Diduga Picu Ledakan di Beirut Lebanon, Ini Penjelasan Amonium Nitrat
Asap terlihat sebelum dan sesudah ledakan di Beirut, Lebanon, 4 Agustus 2020. (Talal Traboulsi/Reuters)

Solopos.com, BEIRUT -- Beirut, Lebanon, diguncang ledakan besar pada Selasa (4/8/2020). Ratusan orang diklaim tewas sementara ribuan warga lain luka-luka. Beredar informasi ledakan terjadi karena jumlah amonium nitrat di salah satu gudang.

Ada 2.750 Ton Amonium Nitrat Ada di Lokasi Ledakan Beirut, Waduh!

Jumlah amonium nitrat yang berada di gudang itu berjumlah 2.700 ton. Dikutip dari laman Wikipedia, Rabu (5/8/2020), amonium nitrat adalah suatu senyawa kimia, yang merupakan garam nitrat dari kation amonium.

Senyawa ini memiliki rumus kimia NH4NO3, disederhanakan menjadi N2H4O3. Senyawa ini berbentu kpadatan kristal putih dan sangat larut dalam air. Penggunaan amonium nitrat terbesar adalah pertanian sebagai pupuk kaya-nitrogen.

Kegunaan lain amonium nitrat adalah sebagai komponen campuran peledak yang digunakan dalam konstruksi pertambangan, penggalian, dan konstruksi sipil.

Apa itu Amonium Nitrat yang Mengguncang Beirut Lebanon

Senyawa ini adalah penyusun utama ANFO, sebuah industri peledak populer yang menyumbang 80% bahan peledak yang digunakan di Amerika Utara. Banyak negara menghapusnya dari aplikasi penjualan online karena kekhawatiran akan potensi penyalahgunaannya.

Amonium nitrat terurai menjadi gas dinitrogen oksida dan uap air bila dipanaskan (bukan reaksi eksplosif); namun, dapat diinduksi untuk meluruh secara eksplosif oleh ledakan.

Bagaimana Bisa Meledak?

Bagaimana amonium nitrat dapat meledak bisa terjadi oleh mekanisme transisi shock-to-detonation. Inisiasi terjadi dengan muatan peledak yang meledak dalam massa, dengan peledakan tempurung yang dilemparkan ke dalam massa, atau dengan meledakkan campuran peledak yang kontak dengan massa tersebut. Contohnya adalah Kriewald, Morgan (saat ini Sayreville, New Jersey), Oppau, dan Tessenderlo.

Purnomo-Anung Bantah Tawarkan Rp1 Miliar Ke PSI Agar Diusung Di Pilkada Solo 2020

Ledakan yang berasal dari api yang menyebar ke amonium nitrat itu sendiri seperti yang terjadi di Texas City, Brest, Oakdale PA pada 1947. Atau dari campuran amonium nitrat dengan bahan yang mudah terbakar selama kebakaran.

Api harus dibatasi setidaknya sampai tingkat tertentu untuk transisi yang berhasil dari api ke sebuah ledakan (sebuah fenomena yang dikenal sebagai "transisi deflagration-to-detonation"). AN murni, yang kompak bersifat stabil dan sangat sulit untuk menyala, dan banyak kasus hadir bahkan bila AN yang tidak murni tidak meledak dalam api.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom