Di Sukoharjo, Gubernur Ganjar Ajak Bolo Ternak Tekan Penularan PMK

Ganjar menyaksikan proses penyuntikan vaksin PMK terhadap sapi di kandang milik warga Sukoharjo.

 Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (tengah) berdialog dengan para peternak di Dusun Krandon, Genengsari, Polokarto, Sukoharjo, Kamis (30/6/2022). (Solopos/R Bony Eko Wicaksono)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (tengah) berdialog dengan para peternak di Dusun Krandon, Genengsari, Polokarto, Sukoharjo, Kamis (30/6/2022). (Solopos/R Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO – Pencegahan dan penanganan penyakit mulut dan kuku atau PMK di Kabupaten Sukoharjo mengandalkan program Bolo Ternak yang melibatkan para peternak dan stakeholder. Mereka bahu membahu memutus mata rantai penularan virus yang dibarengi dengan percepatan akselerasi vaksinasi terhadap hewan ternak.

Program Bolo Ternak diungkap saat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengunjungi kelompok peternak sapi di Dusun Krandon, Desa Genengsari, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo, Kamis (30/6/2022). Ganjar didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah, Agus Wariyanto, dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyaksikan proses penyuntikan vaksin PMK terhadap sapi di kandang. Orang nomor satu di Jawa Tengah itu juga berdialog dengan para peternak membahas beragam problem wabah PMK yang menjangkiti hewan ternak menjelang Iduladha 2022.

“Konsepnya seperti program Jaga Tangga. Sekarang namanya Jaga Ternak atau Bolo Ternak. Semua dilibatkan baik peternak, petugas kesehatan hewan, pemerintah desa dan masyarakat untuk mencegah penularan virus. Blantik-blantik itu semestinya tak kemana-mana dulu, kan bisa berjualan secara online,” kata Ganjar saat berbincang dengan wartawan, Kamis.

Baca juga: Update PMK Sukoharjo: 800 Kasus Terjangkit, 1.300 Ternak Sudah Divaksin

Ganjar menyebut hewan ternak yang terpapar virus PMK harus secepatnya mendapat penanganan khusus oleh petugas kesehatan hewan. Pengetatan biosecurity harus dilakukan untuk memutus transmisi penularan virus ke hewan ternak lainnya. Hal itu juga dibarengi akselerasi percepatan penyuntikan vaksin ke hewan ternak.

Invetarisasi Peternak Sapi dan Kambing

Saat ini, pemerintah juga tengah melakukan inventarisasi peternak sapi dan kambing yang meminjam uang di bank untuk modal usaha peternakan. “Jika sudah ada datanya, lembaga perbankan akan diajak komunikasi. Supaya apa, supaya kerugian para peternak tak terlalu besar,” papar dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (DPP) Sukoharjo, Bagas Windaryatno, mengatakan program Bolo Ternak bakal diimplementasikan di 167 desa/kelurahan. Termasuk 36 desa zona merah yang menjadi pengawasan khusus dalam penanganan PMK. Hal ini merupakan terobosan baru guna menekan persebaran PMK di Kabupaten Jamu.

Baca juga: Hadir di CFD Solo, Ganjar Pranowo Jadi Rebutan Warga untuk Berswafoto

Strategi ini diharapkan mampu mencegah penularan virus PMK yang menjangkiti hewan ternak. “Jika ada hewan ternak yang memiliki gejala PMK langsung diisolasi di kandang. Kemudian diobati agar bisa sembuh secepatnya. Saya tekankan bahwa virus PMK tidak menular ke manusia,” ungkap dia.

Bagas menyampaikan penyuntikan vaksin ke hewan ternak terus dilakukan setiap hari. Total jumlah vaksin yang diterima sebanyak 2.100 dosis. Sebagian besar vaksin telah disuntikkan ke hewan ternak yang tersebar di 12 kecamatan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kolaborasi Olahraga dan Partipasi Masyarakat Berdayakan Warisan Budaya

      Kawasan situs manusia purba Sangiran di wilayah Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, kaya potensi seni, budaya, dan kriya.

      Dawet Okra, Kuliner Unik dan Sehat Khas Sragen

      Kelompok Wanita Tani (KWT) Sasmito Tani di Dukuh Mayah RT 23, Desa Bendo, Kecamatan Sukodono, Sragen mengubah buah okra menjadi dawet okra yang kaya manfaat.

      50 Guru SMA di Boyolali Ikut Workshop Penulisan Sejarah, Ini Tujuannya

      Workshop menghadirkan narasumber yang berasal dari tim ahli penulisan sejarah dan fasilitator kurikulum merdeka dari Universitas Negeri Semarang (Unnes).

      Perintis Sanggar Bhineka Sukoharjo Beri Les Gratis bagi Anak Yatim

      Kegiatan bimbingan belajar itu sebagai bentuk apresiasi pada anak-anak yang kehilangan orang tuanya karena Covid-19.

      Ini 8 Calon Sekda Sragen yang Disebut-Sebut Bupati

      Delapan kandidat yang merupakan pejabat eselon II Sragen, salah satunya menjadi calon kuat Sekda Sragen.

      Aneh, Event Digeber tapi Pemkot Solo Minta Target PAD 2022 Diturunkan

      Pemkot Solo mengajukan pengurangan target pendapatan asli daerah sampai Rp10,7 miliar pada APBD Perubahan 2022 padahal banyak event digeber.

      Kisah Penambang Emas Tradisional Wonogiri di Bukit Randu Kuning Jendi

      Tarjo merupakan salah satu penambang tradisional di kaki Bukit Randu Kuning di Jendi, Selogiri, Wonogiri.

      Asyik! Kemenhub akan Bangun Jalur Lintas KA Solo-Wonogiri

      Kementerian Perhubungan melalui BTP Jabagteng berencana membangun dan meningkatkan jalur lintas KA Solo-Wonogiri dalam waktu dekat.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 12 Agustus 2022, Ada Hujan Ringan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Jumat (12/8/2022), akan dimulai dengan cerah berawan lalu hujan.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 12 Agustus 2022, Sore Mulai Hujan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Jumat (12/82022) akan fluktuatif. yang diawali cerah berawan, sebelum akhirnya hujan akan turun sejak sore hingga malam.

      Cuaca Boyolali Jumat Ini: Siapkan Payung, Hujan Sedang hingga Malam

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Jumat (12/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Cuaca Sukoharjo Jumat Ini: Hati-Hati, Gerimis Tipis Sore hingga Malam

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Jumat (12/8/2022).

      Hari Ini Solo Hujan Sore-Malam, Cek Prakiraan Cuaca Jumat 12 Agustus

      Hujan akan mengguyur Kota Solo pada sore hingga malam hari ini, Jumat (12/8/2022), berdasarkan prakiraan cuaca BMKG.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi, tapi...

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 12 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Gerimis sejak Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 12 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.