang termasuk dalam prioritas pemberian vaksin tahap III merupakan pelaku ekonomi yang memiliki risiko tinggi dalam persebaran Covid-19.

Baca jugaTergerus Air, Rumah Warga Kebakkramat Ini Nggandul di Atas Aliran Sungai Grompol

April Dimulai

“Ini kami selesaikan dulu untuk nakes dan petugas pelayanan publiknya. Nanti rencananya untuk prioritas risiko selanjutnya bisa untuk pelaku usaha. Nanti rencananya setidaknya April 2021 bisa kami mulai,” beber dia.

Sementara itu, Dirut RSUD Karanganyar, Iwan Setiawan, mengatakan pihaknya menargetkan 114 target sasaran vaksinasi untuk petugas pelayanan publik di Karanganyar. Beberapa sasaran vaksin Covid-19 berasal dari kalangan DPRD, Pengadilan Agama, BPJS, dan awak media yang bertugas di Karanganyar.

Baca jugaTanpa Persiapan Jelang Dilantik Jadi Wabup Wonogiri, Setyo Sukarno Bantu-Bantu Istri di Pasar

Baca jugaPasien di Ruang Isolasi di Karanganyar Berkurang 50%, Nakes Bisa Sedikit Bernapas



Berita Terkini Lainnya








Kolom