SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobil baru. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah pabrikan bakal mengeluarkan mobil baru pada 2023 ini, apa sajakah? Simak ulasannya di info teknologi kali ini.

Dari bocorannya, tahun ini bakal ada mobil-mobil facelift seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang akan hadir. Selanjutnya ada pula generasi terbaru dari beberapa pabrikan, seperti Mitsubishi dengan crossover terbarunya XFC, Wuling Alvez, Suzuki XL7 Hybrid, Nissan Serena C28, hingga Mazda CX-60 Hybrid. Sementara untuk mobil listrik, hadir DFSK Mini EV hingga Hyundai Ioniq 6.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Berikut ini sejumlah mobil baru yang bakal meluncur pada 2023 seperti dikutip dari berbagai sumber pada Senin (2/1/2023):

1. Honda CR-V Hybrid

mobil baru 2023
Honda CR-V Hybrid. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Mobil yang pertama kali muncul di China ini, telah resmi di pasarkan di Amerika Serikat.  Dikutip dari moladin.com, CR-V generasi terbaru ini menggunakan kombinasi mesin 2.0 liter plus dua motor listrik dengan teknologi anyar. Alhasil performanya meningkat tajam tenaga maksimalnya jadi 204 hp (naik 3 hp) dan torsinya 335 Nm (naik 20 Nm). “Sistem hibrida baru juga memungkinkan peningkatkan kecepatan maksimal dari 138 Kpj ke 185 Kpj,” beber rilis resmi Honda Amerika Serikat.

Walau demikian, mesin konvensional turbo berkapasitas 1.5 liter tetap dipertahankan di CR-V 2023 atau Gen-6. Walau demikian, tetap ada penyegaran supaya lebih ramah lingkungan. Tidak ketinggalan, suara mesin direduksi agar tidak terlalu berisik. Bicara performa, torsi puncak 242 Nm bisa dicapai dalam putaran mesin yang lebih rendah 1.700-5.000 rpm. Ini berefek ke respons akselerasi yang lebih mantap.

2. Mitsubishi Xpander Hybrid

Kehadiran Mitsubishi Xpander Hybrid pada 2023 sebenarnya sudah bocor sejak 2020. Informasi ini diperoleh lewat slide presentasi Mitsubishi Motor Corporation (MMC) saat mengungkapkan rencana jangka menengah mereka. Di sana jelas tertulis, bahwa Xpander berteknologi hibrida siap dipasarkan pada akhir tahun ini.  Walau demikian, soal spesifikasi belum ada informasi lebih lanjut.

3. Mitsubishi XFC

Mobil baru keluaran 2023  berikutnya yang bakal masuk Indonesia adalah Mitsubsihi XFC. Mobil berjenis crossover compact SUV ini telah diperkenalkan secara global dalam versi concept utuk pertama kalinya di Vietnam Motor Show 2022, yang diselenggarakan pada 26 Oktober silam.

Banyak kemungkinan Mitsubishi XFC akan diperkenalkan di Indonesia, apalagi President Director Mitsubishi Indonesia Naoya Nakamura telah berpendapat mengenai kemungkinan kehadiran SUV ringkas tersebut. “Kami ingin berbagi informasi menyenangkan bahwa Indonesia akan menjadi negara berikutnya yang akan menampilkan mobil konsep ini di awal tahun 2023,” kata Naoya Nakamura.

4. Toyota Agya dan Ayla Gen-2

Dua mobil kembar dari brand berbeda ini diprediksi akan hadir pada semester pertama 2023. Terkait mesinnya diprediksi menggunakan platform baru, yakni sama dengan yang digunakan Raize dan Rocky: WA-VE 3 silinder 1.2 liter 1.0 liter non turbo.

Di samping itu, bukan tidak mungkin Ayla dan Agya generasi terbaru pakai platform DNGA (Daihatsu New Global Architechture). Platform ini sebelumnya sudah digunakan oleh mobil-mobil terbaru Daihatsu dan Toyota, diklaim lebih ringan serta menyenangkan untuk diajak berkendara.

5. Mazda CX-60 Hybrid

Mobil baru 2023
Mazda CX-60 Hybrid. (mazda.co.uk)

Mobil baru tahun 2023 berikutnya yang akan masuk Indonesia adalah Mazda CX-60 Hybrid. Informasi ini pun sudah disampaikan Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Ricky Thio. Dia mengatakan, calon mobil hybrid dari Mazda tersebut direncanakan hadir pada 2023 mendatang.

“Untuk produk elektrifikasi, tahun depan [2023] kami masukan mobil hybrid Mazda dahulu. Ini jadi mobil hybrid pertama Mazda di Indonesia,” kata Ricky.

Mobil terbaru Mazda untuk pasar Indonesia ini mengambil basis Sport Utility Vehicle (SUV) dan akan menjadi mobil hybrid pertama EMI di Indonesia. Sekadar informasi, Mazda CX-60 sudah meluncur secara global sebagai SUV pertama brand asal Jepang tersebut yang memiliki teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Mengacu versi globalnya, Mazda CX-60 hybrid mengusung mesin bensin 2.500 cc naturally aspirated dengan motor elektrik. Mesin tersebut diklaim dapat menghasilkan tenaga 189 dk di 6.000 rpm dan torsi 261 Nm di 4.000 rpm.

