Dikeluhkan Warga, Tempat Karaoke di Wanglu Disegel Satpol PP Klaten

Penutupan itu dilakukan karena keberadaan karaoke dan kafe tersebut dinilai telah melanggar peraturan daerah (perda).

 Ilustrasi. Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menyegel tempat karaoke. (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menyegel tempat karaoke. (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, KLATENSatpol PP Klaten mengambil tindakan tegas dengan menutup sekaligus menyegel tempat karaoke dan kafe di Desa Wanglu, Kecamatan Trucuk, Klaten, Rabu (26/1/2022). Penutupan itu dilakukan karena keberadaan karaoke dan kafe tersebut dinilai telah melanggar peraturan daerah (perda).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, petugas Satpol PP Klaten kali pertama berkoordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Wanglu dan jajaran Polsek Trucuk sebelum menutup tempat karaoke tersebut. Setelah itu, Satpol PP Klaten bersama Pemdes Wanglu dan Polsek Trucuk langsung mendatangi lokasi karaoke dan kafe di desa setempat.

PromosiIsu Strategis Penentu Kelancaran Pemilu 2024

Di lokasi itu, petugas Satpol PP langsung menutup dan menyegel tempat karaoke. Penutupan karaoke disebabkan keberadaan karaoke dinilai melanggar perda. Masing-masing, Perda No. 17/2017 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan dan Perda 12/2013 tentang Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3).

Baca Juga: Digeruduk Warga, Tempat Karaoke di Juwiring Klaten Ditutup

“Di lokasi kejadian diberi garis pembatas dari Satpol PP [belum berizin],” kata Kepala Satpol PP Klaten, Joko Hendrawan, kepada Solopos.com, Kamis (27/1/2022).

Hal senada dijelaskan Kapolsek Trucuk, AKP Sarwoko, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Eko Prasetyo. Polisi turut menjaga kawasan tempat karaoke di Wanglu, Trucuk, saat dilakukan penyegelan dan penutupan tempat karaoke oleh Satpol PP Klaten.

“Tempat itu sudah 1,5 tahun [berdiri]. Memang ada keluhan dari warga [sebelum penutupan]. Saat terjadi ledakan Covid-19 di Klaten [pertengahan 2021], karaoke itu juga tutup,” katanya.

Baca Juga: Satpol PP Klaten Razia Hotel Melati, Pasangan Tak Resmi Diciduk

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos, di Klaten juga pernah berlangsung penutupan tempat karaoke, yakni di Taji, Kecamatan Juwiring, pertengahan 2020. Tempat karaoke itu ditutup setelah enam bulan beroperasi.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Tragedi Tabung Gas Bocor di Mojosongo Solo, 2 Nyawa Melayang

Dua orang meninggal dunia akibat luka bakar tersambar api dari gas bocor di lokasi industri tahu dan tempe Mojosongo, Jebres, Solo.

Ini Politikus PDIP yang Berpotensi Gantikan Sukamto di DPRD Sragen

Naniek Budhi Darmawati berpotensi jadi anggota DPRD Sragen menggantikan Sukamto yang meninggal dunia pada Rabu (18/5/2022).

BPS Wonogiri Adakan Sensus Penduduk Lanjutan, untuk Apa?

Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri mengadakan sensus penduduk lanjutan pada Mei-Juni 2022. Sensus tersebut merupakan tahapan kedua sensus penduduk 2020.

Sumeni, Mata-Mata Sragen Legendaris Penakluk Tentara Belanda

Indonesia memiliki salah satu mata-mata legendaris semasa perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. Sumeni salah satunya. Ia dikenal dengan kehebatannya "menaklukkan" tentara Belanda di Sragen.

1 Jam, Bupati Jekek Bicara Rentenir hingga Kemiskinan di Wonogiri

Selama lebih kurang satu jam, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo atau akrab disapa Jekek berbicara banyak soal upaya pengentasan rentenir, kaum boro, hingga pengentasan kemiskinan.

Breaking News! Jalan Solo-Semarang di Boyolali Macet, Ada Kecelakaan

Akibat kecelakaan tersebut arus lalu lintas di jalur Solo-Semarang maupun sebaliknya tersendat.

2 Jembatan di Weru Sukoharjo Diresmikan, Warga Gak Perlu Lagi Memutar

Kedua jembatan tersebut merupakan akses penghubung antarpedukuhan di Desa Krajan, Kecamatan Weru.

Terbanyak di Jawa Tengah, Segini Jumlah Masjid di Klaten

Kabupaten Klaten tercatat memiliki jumlah masjid paling banyak di Jawa Tengah, berapa sih?

Fantastis! Kambing Milik Peternak di Kartasura Ini Seharga 2 Ekor Sapi

Kambing boer disebut juga kambing pedaging sesungguhnya, pada umur lima hingga enam bulan, kambing ini dapat mencapai berat 35 kg– 45 kg.

Kisah Mete dan Asa Turunkan Tingkat Kemiskinan di Wonogiri

Cahaya matahari masuk melalui sela-sela dinding gedhek rumah Tari di Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (14/5/2022).

Jl Menteri Supeno Manahan Solo Harus Bersih, Nasib PKL Gerobak Gimana?

Para PKL yang berjualan menggunakan gerobak di depan pintu utara Stadion Manahan, Jl Menteri Supeno, Solo, mempertanyakan nasib mereka setelah penataan selter selesai.

Ini Lokasi Syuting Film Srimulat di Solo, Ada 3 Titik!

Lokasi syuting film Srimulat: Hil dan Mustahal ternyata dilakukan di Solo dan Sukoharjo. Kira-kira di mana saja ya pengambilan gambarnya?

KKN di Rumah Kosong Klaten Tak Kalah Seram dengan KKN di Desa Penari

Selain KKN Desa Penari, cerita tentang KKN di Rumah Kosong Klaten yang viral di tahun 2022 dinilai tidak kalah seram.

Profil Lulu Group, Peritel Raksasa Asia Yang Segera Ekspansi Ke Solo

Peritel raksasa Asia dan Timur Tengah, Lulu Group International, yang segera membuka gerai di Kota Solo, telah memiliki 200 lebih cabang di 22 negara.

Apakah Onggo-Inggi yang Muncul di Jembatan Jurug Solo Masih Ada?

Mitosnya masih terkenal hingga sekarang, apakah sosok Onggo-Inggi yang muncul di Jembatan Jurug dan Sungai Bengawan Solo masih ada?

Letusan Gunung Lawu Sampai Wonogiri, Belah Aliran Bengawan Solo Purba

Dampak vulkanik letusan Gunung Lawu purba diduga sampai ke Kawasan Baturetno, Wonogiri yang mengakibatkan terbelahnya aliran Sungai Bengawan Solo yang melintasi daerah tersebut pada masa itu.