Kategori: Leisure

Desain Interior Rumah Mungil yang Dijamin Hemat


Solopos.com/Celia Sandjaja

Solopos.com, SOLO -- Memiliki rumah pribadi yang nyaman tentu menjadi keinginan semua orang. Namun, tidak semua orang bisa memiliki rumah sesuai yang dikehendaki karena berbagai faktor. Apalagi jika rumah yang kita tempati sekarang ukurannya tidak memadai dan bingung untuk mencari desain interior yang tepat. Jika ukuran rumah besar, tentu kita bisa dengan mudah mendesain rumah yang kita huni.

Namun, jika kalian adalah salah satu orang yang memiliki rumah dengan ukuran kecil, jangan khawatir tidak bisa mendesain rumah dengan cantik sesuai keinginan kita. Rumah mungil kalian masih bisa terlihat cantik dan juga memiliki desain yang mewah serta elegan tanpa harus menguras kocek dalam.

Berikut ini ada 8 desain interior rumah mungil yang dilansir dari dekoruma.com bisa jadi rekomendasi buat mendesain rumah mungil kalian. Tentunya juga tidak akan menguras kocek terlalu dalam.

1. Gaya Modern Ekletis
Interior rumah ini mengambil konsep modern yang cocok untuk gaya hidup perkotaan yang praktis dan serbaefisien. Bagian depan ruang tamu menggunakan lantai keramik yang bersih dan sebuah set sofa yang nyaman.

Untuk interior di ruang tengah, yakni sebuah dapur yang merangkap area makan bisa menggunakan lantai kayu. Dengan kitchen set yang cukup simpel akan menggambarkan kesan yang lebih hidup, bersih serta nyaman. Gaya ini cocok buat kalian yang malas untuk ribet dalam mendesain rumah mungil kalian.

Baca Juga: Staycation Bakal Jadi Tren Bila Mudik Dilarang, Hotel Di Jakarta Bakal Panen?

Lebih Hidup dengan Pernik-Pernik

2. Gaya Pop Retro
Gaya retro memiliki desain yang terlihat cerah dan membawa mood ceria bagi sang pemilik rumah. Dengan torehan warna-warna yang bergaya pop santai, dinding interior rumah mungil tersebut menggunakan konsep liris warna-warni jadul yang pas.

Cukup dengan sebuah rak dinding untuk tempat meletakkan berbagai pernik-pernik, meja unik beralaskan karpet lucu dan sebuah sofa panjang yang empuk, interior rumah mungil jadi lebih hidup. Bisa juga menaruh perabot untuk mendukung kegiatan bekerja di ujung koridor dengan nuansa warna serupa untuk keseluruhan interior rumah mungil yang apik.

3. Gaya Klasik dengan Gaya Vintage
Dengan perencanaan keuangan yang tepat, kita bisa menciptakan interior rumah mungil dengan gaya vintage klasik yang manis. Interior rumah mungil ini terlihat mewah karena pemilihan wallpaper yang bernuansa ramai dan sebuah sofa 2 dudukan berwarna lembut plus peletakan meja tamu yang unik beralas karpet monokrom. Meletakkan 2 buah cermin serupa ditempatkan di dinding bisa menjadi pelengkap dalam mendesain rumah. Untuk penggunaan furnitur lain yang tidak spesifik, bisa dipertimbangkan sesuai budget yang ada.

Usung Konsep Keluarga

4. Nuansa Alami Pedesaan
Dengan mengusung tema alami dengan furnitur kayu di tempat strategis serta flooring kayu yang adem, bisa menjadi pelepas penat ketika kita beraktivitas. Rumah mungil ini membaur menjadi satu dengan menggunakan jeda antar furnitur yang nyaman dan bernuansa lembut. Bisa juga ditambahkan pernik-pernik dekor ruangan agar tampak mewah seperti bantal sofa atau cushion untuk pemanis.

Baca Juga: Sektor Properti Banjir Stimulus, Tapi Kenapa Banyak Orang Belum Tahu?

5. Interior Rumah Mungil dengan Cermin
Menempatkan banyak cermin berukuran besar bisa menjadi pilihan kalian dalam mendesain rumah mungil. Memasang cermin mempunyai kesan yang lebih luas dan lapang di dalam ruangan. Kamu juga tidak perlu terpaku pada pemilihan furnitur senada seperti pada sofa. Bermain di warna dan jenis sofa bisa menghemat banyak pengeluaran secara smart. Menambahkan bingkai foto yang elegan bisa membuat kita bernostalgia tanpa menguras banyak biaya.

6. Interior Rumah Mungil dengan Ruang Keluarga
Interior gaya ini mengusung konsep sebuah ruang keluarga untuk bekerja dan bersantai. Dapat diberi rak gantung yang berfungsi sebagai wadah penyimpanan yang berguna. Perlu adanya pencahayaan lampu misalkan seperti back light agar rak terbuka memiliki kesan mewah.

Selain itu, sofa yang dipilih berukuran besar dan tidak perlu dilengkapi sofa kecil untuk menghemat pengeluaran. Meja kerja juga bisa disisipkan pada ujung ruangan dengan pencahayaan alami dari jendela ukuran sedang. Serta adanya karpet bulu dapat mempermanis keseluruhan interior rumah mungil dengan mudah.

Perpaduan Nuansa Alam dan Furnitur Modern

7. Gaya Rumah Mungil Orisinal
Gaya interior ini tidak perlu diberi banyak polesan. Dengan dinding bata yang terbuka, memberikan kesan rustic yang muncul dengan kombinasi furnitur modern berwarna-warni. Untuk bagian dinding satu lagi didominasi dengan jendela yang dihiasi tirai dan gorden, terbuka dengan teralis besi yang mudah dibersihkan.

Gaya interior ini sifatnya terbuka dan lapang karena adanya nuansa alam yang masih lekat di kedua sisinya. Kalian bisa menggunakan furnitur tema alami atau rustic jika tidak ingin mengaplikasikan furnitur bergaya modern seperti terlihat pada inspirasi interior rumah mungil ini.

Baca Juga: Ini Lho Hal-Hal Penting Dalam Desain Rumah Dengan Gaya Industrial

8. Modern Minimalis Sederhana untuk Interior Rumah Mungil Maksimal
Gaya interior rumah ini terfokus pada dominasi perabot warna putih dan warna kayu pada panel furnitur, jendela dan pintu. Untuk kontras antara warna putih dan kayu, disiapkan juga dekorasi hitam dengan cara meletakkan bebatuan dan karpet berukuran kecil.

Penyisipan warna hitam merupakan ide cemerlang dengan mengambil pola berbentuk lingkaran atau polkadot klasik. Terakhir, untuk dekorasi dinding bisa hanya berupa susunan frame yang tertata dengan baik dan memberi lampu gantung.

8 desain interior di atas bisa menjadi inspirasi kalian dalam mendesain rumah ukuran mungil. Apalagi bagi kalian yang budgetnya terbatas cocok banget untuk mencoba mendesain dengan berbagai perabotan sederhana yang mudah didapat. (Celia Sandjaja)

Share
Dipublikasikan oleh
Ivan Indrakesuma