Di Mana Daerah Terdingin di Jawa Tengah?

Inilah daerah terdingin di Jawa Tengah yang sering turun hujan salju saat musim kemarau.

Chelin Indra Sushmita - Solopos.com
Kamis, 19 Mei 2022 - 12:41 WIB

SOLOPOS.COM - Suasana kompleks Candi Arjuna dilihat dari ketinggian di Kawasan Dieng. tampak dari ketinggian di Dataran Tinggi Dieng, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (23/11/2021). (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, WONOSOBO — Provinsi Jawa Tengah memiliki sejumlah dataran tinggi yang bersuhu dingin. Namun, tahukah Anda di mana daerah terdingin di Jawa Tengah?

Jika melihat laporan suhu udara di situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), maka daerah terdingin di Jawa Tengah adalah Dataran Tinggi Dieng yang membentang di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Kamis (19/5/2022), suhu udara di Dataran Dieng, Kabupaten Wonosobo saat ini sekitar 16 derajat celcius. Sementara itu rata-rata suhu tahunan di Dieng sekitar 14 derajat celcius.

Dikutip dari laman diengplateau.com, rata-rata suhu udara harian di Dieng berkisar antara 12-20 derajat celcius pada siang hari. Sementara pada malam hari, suhu udara turun antara 6-10 derajat celcius.

Pada musim kemarau, suhu udara di daerah terdingin di Jawa Tengah itu bisa turun hingga 0 derajat celcius atau bahkan di bawahnya.

Baca juga: Asal-usul Dieng Wonosobo, Sang Kaldera Purba Raksasa

Bahkan pada puncak musim kemarau antara Juli-Agustus akan muncul fenomena alam turunnya salju di Dieng atau masyarakat lokal menyebutnya ‘Mbun Pas’.

Sebenarnya ini bukan fenomena hujan salju sungguhan namun embun-embun pada dedaunan dan ranting tanaman yang membeku karena rendahnya suhu di Dieng.

Baca juga: Lima Objek Wisata di Wonosobo Ini Disiapkan Jadi Dieng Baru, Mana Saja?

 

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif