Diikat Tambang, Ratusan Orang Tarik Truk Terguling di Kebun Kol Jenawi Karanganyar
Ratusan warga di sekitar lokasi kejadian berupaya mengevakuasi truk tanki air yang terguling ke area perkebunan di Dukuh Milir, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi pada Minggu (28/2/2021). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Kecelakaan dialami truk tangki air yang terguling di kebun kol wilayah Kecamatan Jenawi, Karanganyar, Minggu (28/2/2021) dini hari. Akibat kecelakaan itu, truk tersebut terperosok di kebun kol dengan jarak 50 meter dari bahu jalan.

Proses evakuasi truk tersebut dibantu ratusan warga dari tiga dusun di sekitar lokasi kejadian. Mereka bekerja sama dengan sukarelawan TNI/Polri untuk mengevakuasi truk tangki air yang terguling di area perkebunan di Dukuh Milir, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi.

Warga menggunakan alat seadanya untuk menarik truk tanki air yang jatuh ke area perkebunan. Warga hanya menggunakan tali tambang untuk menarik truk dari lokasi terguling. Truk terguling dari bahu jalan hingga terperosok sedalam 50 meter. Akibat kejadian itu, sopir mengalami luka-luka dan dibawa ke salah satu rumah sakit di Kabupaten Sukoharjo.

Baca juga: Keluarga Bocah Korban Pelecehan Seksual Oknnum Pesilat Sragen Ngungsi ke Grobogan

Bayan Dusun Ceto, Warto, menuturkan warga bergotong royong menarik truk tangki yang terguling itu dari area perkebunan hingga ke bahu jalan. Proses evakuasi tidak melibatkan alat berat.

"Kalau pakai mobil derek kelamaan. [Mobil derek] sampai lokasi bisa besok. Kami menggunakan dadung [tali tambang] untuk mengevakuasi. Dadung milik warga setempat juga," tutur Warto saat berbincang dengan wartawan, Minggu.

Informasi kecelakaan tersebut, lanjut Warto, dibagikan ke grup Whatsapp warga kampung. Warga merespons informasi tersebut dengan datang ke lokasi kejadian. Proses evakuasi diperkirakan selesai pukul 10.00 WIB.

"Di share di grup Whatsapp isinya warga. Lalu warga dari tiga dusun itu datang ke lokasi. Ada kalau 200 orang sampai 300 orang. Kerja bakti mengevakuasi truk tanki," ungkapnya.

Baca juga: Mobil Dinas Gibran Wali Kota Solo Cuma Innova Putih, Bekas Dipakai Istri Rudy

Seperti diberitakan sebelumnya, truk tangki air pelat nomor AD 1973 DF terguling di area perkebunan pada Minggu sekitar pukul 01.00 WIB. Truk tangki air tersebut dalam keadaan kosong atau belum terisi air. Truk diduga hendak mengisi air ke wilayah Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso.

Truk tangki air itu dikemudikan warga Dukuh Anggrasmanis, Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Iwan, 28. Kapolsek Jenawi, AKP Handoyo, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi Maulla, menyebut truk yang dikendarai Iwan mendadak oleng dan akhirnya terguling di kebun kol.

Baca juga: Kronologi Rombongan Perguruan Silat & Tukang Parkir Gegeran di Karanganyar, Ternyata Gegara Ini



Berita Terkini Lainnya








Kolom