6. Nissan Serena C28

mobil baru 2023
Nissan Serena C28. (nissanku.id)

Mobil terbaru tahun 2023 berikutnya, ada Nissan Serena C28. MPV ini sudah meluncur secara resmi di Jepang pada Senin (28/11/2022). Lalu apakah Serena terbaru masuk Indonesia? Kemungkinan besar iya, lantaran di Thailand mobil ini sudah wara-wiri untuk pengujian. Tentu hal tersebut jadi kabar gembira, mengingat hampir semua mobil Nissan di Tanah Air, merupakan hasil ekspor dari Thailand.

Soal mesin, Nissan Serena terbaru punya mesin hybrid atau teknologi e-Power generasi kedua dengan mesin 1.400 cc berkode HR14DDe-EM57. Lalu ada teknologi keselamatan terbaru yaitu ProPilot 2.0. Ditambah lagi ada 100 V AC Power Supply (1.500 Watt) yang bisa digunakan untuk menyalurkan sumber tenaga ke berbagai peralatan listrik.

7. Wuling Alvez

Wuling Alvez akan menjadi mobil terbaru tahun 2023 di Indonesia. Model ini sudah diperkenalkan lebih dahulu di negeri asalnya Tiongkok, dan dijual di kisaran harga Rp 120-185 jutaan.

Untuk kehadirannya di Indonesia semakin santer beredar lantaran mobil ini sudah tercatat dalam dokumen Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham RI. Dengan Nomor Permohonan DID2022060541, Wuling mendaftarkan hak paten untuk nama Alvez.

Selain itu mobil yang diduga Wuling Alvez juga pernah tertangkap kamera saat melakukan pengujian di jalanan. Untuk speknya saat ini Wuling Indonesia masih menutup rapat. Tapi untuk spesifikasi yang ada di Tiongkok saat ini, maka akan ada dua jenis mesin yang dijejalkan dalam engine barunya. Ada yang 1.500 cc dan kedua adalah mesin turbo 1.500 cc.

8. Suzuki XL7 Hybrid

mobil baru 2023
Suzuki XL7 Hybrid. (Antara)

Mobil terbaru tahun 2023 selanjutnya ada Suzuki XL7 Hybrid. Model ini akan menyusul saudaranya Ertiga berteknologi mesin ramah lingkungan. Mengacu pada versi India XL7 atau di sana bernama XL6 yang sudah mendapatkan facelift, seperti grille baru berdesain lebih padat dengan motif mesh dan beraksen cross-bar chrome. Mobil ini kemungkinan mendapat lampu belakang LED Smoke Grey, lampu depan Quad Chamber, dan garnish pintu bagasi beraksen chrome.

Soal performa, Suzuki XL6 di India mendapatkan mesin Smart Hybrid K15C Dual Jet berkapasitas 1.462 cc bertenaga 103 hp dan torsi 136,8 Nm. Hal ini berpotensi berbeda untuk Suzuki XL7 Hybrid di Indonesia, mengingat Ertiga Hybrid dapat mesin Smart Hybrid K15B berkapasitas sama, tapi dengan tenaga 104,7 hp dan torsi 138 Nm.

9. BMW i7

Pabrikan asal Jerman, BMW juga dipastikan akan meluncurkan mobil listrik pada 2023 mendatang. Hal ini telah dipastikan oleh  President Director BMW Group IndonesiaRamesh Divyanathan. Dalam pernyataan resminya, seperti dikutip dari inews.com pada Senin (2/1/2022), Ramesh menyebut BMW akan merilis mobil listrik paling mewah BMW i7. Sayangnya hingga saat ini belum diungkap kapan tanggal peluncuran serta spesifikasinya.

10. Toyota Yaris Cross

mobil baru 2023
Toyota Yaris Cross. (autofun)

Kabarnya pabrikan Toyota juga bakal meluncurkan mobil baru pada 2023, yaitu Yaris Cross. Informasi lain mengatakan, bahwa Yaris Cross ini akan menjadi sosok dari Toyota Rush Gen-3. Jadi informasinya memang masih simpang siur.

Walau demikian, kemungkinan hadirnya Yaris Cross sebagai pengganti Rush tampak dari sudah terdaftarnya nama mobil tersebut di laman resmi Kemenkumham, Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Menariknya lagi, Yaris Cross telah didaftarkan sejak 17 Mei 2020 dengan nomor IDM000736596 atas nama Toyota Motor Corporation. Jadi seharusnya, persiapan dari pabrikan berlogo T sudah matang dan memungkinkan untuk peluncurannya dilakukan pada tahun ini.



Jika benar, maka Yaris Cross bakal sangat berbeda dibanding Toyota Rush. Salah satu ubahannya pakai platform terbaru TNGA seperti mobil-mobil Toyota modern lain. Lalu akan ada penggerak roda depan atau FWD. Bicara mesin, ada kemungkinan pakai serupa dengan Toyota Avanza dan Veloz yaitu 1.500 cc. Bukan tidak mungkin, hadir pula varian hybridnya, seperti yang sudah ada di Yaris Cross di luar negeri yaitu mesin hybrid 1.500 cc berteknologi Toyota Hybrid System II dengan kombinasi transmisi e-CVT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya