SOLOPOS.COM - Pura Mangkunegaran menjadi bangunan cagar budaya pertama yang menggunakan energi listrik bersih PLN melalui REC PLN. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Sejumlah artis kenamaan Tanah Air akan meramaikan acara Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran, Minggu (12/3/2023).

Mereka yaitu Vina Panduwinata, Marion Jola, Ran, Endah Laras, Brigitta Hardi dari Voca Erudita, dan tribute to Didi Kempot. Informasi tersebut disampaikan saat konferensi pers Adeging Pura Mangkunegaran Solo, Kamis (2/3/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Untuk artis ada antara lain Vina Panduwinata, RAN, Marion Jola, Mbak Endah Laras, dan musisi lainnya. Itu untuk yang tanggal 12 Maret 2023,” ungkap Co-Founder dan COO Katadata, Ade Wahyudi, di Kulonuwun Kopi Jl Diponegoro Kota Solo.

Kehadiran musisi kenamaan akan menjadi daya tarik bagi peserta maupun pengunjung acara. Penuturan senada disampaikan Wahyu, perwakilan dari Pandara Sport. Menurut dia pentas musik juga diramaikan tribute to Didi Kempot.

Ada juga Brigitta Hardi bersama Voca Erudita, dan Diskoria. Dia menjelaskan kemasan menarik juga akan disuguhkan saat lomba lari. Seperti iringan gamelan dan tarian saat prosesi start, hingga pasukan berkuda Pura Mangkunegaran.

“Ada tarian saat prosesi start, lalu akan diiringi gamelan saat start, dan sepanjang garis start ada pasukan berkuada yang akan menemani berlari sepanjang rute. Ada tiga kategori lari, half marathon atau 21 Km, 10 Km dan lima Km,” urai dia.

Wahyu menjelaskan lomba lari akan diikuti sekitar 2.500 peserta, dari 10 negara termasuk Indonesia. Proses pendaftaran sudah ditutup pada Selasa (28/2/2023). Sedangkan musisi Solo, Endah Laras, bangga bisa ikut kegiatan itu.

Selama pandemi Covid-19, menurut dia, pentas kesenian dan hiburan lebih banyak digelar secara virtual. Sehingga membuat para seniman kurang mendapat apresiasi. Padahal menurut dia para seniman membutuhkan apresiasi publik.

“Ini akan disaksikan banyak orang. Bentuk semacam pengobat jiwa, karena musik untuk healing, untuk sambung rasa. Ini jadi stimulan bagi para musisi. Karena kami tak hanya berlatih, bernyanyi, tapi kan juga butuh apresiasi,” terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya